Dunia Fauna

5 Cara Ampuh untuk Mengusir Tikus dari Rumah

huniankreatif.blogspot.com huniankreatif.blogspot.com

5 Cara Ampuh untuk Mengusir Tikus dari Rumah – Tips mengusir tikus dari rumah mungkin adalah tips rumah tangga yang paling dicari. Tikus sudah sangat populer sebagai hama pengganggu terutama di area rumah atau sawah. Tak sedikit petani yang menderita kerugian karena hama yang satu ini.

Sementara di rumah semua orang tahu bagaimana hewan yang satu ini bisa sangat menjengkelkan. Selain menjarah semua jenis makanan yang ada di rumah kita, tikus juga kadang-kadang berselera untuk mengerat pakaian kita. Belum lagi bonus “aromaterapi” dari kotoran tikus yang mengganggu indra penciuman kita.

Tikus juga hobby membawa sampah atau sisa makanan ke saluran air dan menyumbat saluran tersebut. Loteng, tumpukan barang bekas, sudut-sudut rumah di belakang lemari tak jarang dijadikannya sebagai sarang. Pendek kata tamu tak diundang ini menganggap rumah kita layaknya tempat hunian yang nyaman. Tikus yang umum tampak di sekitar rumah kita adalah tikus rumah/celurut yang berukuran kecil sekitar 10-20 cm dan tikus got yang berukuran lebih besar 20-40 cm dengan tampilan lebih menjijikan and dekil.

Bagaimana Mencegah Tikus Masuk ke Rumah Kita?

Selalu ingat bahwa mencegah jauh lebih mudah daripada mengobati. Hal ini juga berlaku dalam urusan perang melawan tikus. Berikut ini tips mencegah gangguan tikus di rumah kita:

Jaga kebersihan rumah

www.ideaonline.co.id

www.ideaonline.co.id

Ini langkah terpenting yang harus dilakukan. Jangan menumpuk barang-barang bekas yang tak terpakai seperti kardus, kaleng, majalah, buku bekas terlalu lama, karena tikus akan sangat bersemangat menjadikannya sebagai sarang.

Jangan memberi makan pada tikus

blogmock.wordpress.com

blogmock.wordpress.com

Lho kok? Ya, sebagian kita mungkin tak sadar saat lupa menutup makanan, membiarkan remah-remah makanan berceceran, tempat sampah berisi sisa makanan yang tidak tertutup rapat dapat mengundang tikus ke rumah kita. Bila memiliki hewan ternak/peliharaan jangan lupa menutup tempat makanannya.

Tutup semua akses masuk tikus ke dalam rumah kita

huniankreatif.blogspot.com

huniankreatif.blogspot.com

Cek saluran air dan gunakan penyekat agar tikus got tidak menyatroni rumah kita. Segel semua celah yang dapat digunakan jalan masuk tikus. Ingat tikus bahkan bisa menyusup masuk melalui celah selebar seperempat inci. Pangkas cabang pohon yang berdekatan dengan atap atau plafon rumah kita karena dapat dimanfaatkan tikus untuk masuk ke rumah kita.

Hindari terlalu banyak perabot atau pajangan di tembok

tiginginulur.wordpress.com

tiginginulur.wordpress.com

Kondisi ini mempermudah tikus untuk bergerak dan bersembunyi di dalam rumah kita.

Tips Membasmi Tikus

Lalu bagaimana bila tikus sudah terlanjur mengganggu ketentraman rumah kita? Berikut ini ada beberapa tips yang bisa anda coba:

Memasang jebakan tikus

kenapanda.com

kenapanda.com

Ada yang berupa perangkap (kalau sukses kita harus membunuh tikus yang tertangkap), jepretan tikus (tikus langsung mati tapi lumayan serem karena darah tikus yang berceceran), ada juga perangkap elektrik yang menggunakan baterei/listrik.

Menggunakan racun tikus

jualanracuntikus.blogspot.com

jualanracuntikus.blogspot.com

Cara ini sebaiknya dihindari bila anda memiliki anak kecil atau hewan peliharaan. Sebenarnya cukup efektif, tapi karena tikus tidak langsung mati setelah makan racun ini terdapat resiko tikus mati di tempat tersembunyi. Sehingga seringkali anda harus membersihkan bangkai tikus yang sudah membusuk. Beberapa iklan racun tikus mengklaim tikus mati mengering / mati di dekat sumber air sehingga mudah ditemukan.

Menggunakan Lem Tikus

www.tokopedia.com

www.tokopedia.com

Cukup efektif bila diletakkan di tempat yang tepat beserta umpannya. Selain tikus biasanya cicak-cicak juga ikut terperangkap.

Menggunakan aroma yang tidak disukai tikus

www.ummi-online.com

www.ummi-online.com

Anda bisa memilih kapur barus (kamper), potongan buah mengkudu, pewangi pakaian dengan aroma herbal kuat, peppermint oil. Letakkan kamper atau potongan mengkudu/pace di tempat yang sering dilalui tikus. Semprotkan pewangi pakaian di sekitar lemari atau laci. Letakkan bola kapas yang sudah disemprot minyak beraroma peppermint di jalur yang dilalui tikus. Anda juga dapat memanfaatkan kotak kemasan / kantong the bekas yang beraroma peppermint.

Memanfaatkan hewan peliharaan

infounikkucing.wordpress.com

infounikkucing.wordpress.com

Kucing pilihan ideal untuk membasmi tikus-tikus kecil, tapi bukan lawan sepadan untuk tikus got yang berukuran maxi. Kucing betina konon lebih aktif berburu dari yang jantan. Suara jangkrik diyakini tidak disukai tikus sehingga tikus enggan mampir ke rumah kita, tapi suara jangkrik juga lumayan mengganggu kenyamanan telinga kita. Ular juga musuh tikus, tapi kebanyakan orang lebih memilih diganggu tikus daripada memelihara ular.

Alat pengusir tikus elektrik dipromosikan dapat mengeluarkan gelombang yang tidak disukai tikus. Tapi metode ini tidak direkomendasikan mengingat belum ada penelitian yang membuktikan efektifitasnya. Harganya lumayan mahal tapi banyak konsumen yang mengeluhkan alat ini tidak efektif. Anda yang sudah gerah dengan rongrongan tikus silahkan coba tips mengusir tikus dari rumah yang sesuai dengan kondisi anda.

You Might Also Like

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

You may use these HTML tags and attributes: <a href="" title=""> <abbr title=""> <acronym title=""> <b> <blockquote cite=""> <cite> <code> <del datetime=""> <em> <i> <q cite=""> <s> <strike> <strong>