Dunia Ikan, Ikan Koi

24 Jenis dan Gambar Ikan Koi

yusufmansur.com

Ikan koi merupakan salah satu jenis ikan hias air tawar yang populer, baik di Indonesia maupun di dunia. Ikan ini berasal dari Jepang dan pada awalnya, ikan ini merupakan ikan yang digunakan untuk konsumsi. Namun, seiring berjalannya waktu, ikan ini berkembangbiak dan mempunyai banyak variasi. Variasi-variasi yang muncul memiliki keindahan dan keunikan masing-masing di bagian sisiknya. Oleh karena itu, ikan ini dimanfaatkan untuk ikan hias. Untuk mengetahui apa saja jenis ikan koi, berikut ini beberapa jenis ikan koi beserta gambar ikan koi.

Ikan Koi Kohaku

kohaku

blueridgekoi.com

Kohaku merupakan jenis ikan koi yang paling tua dan paling terkenal diantara jenis ikan koi lainnya. Kohaku ini memiliki warna dasar putih solid yang dilapisi dengan warna merah. Kohaku yang berkualitas adalah kohaku yang memiliki warna yang cerah, warna dasar ikan tidak terdapat bercak noda, warna merahnya cerah, dan pola kombinasi warna putih dan merah disepanjang tubuhnya.

Variasi dari ikan koi kohaku adalah Kohaku Doitsu, Kohaku Gin Rin, Kohaku Maruten, dan Kohaku Tancho.

Ikan Koi Sanke Taisho

sanke

blueridgekoi.com

Sanke Taisho atau biasa disebut Sanke merupakan salah satu jenis ikan koi yang memiliki warna dasar putih yang dikombinasikan dengan pola warna merah dan hitam. Ikan koi Sanke dikatakan berkualitas jika ikan ini memiliki pola warna seperti Kohaku, namun terdapat warna pelengkap yaitu warna hitam.

Variasi dari ikan koi Sanke ini antara lain: Sanke Doitsu, Sanke Maruten, Sanke Tancho, dan Sanke Gin Rin Sanke.

Ikan Koi Showa Sanshoku

blueridgekoi.com

blueridgekoi.com

Showa Sanshoku, lebih dikenal dengan nama Showa, merupakan salah satu jenis ikan koi yang memiliki kombinasi warna dasar merah dan putih yang dilengkapi dengan warna hitam diatasnya. Kombinasi warna tersebut memiliki kesamaan dengan jenis ikan koi Sanke, sehingga hal ini menyulitkan kita untuk membedakan antara kedua jenis ikan koi tersebut jika kita belum mengetahui secara detail mengenai kedua jenis ikan koi tersebut.

Hal yang membedakan antara ikan koi Showa dengan ikan koi Sanke adalah pola kombinasi warnanya. Ikan koi Showa memiliki pola warna hitam disepanjang tubuh, sedangkan Sanke hanya terdapat diatas tubuh, dan lebih penting untuk dapat membedakan antara keduanya adalah Showa memiliki pola warna hitam di atas kepalanya, sedangkan ikan koi Sanke tidak.

Variasi ikan Showa antara lain adalah Showa Tancho, Showa Maruten, Showa Gin Rin, Showa Doitsu, dan Showa Kin.

Ikan Koi Tancho

blueridgekoi.com

blueridgekoi.com

Tancho merupakan jenis ikan koi yang paling populer di kalangan para pecinta ikan koi, bahkan kepopuleran Tancho mengalahkan kepopuleran Kohaku. Ikan Tancho memiliki warna dasar putih yang dihiasi dengan pola atau tancho warna merah di kepalanya. Simetri dan penempatan pola warna merah di kepalanya menentukan kualitas ikan ini.

Variasi dari Tancho ini adalah Tancho Gin Rin, Tancho Rin, dan Doitsu Tancho.

Ikan Koi Shiro Utsuri

blueridgekoi.com

blueridgekoi.com

Shiro Utsuri merupakan jenis ikan koi yang memiliki warna dasar hitam yang dilapisi dengan warna putih. Shiro Utsuri dikatakan berkualitas jika gabungan warna tersebut terdapat di bagian kepala ikan. Jadi, warna di bagia kepala ikan harus berwarna hitam dan putih.

Variasi ikan koi Shiro Utsuri ini antara lain: Shiro Utsuri Gin Rin, Shiro Utsuri Gin, dan Shiro Utsuri Doitsu.

