Pernikahan

11 Langkah Merancang Kartu Undangan Pernikahan Sendiri

Undangan www.weddinginvitationideas.net

11 Langkah Merancang Kartu Undangan Pernikahan Sendiri – Sudah berjam-jam anda melihat undangan yang anda pegang tetapi masih belum menemukan ide/konsep yang sesuai dengan keinginan anda? Stop mencari-cari dan berpikir terus dan mulailah untuk merancang sendiri konsep undangan pernikahan anda.

Kartu undangan pernikahan kostum (merancang dengan konsep sendiri)Maksudnya bukan membuat kartu undangan pernikahan dengan tangan anda sendiri dan segalanya sendiri. Tapi bekerja dengan mengarahkan pembuat kartu undangan professional agar mendapatkan rupa undangan yang sesuai dengan keinginan anda.

Mungkin anda adalah tipe orang yang mempunyai konsep kreasi dan menginginkan kartu undangan pernikahan anda unik; atau anda telah berkeliling dan mencari-cari tetapi tetap saja belum mendaptkan yang anda inginka? Kartu undangan yang anda buat sendiri bisa menjadi kunci untuk mensukseskan gaya pernikahan yang sesuai dengan keinginan anda.

Tetapi sebelum anda memutuskan untuk melakukan hal ini, perhatikanlah pengeluaran untuk pernikahan anda telebih dahulu serta berapa lama waktu yang diperlukan untuk menyelesaikan ini semua. Ahli stasioner dan presiden Dauphine Press, Trish Kinsella, akan menunjukkan kepada kita semua bagaimana agar kita menjadi ahli dalam mengatur sendiri kartu undangan pernikahan.

Pikirkan Terlebih Dahulu Visi Anda

Ambilah waktu sejenak dan kemudian impikanlah kira-kira bagaimana undangan pernikahan anda akan terlihat nantinya: warna undangan yang relative halus, jenis huruf timbul serta adanya hiasan di foto. Warna dan gaya garis lekukan mana (moderen atau tradisional) yang secara visual lebih cocok bagi anda berdua?

Idealnya, anda harus terlebih dahulu mempunyai ide utama sebelum anda mendiskusikan dengan ahlinya. “gunakanlah bahasa/kata-kata yang biasa anda gunakan ketika anda sedang berbicara dengan teman atau keluarga anda ketika anda sednag mendeskripsikan gaya serta visi perayaan pernikahan yang anda inginkan” ujar Kinsella.

Apakah anda menginginkan model glamor Hollywood atau model tradisonal namun elegan? Anda tentunya harus sudah bersiap-siap untuk memberitahukan semua konsep yang anda miliki ke perancang yang anda pilih.

Susunlah Rencana Rancangan Anda

Tentukanlah seberapa jauh rancangan yang ingn anda buat mulai dari: warna, pola serta lapisan dan model kertasnya. Kalau projek yang anda rancnag sekiranya sulit, tentunya anda membutuhkan bantuan dari ahlinya. Apakah anda mengingkan sebuah kombinasi dari metode cetakan khusus?

Apakah rancangan impian anda unik atau apakah rancnagan pekerjaan anda melibatkan sebuah gambar huruf simpel dan bunga favorit anda? mungkin anda ingin mempersonalisasi undangan anda tetapi masih belum mendapatkan ide yang spesifik. Pilihan terakhir terbaik anda tentunya adalah untuk berkonsultasi dengan yang ahli dalam hal ini yang nantinya akan membimbing anda dalam prosesnya.

Lakukan Sebuah Riset Kecil

Sangatlah penting bagi anda untuk mempunyai seseorang yang mau mendengar serta menjalankan ide anda. Dikareanakan (kemungkinan) adanya perbedaan kepribadian serta gaya, jadi pastikanlah anda menemukan ornag yang sesuai. Kinsella menyarankan, agar anda memulainya dari teman anda, perencana pernikahan anda, atau ahli pernikahan lainnya.

Terdapat banyak pilihan yang dapat anda pilih, jadi coba cek semua sumber yang ada mulai dari perancang independen sampai ke studio perancang. Coba juga untuk meencek situs kartu undangan dan carilah tuntunan local perencanaan yang ada di situs tersebut. Anda amungkin dapat menemukan perancang kartu undangan yang cocok di toko kartu undangan dekat rumah anda atau bahkan di negara lain secara online.

Untungnya sekarang, terdapat teknologi untuk mengirim file PDF melalui e-mail sehingga anda dapat melihat terlebih dahulu desain yang sudah jadi dan tentunya juga teknologi ini membuat proses transaksi berjalan dengan lancar, tidak peduli seberapa jauh letak/lokasi anda dengan sang ahli.

Kumpulkan Semua Catatan yang Telah Anda Buat

Mulailah untuk mengumpulkan file undangan yang anda sukai: sketsa gambar tangan, undangan-undnagan yang anda terima di masa lalu, serta kliping majalah yang dapat memberikan motifasi untuk berkreasi lebih jauh lagi.

Sebagai tambahan, pembuat kartu undangan professional seringkali memiliki file portofolio yang biasanya di dalamnya disertakan ratusan contoh yang bisa menjadi inspirasi anda lebih jauh lagi dalam mempersonalisai desain undangan pernikahan anda.

Wawancara Perancang Anda

Mungkin terdengar agak kontradiksi, tetapi anda harus bisa masuk ke dalam serta juga harus mempunyai pikiran yang terbuka. Periksalah hasil kerja perancang dan cobalah untuk saling bertukar ide satu sama lain. Kinsella mengatakan: “Sangatlah penting untuk bisa “nyambung” dengan sesorang yang akan mengerjakan pekerjaan anda.”

