Dunia Fauna, Kura-kura

12 Jenis dan Harga Kura-kura

fitri88rea.blogspot.com fitri88rea.blogspot.com

Kura-kura merupakan hewan yang banyak disukai oleh orang. Hal ini disebabkan karena kura-kura terlihat lucu. Beberapa jenis kura-kura juga memiliki cangkang yang bercorak dan terlihat sangat indah. Selain itu, kura-kura ini juga memiliki jenis yang cukup banyak sehingga kita memiliki banyak pilihan juga jika ingin memelihara hewan ini. Bahkan, kura-kura juga bisa dibagi menjadi dua, yaitu kura-kura yang hidup di darat dan kura-kura yang hidup di air.

Meskipun kura-kura bisa hidup di dua alam, yaitu alam darat dan air. Namun, beberapa kura-kura memiliki kecentrungan untuk hidup di darat atau di air. Berikut jenis kura-kura yang hidup di darat dan air.

Jenis dan Harga Kura-kura Darat

Jenis kura-kura darat adalah jenis kura-kura yang hidupnya cenderung di darat, meskipun kura-kura ini juga bisa hidup di air. Tapi biasanya tidak betah di air.

Yniphora / Ploughshare Tortoise / Geochelone yniphora

Yniphora merupakan salah satu jenis kura-kura darat yang berasal dari Madagaskar. Jenis kura-kura ini termasuk dalam kura-kura yang dilindungi dan terancam punah. Sehingga, peredarannya sangat dijaga ketat. Selain itu, pemerintah setempat juga berusaha untuk menyelamatkan jenis kura-kura ini dengan melakukan penangkaran.
Pada umumnya, kura-kura jantan memiliki ukuran yang lebih besar dibandingkan dengan kura-kura betina.

Panjang kura-kura jantan bisa mencapai 43 cm dengan berat mencapai 1 kg, sedangkan pnjang kura-kura betina bisa mencapai 37 cm dengan berat sekitar 8-9 kg. Makanan faforit dari kura-kura ini adalah rumput yang kering. Untuk harganya, kura-kura ini harganya sangat mahal, yaitu antara 40-100 juta. Karena kura-kura ini tergolong sangat langka dan juga terlihat bagus.

Radiata / Radiated Tortoise / Geochelone radiate

Selain kura-kura Yniphora, Kura-kura Radiata juga merupakan jenis kura-kura yang berasal dari Madagaskar. Jenis kura-kura ini juga termasuk dalam kura-kura yang dilindungi dan terancam punah. Hal ini disebabkan perburuan secara besar-besaran dan perjualbelian.

Habitat dari jenis kura-kura ini adalah disemak-semak dan rerumputan. Untuk panjang kura-kura dewasa bisa mencapai 41 cm dan beratnya mencapai 16 kg. Jenis kura-kura ini memiliki keunikan, yaitu coraknya yang terlihat mencolok, sehingga par pecinta kura-kura banyak yang menyukainya. Untuk masalah harga, tentu saja harga kura-kura ini cukup mahal, yaitu Rp1.700.000,00 untuk kura-kura anakan dan Rp3.000.000,00 untuk ukuran sedang.

Aldabra / Aldabra Tortoise / Aldabrachelys gigantean

Kura-kura Aldabra merupakan jenis kura-kura yang berasal dari Pulau Aldabra Atoll di Seycellessalah . Oleh karena itu, kura-kura ini dinamakan Aldabra. Aldabra termasuk dalam jenis kura-kura terbesar nomer dua. Panjang kura-kura ini bisa mencapai 1,2 meter dan beratnya bisa mencapai 25 kg. Habitat aslinya yaitu di semak belukar, rerumputan, dan kayu di hutan bakau. Aldabra memiliki warna gelap dan coraknya tidak mencolok seperti halnya dengan kura-kura lainnya. Jenis kura-kura ini juga memiliki keunikan, yaitu lehernya bisa memanjang yang mempunyai fungsi untuk mengambil makanan yang tinggi. Untuk harganya, kura-kura ini memiliki harga sekitar 10-30 juta.

Sulcata/ African Spurred Tortoise/ Geochelone Sulcata

Kura kura Sulcata merupakan salah satu jenis kura-kura yang berasal dari Afrika. Jenis kura-kura ini termasuk alam jenis kura-kura yang banyak peminatnya. Panjang kura-kura sulcata sekitar 60-90 cm. Kura-kura ini biasa dijual pada saat kura-kura masih kecil, yaitu ukuran 5-6 cm dengan harga sekitar 1-2 juta.