Ikan Koi Hi Utsuri

blueridgekoi.com

blueridgekoi.com

Hi Utsuri merupakan jenis ikan koi yang memiliki warna dasar hitam yang dikombinasikan dengan warna merah atau orange. Hi Utsuri biasanya memiliki warna orange pada saat usianya masih muda dan warna tersebut akan berubah menjadi merah cerah jika ikan sudah dewasa.

Variasi dari Hi Utsuri antara lain: Hi Utsuri Gin Rin dan Hi Utsuri Doitsu.

Ikan Koi Ki Utsuri

blueridgekoi.com

blueridgekoi.com

Ki Utsuri merupakan salah satu keluarga Utsuri yang paling langka. Jenis ikan ini memiliki kombinasi warna kuning dengan hitam. Kombinasi warna Ki Utsuri memiliki kesamaan kreteria dengan Shiro dan Hi Utsuri.

Variasi dari Ki utsuri adalah Ki Utsuri Gin Rin dan Ki Utsuri Kin.

Ikan Koi Asagi

blueridgekoi.com

blueridgekoi.com

Asagi merupakan jenis ikan koi yang memiliki pola jaring berwarna biru di bagian atasnya. Di bagian bawah (perut ikan), insang ikan, sirip, dan tubuhnya terdapat warna merah atu orange. Pola warna merah atau orange tersebut akan berkembang atau semakin besar seiring dengan usia ikan.

Variasi ikan Asogi antara lain: Asagi Gin Rin dan Hi Asagi.

Ikan Koi Shusui

blueridgekoi.com

blueridgekoi.com

Shusui merupakan ikan koi yang memiliki kombinasi warna seperti Asagi. Hal yang membedakan adalah pola yang terdapat di bagian atas ikan. Ikan Asagi memiliki pola seperti jaring berwana biru, sedangkan Shusui memilikipola garis di sepanjang punggung ikan. Dibagian perut, insang, dan sirip Shusui tidak terdapat perbedaan yakni terdapat pola warna merah atau orange.

Variasi dari Shusui termasuk Gin Rin Shusui dan Hi Shusui.

Ikan Koi Matsuba

blueridgekoi.com

blueridgekoi.com

Matsuba memiliki warna dasar yang berbeda-beda. Gin Matsuba memiliki warna dasar putih, Ki matsuba memiliki warna dasar kuning, dan aka Matsuba memiliki warna dasar merah. Namun, semua ikan koi Matsuba memiliki pola jaring di punggungnya yang berwarna biru.

Ikan Koi Orgon Platinum

blueridgekoi.com

blueridgekoi.com

Orgon Platinum atau sering juga disebut dengan Orgon Purachina memiliki warna putih tanpa terdapat kombinasi warna lainnya dan warna putih jernih di bagian kepala ikan menandakan kualitas ikan tersebut.

Variasi ikan koi Orgon Platinum adalah Orgon Platinum Gin Rin dan Orgon Platinum Doitsu.

Ikan Koi Ogon Yamabuki

blueridgekoi.com

blueridgekoi.com

Ogon Yamabuki memiliki pola warna yang sama dengan keluarga ogon. Ikan ini memiliki warna kuning dan bagian kepala berwarna kuning bersih yang menandakan kualitas ikan tersebut.

Variasi dari Ogon Uamabuki antara lain: Ogon Yamabuki Gin Rin dan Ogon Yamabuki Doitsu.

Ikan Koi Kujaku

blueridgekoi.com

blueridgekoi.com

Kujaku memiliki warna dasar putih yang dihiasi dengan pola jaring berwarna hitam dan pola merah atau orange atau kuning yang menutupi sebagian pola jaring tersebut.

Variasi dari Kujaku antara lain: Kujaku Doitsu, Kujaku Tancho, dan Kujaku Maruten.

Ikan Koi Hariwake

blueridgekoi.com

blueridgekoi.com

Hariwake memiliki warna dasar putih solid yang dikombinasikan dengan pola warna merah atau orange. Warna putih yang dimiliki oleh Hariwake berbeda dengan warna putih yang dimiliki oleh Kohaku dan Sanke. Warna putih Hariwake terlihat lebih cerah dibandingkan dengan warna putih yang dimiliki oleh Kohaku dan Sanke.

Variasi dari Hariwake antara lain adalah Hariwake Tancho, hariwake Gin Rin, dan Hariwake Doitsu (dikenal juga dengan nama Kikusui).

Ikan Koi Tancho Kikusui

blueridgekoi.com

blueridgekoi.com

Meskipun secara teknis ikan Tancho Kikusui merupakan versi Doitsu dari Hariwake, ikan koi yang memiliki warna dasar putih dengan kombinasi warna merah atau orange ini lebih sering disebut sebagai Kikusui. Tancho Kikusui adalah satu-satunya variasi Kikusui.