Apakah menurut anda dia benar-benar mendengarkan apa yang anda katakan? Yang lebih penting lagi adalah, apakah gayanya sesuai dengan apa yang anda dengar dan anda lihat? Lebih jauh lagi apakah sesuai dengan keinginan anda? Apakah anda telah melihat model/rancnagan lama yang anda sukai sebelumnya?

Apabila anda masih ragu dengan contoh-contoh yang mereka berikan, janganlah ragu untuk mencari di tempat lain serta jangan lupa untuk mendiskusikan logistiknya: ingat anda harus bisa realistis terhadap apa yang anda tidak mampu beli atau capai. Janganlah terburu-buru. Mencari sesorang yang benar-benar mengerti dengan visi anda, memamng membutuhkan usaha yang ekstra.

Pilihlah Sebuah Warna

Warna pernikahan anda adalah yang teruntai dan akan menjadi elemen di hari pernikahan anda nanti. Tentunkanlah bagaimana anda akan menggabungkan warna yang anda pilih dengan produk kertas yang juga anda pilih: apakah anda akan menggunakan font berwarna, warna berpola, atau kertas berwarna? Atau ketiganya digabungkan? Tidak cocok dengan satu warna? Pilihlah dua warna.

Pilihlah pasangan warna yang saling melengkapi satu sama lain, tetapi janganlah anda memilih warna merah jambu pucat apabila warna fuchsia adalah warna favorit anda. Lebih penting lagi, cek  bagaiamana rupa tiap warna di atas kertas. Jangan pernah berasumsi bahwa font aquamarine akan terlihat sama di atas kertas putih dan di atas kertas berwarna krem.

Tentukanlah Motifnya

Apakah anda menginginkan sebuah monogram atau symbol tenun lagi di sepanjang pernikahan nanti?  Jika ya, pertimbangkanlah untuk menambahkan tema ini ke dalam undangan pernikahan anda. Sebagai contoh, sebuah undangan pernikahan tropical tentunya harus ditambahkan adanya unsur kerang dan koral di dalam undangannya. Lihatlah buku perancang anda dan rancangan-rancangan terdahulu yang mungkin ada yang sama persis dengan rancangan yang ingin anda buat.

Pilihlah Bentuk Serta Ukurannya

“Percaya atau tidak, amplop dapat menentukan ukuran dari sebuah undangan.” ujar Kinsella. Jadi desain undangan yang anda buat harus bisa sesuai dengan format amplopnya (persegi, persegi panjang, persegi panjang tipis). Dan bentuk amplopnya harus dapat menciptakan suasana dari gaya pernikahan anda (biasanya ukuran yang tidak biasa menandakan sebuah pernikahan yang tidak biasa pula).

Tentukan Tenggat Waktunya

Anda aharus mengetahui perkiraan waktu yang akan anda habiskan sebelum anda mulai bekerja. Susunlah tanggal yang masuk akal mulai dari tanggal pengiriman undangan, ditambah dengan waktu yang dibutuhkan untuk mengumpulkan serta menulis cetak undangannya.

Tanyakan juga waktu selesainya serta juga harganya. Begitu pekerjaan yang telah selesai disetujui, berapa lama dicetaknya?  Ini memang mungkin tidak menjadi sebuah aspek yang menyenangkan dalam prosesnya. Tetapi apabila tidak dipikirkan sekarang, nantinya akan menjadi sebuah stress tersendiri bagi anda.

Diskusikanlah Proses Percetakannya

Sebelum anda menyetujui segala sesuatunya, tanyakanlah tim-tim yang akan mengerjakan semuanya seperti: siapa yang akan mencetak undangan? Apakah perancang anda akan melakukan pencekan akhir ketika hasil pekerjaan anda yang sedang dicetak agar dapat memastikan semuanya sesuai dengan yang telah anda setujui?

Akankah anda melihat hasil akhirnya? Apakah kualitas kertasnya sesuai dengan rancangannya? “Rancangan yang menajubkan akan menjadi kurang bagus apabila diletakkan di kertas yang salah” ujar Kinsella. Siapa yang akan mengumpulkan undangannya? Apakah perancang membuat ini semua gratis atau membutuhkan biaya?

Berapa banyak revisi yang akan anda buat? Ketahuilah dari awal tentang biaya rancangan serta jumlah ongkos akhirnya. Dapatkan kontrak tertulis yang sudah termasuk perkiraan biaya dan waktunya. Anda juga diharapkan untuk melakukan deposit untuk memulai projeknya.

Rancangan rencana yang komprehensif akan meminimalisasikan banyaknya pergantian yang terjadi yang sudah diakumulasi. Biasanya perancang memperbolehkan satu sampai dua kali edit dan biaya tambahan bisa menjadi sangat substansial. Teraturlah dari awal dan anda nantinya akan dapat meminimalisasi kesalahan-kesalahan serta biaya yang tidak terduga.

Menyelesaikan Detail Rancangannya

Dengan mengambil jalan kustomisasi (merancang sendiri) dapat memberikan anda banyak keuntungan. Yang perlu diingat, ambil langsung semuanya (sekali jalan) dalam prosesnya. Karena bahkan sebuah font dapat menentukan tone-nya. Jangan pernah memaksakan sesuatu yang sudah anda tidak suka di awal dengan harapan hal tersebut dapat sesuai dengan diri anda. Berpikirlah secara luas dan sadarilah bahwa tiap elemen memainkan peran yang sangat penting di perayaan nanti.

You Might Also Like

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

You may use these HTML tags and attributes: <a href="" title=""> <abbr title=""> <acronym title=""> <b> <blockquote cite=""> <cite> <code> <del datetime=""> <em> <i> <q cite=""> <s> <strike> <strong>