Chery Head / Cheryhead Tortoise / Geochelone Carbonaria

Kura-kura Chery Head merupakan jenis kura-kura yang banyak berkembang di negara Brazil dan Paraguay. Kura-kura ini memiliki warna sisisk merah atau orange di bagian kepalanya, sehingga jika kita perhatikan mirip seperti buah Chery. Mungkin, ini merupakan alasannya mengapa kura-kura ini dinamakan chery head. Habitat asli kura-kura ini adalah daerah padang rumput dekat dengan hutan tropis. Untuk ukurannya, kura-kura ini ukurannya tidak begitu besar, yaitu sekitar 30 cm dan biasanya dijual dalam ukuran masih kecil dengan harga sekitar 1,5-2 juta.

Istar / Indian Star Tortoise / Geochelone elegans

Kura-kura istar merupakan jenis kura-kura yang banyak ditemukan di negara India, Srilanka, dan ngara sekitarnya. Kura-kura ini dinamakan istar karena coraknya seperti bintang. Untuk ukurannya, kura-kura ini memiliki ukuran mencapai 38 cm dan beratnya mencapai 8 kg. Biasanya, kura-kura ini dijual dengan harba berkisar 800-1 juta untuk kura-kura kecil.

Parda / Leopard Tortoise / Geochelone pardalis

Kura-kura Parda merupakan jenis kura-kura yang berasal dari Afrika dan sekitarnya. Kura-kura ini disebut dengan leopard karena coraknya seperti leopard. Kura-kura parda sangat mudah terkena pilek jika tempatnya lembab. Oleh karena itu, letakkan kura-kura ini di tempat yang kering dan hangat. Biasanya, kura-kura ini dijual dengan harga sekitar 900-1,2 juta untuk ukuran kecil.

Emys / Asian Forest Tortoise / Manouria emys emys

Kura-kura Emys merupakan jenis kura-kura yang banyak ditemukan di daerah asia, khususnya Indonesia. Kura-kura ini pada umumnya memiliki warna tempurung hijau gelap. Habitat aslinya adalah daerah semak belukar dan rerumputan. Kura-kura ini tergolong cukup mudah dalam perawatannya. Karena kura-kura ini asli Indonesia dan sudah terbiasa dengan iklim di Indonesia. Biasanya, kura-kura ini dijual dengan harga sekitar 700-1,2 juta.

Forsteni / Forstne’s Tortoise / Indotestudo Forstenii

Kura-kura Forsteni juga merupakan jenis kura-kura yang berasal dari Indoneisa. Jenis kura-kura ini banyak ditemukan di Sulawesi dan Hamahera. Meskipun kura-kura ini hidup di Indonesia yang notabennya memiliki tropis, namun kura-kura ini lebih suka di daerah lembab. Biasanya, jenis kura-kura ini dijual dengan harga sekitar 800-1 juta.

Jenis dan Harga Kura-kura Hias Air

Jenis kura-kura air adalah kura-kura yang hidupnya cenderung di air dan lebih suka di air. Meskipun kura-kura ini bisa hidup di darat, namun kura-kura ini tidak betah lama-lama di darat. Berikut jenis kura-kura yang hidup dia air.

Kuya Batok / Coura amboinensis (Kura Ambon)

Kura-kura kuya batok merupakan jenis kura-kura yang banyak ditemukan di negara asia, khususnya India. Kura-kura ini juga banyak ditemukan di Indonesia. Sulit untuk menemukan kura-kura ini dijual dipasaran. Mungkin, karena coraknya yang hitam polos yang menjadikan para pecinta kura-kura kurang menyukai jenis kura-kura ini.

Kura-Kura Brazil / Trachemys scripta elegans

Kura-kura ini sering sekali kita jumpai di toko ikan. Karena peminatnya sangat banyak. Mungkin, karena kura-kura ini memiliki corak dan waranya yang bagus serta harganya sangat murah jika kita bandingkan dengan kura-kura lainnya, yaitu sekitar 20-30 ribu saja untuk ukuran kecil.

Aligator Snapping / Macrochelys temminckii

Kura kura Aligator snapping merupakan jenis kura-kura yang memiliki bentuk menakutkan. Tidak hanya bentuknya saja yang menyeramkan, kura-kura ini juga suka menyerang dan menggigit. Oleh karena itu, kamu perlu hati-hati kalau melihat kura-kura ini. Biasanya kura-kura ini dijual dengan harga sekitar 1-2,5 juta untuk ukuran kecil.

You Might Also Like

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

You may use these HTML tags and attributes: <a href="" title=""> <abbr title=""> <acronym title=""> <b> <blockquote cite=""> <cite> <code> <del datetime=""> <em> <i> <q cite=""> <s> <strike> <strong>