Ikan Koi Kumonryu

blueridgekoi.com

blueridgekoi.com

Kumonryu merupakan salah satu jenis ikan koi yang paling menarik di antara jenis koi lainnya. Karena pola kombinasi warna bisa berubah-ubah dan pola kombinasi warna yang dimiliki adalah warna abu-abu atau putih dengan warna hitam.

Ikan Koi Kumonryu Beni

blueridgekoi.com

blueridgekoi.com

Kumonryu Beni merupakan ikan koi yang masih dalam keluarga Kumonryu. Sma halnya dengan Kumonryu, Kumonryu Beni juga memiliki keunikan yaitu pola warnanya bisa berubah-ubah sepanjang hidupnya. Namun, hal yang membedakan adalah kombinasi warna yang dimiliki antara keduanya. Kumonryu hanya memiliki waran abu-abu atau putih dengan kombinasi warna hitam, sedangkan Kumonryu Beni memiliki kominasi warna abu-abu atau putih, hitam, dan merah.

Chagoi

blueridgekoi.com

blueridgekoi.com

Chagoi memiliki warna coklat atau perunggu dengan pola jaring-jaring di bagian punggungnya. Pola jaring-jaring di bagian punggungnya memiliki warna yang hampir sama dengan warna dasar ikan. Meskipun pola jaring-jaringnya memiliki warna yang hampir serupa, pola jaring tersebut masih terlihat jelas karena polanya terlihat timbul.

Variasi dari Chagoi termasuk Gin Rin Chagoi dan Doitsu Chagoi.

Soragoi

blueridgekoi.com

blueridgekoi.com

Soragoi memiliki kesamaan dengan Chagoi, yakni terdapat pola jaring halus di bagian punggungnya. Hal yang membedakan dari keduanya adalah warna yang dimilikinya. Soragoi memiliki warna abu-abu atau perak, sedangkan Chagoi memiliki warna coklat atau perunggu.

Variasi dari Soragoi termasuk Gin Rin Soragoi dan Doitsu Soragoi.

Ikan Koi Shigure Ochiba

blueridgekoi.com

blueridgekoi.com

Shigure Ochiba atau sering disebut dengan Ochiba memiliki kombinasi warna cokelat/warna perunggu-nya Chagoi dengan perak/ abu-abunya Soragoi. Jika diterjemahkan dalam bahasa Indonesia, Shigure Ochiba memiliki arti daun musim gugur jatuh di atas air.

Variasi dari Ochiba termasuk Ochiba Gin Rin dan Ochiba Doitsu.

Ikan Koi Goromo

blueridgekoi.com

blueridgekoi.com

Goromo yang, pada dasarnya, Kohaku dengan tepi biru atau hitam ditambahkan ke masing-masing skala merah. Ada tiga sub jenis Goromo: Budo Goromo memiliki tepi biru di luar timbangan yang menciptakan efek cluster anggur-seperti; Ai Goromo memiliki tepi biru hanya di bagian dalam timbangan merah; Sumi Goromo memiliki tepi hitam pada timbangan yang dapat membuat pola muncul hampir sepenuhnya hitam.

Variasi dari Goromo termasuk Tancho Goromo dan Maruten Goromo.

Ikan Koi Goshiki

blueridgekoi.com

blueridgekoi.com

Goshiki adalah koi dengan dasar putih solid dengan pola hitam dan merayap biru, dan merah dan hitam overlay warna putih, hitam dan biru dasar. Goshiki diterjemahkan sebagai “lima warna”.

Variasi dari Goshiki termasuk Gin Rin Goshiki dan Tancho Goshiki.

Ikan Koi Kikokuryu

blueridgekoi.com

blueridgekoi.com

Kikokuryu merupakan ikan koi dengan dasar putih dikombinasikan dengan daerah hitam di dalam satu baris sisik, sepanjang bagian belakang luar baris, dan di kepala di sekitar mata dan hidung. Kikokuryu umumnya dianggap versi metalik Kumonryu.

Ikan Koi Kin Kikokuryu

blueridgekoi.com

blueridgekoi.com

Kin Kikokuryu menggabungkan oranye atau kuning dengan pola hitam dan putih Kikokuryu untuk membentuk berbagai terbaru dari koi di industri.

You Might Also Like

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

You may use these HTML tags and attributes: <a href="" title=""> <abbr title=""> <acronym title=""> <b> <blockquote cite=""> <cite> <code> <del datetime=""> <em> <i> <q cite=""> <s> <strike> <strong>