Ikan Louhan

7 Gambar Jenis Ikan Louhan

Gambar Ikan Louhan serilaman.sekolah4u.com

Pernahkah kamu memelihara ikan louhan ini? kita mungkin pernah memelihara ikan ini meskipun belum faham mengenai ikan ini. Mungkin, kita memelihara ikan ini karena mengikuti trend pada saat itu. Ya….ikan ini memang pernah menjadi ikan hias primadona di negeri ini pada awal milenium.

Hampir setiap rumah terdapat akuarium untuk memelihara ikan ini. Para pedagang pun memperoleh berkah dari trend yang unik ini. Sebagian dari pedagang ikan hias bahkan, sebagian dari pedagang ikan louhan kehabisan stocknya karena saking larisnya jenis ikan hias yang satu ini.

Namun, yang unik pada saat itu, sebagian besar orang yang memelihara ikan ini belum faham mengenai jenis ikan louhan apa yang dipelihara.

Memang cukup unik penyakit “demam” ikan louhan pada saat itu. Meskipun saat ini, penyakit “demam” ikan louhan tersebut sudah mereda. Tetapi, tidak ada salahnya untuk bernostalgia dengan jenis ikan hias yang satu ini. Nah, saatnya kita sedikit bernostalgia untuk mengenang kejayaan ikan ini, mari kita membahas jenis-jenis ikan louhan yang pernah populer di Indonesia. Mungkin, dari beberapa jenis ikan ini, ada jenis ikan louhan yang pernah kamu pelihara.

Ikan Louhan Cencu

Gambar Ikan Louhan Cencu

anekaikanhias.com

Ikan louhan cencu disebut juga dengan ikan louhan mutiara. Ikan louhan ini identik dengan bintik-bintik kecil seperti mutiara di seluruh tubuhnya. Ikan louhan cencu saat ini dibagi menjadi dua tipe yaitu klasik dan modern. Ikan louhan cencu klasik mempunyai warna merah cerah dan warna merahnya lebih dominan.

Mutiaranya lebih sedikit jika dibandingkan dengan ikan louhan cencu modern. Memiliki ukuran yang jauh lebih besar dibandingkan dengan ikan louhan cencu modern. Namun, jenong kepalanya lebih kecil daripada ikan louhan cencu modern.

Sedangkan, ikan louhan cencu modern memiliki mutiara jauh lebih banyak, bahkan bintik-bintik seperti mutiara itu muncul hingga di bagian kepala dan pipinya. Sehingga, jika kita perhatikan antara kedua tipe ikan louhan cencu tersebut, tipe ikan louhan cencu modern jauh lebih indah.

Ikan louhan cencu modern juga memiliki jenong yang lebih besar dari klasik. Bahkan, jenong yang terdapat pada ikan louhan modern ini sudah terlihat saat louhan masih kecil. Meskipun hanya sebatas waterhead. (Baca Juga: Ikan Louhan)

Ikan Louhan Kamfa

Gambar Ikan Louhan Kamfa

anekaikanhias.com

Ikan louhan kamfa atau disebut juga dengan ikan louhan golden flower termasuk dalam ikan louhan yang populer dikalangan para pecinta ikan hias hingga saat ini. Ikan louhan kamfa sangat mudah dikenali yaitu mempunyai sirip yang lebar dan lebih kaku jika dibandingkan dengan ikan louhan jenis lainnya. Bahkan, sirip bagian atas anakan ikan louhan sudah terlihat lebih besar dari sirip anakan louhan lainnya.

Namun, ikan louhan kamfa ini tidak mempunyai marking di badan atau di kepalanya. Jika terdapat ikan louhan kamfa yang mempunyai marking, berarti kemungkinan besar ikan louhan tersebut hasil dari perkawinan silang dengan jenis lainnya. (Baca Juga: Cara Merawat Ikan Louhan)

Ikan Louhan Golden Red

Gambar Ikan Louhan Golden Red

anekaikanhias.com

Ikan louhan golden red adalah ikan louhan yang berasal dari Thailand. Ikan yang biasa disebut juga ikan louhan golden trimaculatus ini mempunyai perpaduan warna merah dan kuning. Perpaduan warna tersebut tidak akan tampak ketika louhan golden red ini masih kecil.

Bahkan ketika masih kecil, ikan jenis ini sangat mirip dengan louhan cencu.  Untuk bisa memperoleh perpaduan warna merah dan kuning yang indah, louhan golden red akan bermutasi terlebih dahulu. Mutasi yang dimaksud adalah perubahan sisik pada ikan. (Baca Juga: Cara Ternak Ikan Louhan)

Proses mutasi mempunyai beberapa tahap yaitu sisik dari warna biasa (seperti warna louhan pada umumnya saat kecil) menjadi warna hitam arang. Kemudian warna ini akan berubah ke warna terakhir yaitu perpaduan warna merah dan kuning.

Ikan Louhan Super Red Texas

Gambar Ikan Louhan Super Red Texas

anekaikanhias.com

Ikan louhan super red texas merupakan salah satu jenis ikan louhan yang berasal dari Thailand. jenis ikan ini merupakan hasil dari persilangan antara ikan texas chiclid yang berwarna abu-abu dengan ikan louhan golden red atau jenis red lainnya. Sehingga dihasilkan ikan louhan super red texas yang indah.

Ikan Louhan Rainbow King

Gambar Ikan Louhan Rainbow King

anekaikanhias.com

Ikan louhan rainbow king merupakan ikan yang memiliki marking yang berbeda dengan jenis ikan lainnya. Jenis ikan ini memiliki marking horisontal, badan kotak, dan perpaduan warna merah dan kuning, ada juga yang memiliki warna biru. Perpaduan tersebut menjadikan jenis ikan ini terlihat sangat indah.

Tidak heran kalau ikan louhan rainbow king ini merajai kontes louhan internasional. Karena hal tersebut, tidak sedikit pedagang yang menjual louhan kamfa, tapi menyebutnya louhan rainbow king.

Jika kamu ingin membeli louhan rainbow king, pastikan terlebih dahulu bahwa ikan tersebut merupakan louhan rainbow king. Kenali ciri-ciri jenis ikan ini agar kamu tidak tertipu.

Ikan Louhan Super Red Synspillum

Gambar Ikan Louhan Super Red Synspillum

anekaikanhias.com

Satu lagi jenis ikan louhan yang berasal dari thailand yaitu ikan Louhan Super Red Synspillum. Jenis ikan ini dijuluki sebagai kamfa-nya Thailand. Jenis ikan ini memiliki warna merah bata dan sedikit orange. Untuk mengetahui jenis ikan ini, kamu bisa melihat warna matanya yang merah atau kuning, siripnya kaku dan lebar, jenongnya waterhead, dan tidak memiliki marking di kepalanya.

Ikan Louhan Strom

Gambar Ikan Louhan Strom

wikipedia.org

Ikan louhan strom merupakan jenis ikan louhan yang masih baru. Jenis ikan ini berasal dari Thailand dan masih belum banyak informasi mengenai jenis ikan ini. Namun, jika diamanti, jenis ikan ini memiliki marking horisontal dan mutiaranya besar-besar.

 

You Might Also Like

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

You may use these HTML tags and attributes: <a href="" title=""> <abbr title=""> <acronym title=""> <b> <blockquote cite=""> <cite> <code> <del datetime=""> <em> <i> <q cite=""> <s> <strike> <strong>