Dunia Fauna

7 Gambar Kupu-Kupu Cantik Nan Elok

http://www.duniaq.com/ http://www.duniaq.com/

Kupu-kupu merupakan golongan serangga yang melakukan metamorfosis (perubahan) sempurna yang berawal dari telur, ulat, kepompong, kemudian menjadi kupu-kupu. Serangga ini tergolong menjadi serangga yang cantik dan elok diantara serangga lainnya, terkadang karena kecantikan akan sayapnya kerap kali diburu untuk dijadikan koleksi hiasan sehingga secara tidak sadar sudah menghancurkan tatanan kehidupan serangga ini.

Ada banyak hal menarik jika kita membahas tentang kupu-kupu. Kupu-kupu menggunakan kakinya sebagai perasa dan memiliki 1200 mata dengan berbentuk seperti belahan bola sedikit menonjol pada bagian atas kepala. Namun, yang selalu menarik perhatian adalah keindahan dari sayap-sayapnya, coraknya yang beragam dengan perpaduan warna yang khas, sungguh kesempurnaan ciptaan Tuhan.

Berikut ini kumpulan 7 gambar kupu-kupu cantik dan elok diantara beribu-ribu jenis kupu-kupu yang tersebar di seluruh belahan dunia.

Kupu-kupu Jenis Ratu Alexandra Birdwing

http://www.duniaq.com/

http://www.duniaq.com/

Jenis kupu-kupu yang satu ini sangat khas dengan perpaduan warna hijau dan cokelat dengan corak khasnya membuat kupu-kupu yang satu ini terlihat semakin mempesona. Bagian ekornya berwarna kuning cerah, dan jenis yang satu ini merupakan jenis kupu-kupu terbesar dengan lebar sayap mencapai 30 cm. kupu-kupu jenis ratu alexandra birdwing ini adalah salah satu kupu-kupu yang bisa dijumpai di kepulauan Indonesia tepatnya di daerah utara Papua Nugini.

Kupu-kupu Jenis Sayap Burung Surga

http://www.duniaq.com/

http://www.duniaq.com/

Kupu-kupu spesies yang satu ini sebenarnya hampir mirip dengan spesies sayap peri, namun yang membedakannya dengan kupu-kupu sayap peri yaitu ada bagian tambahan bulu halus berwarna putih pada bagian belakang sayapnya. Spesies ini juga termasuk dalam satwa yang dilindungi, spesies ini bisa ditemukan di wilayah kepulauan Indonesia bagian timur yaitu daerah Papua Nugini. Kecantikan dan eloknya kupu-kupu spesies ini memang bisa dipastikan.

Kupu-kupu dengan Sayap Renda

http://www.duniaq.com/

http://www.duniaq.com/

Kupu-kupu spesies ini adalah salah satu dari sekian spesies kupu-kupu yang bisa ditemukan di kepulauan di Indonesia dan termasuk satwa yang dilindungi. Sebuatan akrabnya adalah kupu-kupu sayap reda bisa dijumpai di kawasan Sulawesi. Kupu-kupu spesies ini hapir semua sayapnya berwarna hijau, namun dengan corak yang berbeda disetiap garisnya. Pada sayap belakangnya nampak seperti buntut degan garis biru kehitaman ditengah-tengah ekornya yang manambah kecantikan kupu-kupu spesies ini.

Kupu-kupu Transparan

http://www.duniaq.com/

http://www.duniaq.com/

Salah satu spesies kupu-kupu ini tergolong unik namun tetap cantik. Dengan sayap yang seperti halnya kaca, sayap kupu-kupu spesies ini nampak transparan. Sayapnya yang transparan dikellingi warna merah agak kecokelatan shingga menambah kecantikan kupu-kupu yang satu ini, dengan sedikit tambahan corak putih di sayap bagian atas menambah keanggunannya. Tubuh kupu-kupu ini terbilang ramping dan banyak ditemui di area Amerika Tengah serta Meksiko.

Kupu-kupu yang Menyerupai Daun Kering

http://www.duniaq.com/

http://www.duniaq.com/

Kupu-kupu spesies yang satu ini terbilang unik jika dibandingkan dengan spesies kupu-kupu yang lain. Karena kupu jenis ini sanagt sulit untuk ditemukan, dikarenakan bentuknya yang menyeruai daun kering. Mulai dari bentuk serta coraknya yang khas seperti halnya dedaunan kering. Bisa kita jumpai spesies ini di hutan area Asia Selatan, Madagaskar dan India.

Kupu-kupu dengan Sayap Peri

http://www.duniaq.com/

http://www.duniaq.com/

Seperti sebutannya, jika kamu pernah menonton serial animasi pasti kamu tahu bagaimana sayap seseorang peri dalam serial tersebut. Tidak jauh berbeda dengan sayap yang dimiliki oleh mahluk dunia dongeng tersebut, kupu-kupu spesies ini memiliki sayap persis seperti sayap peri. Kupu-kupu spesies ini juga bisa ditemukan di kepulauan Indonesia bagian timur tepatnya di daerah Papua Nugini dan termasuk dalam jenis satwa yang dilindungi oleh negara.

Kupu-kupu dengan Corak Burung Hantu

http://www.duniaq.com/

http://www.duniaq.com/

Corak dan warna dari kupu-kupu ini sangat unik hingga menyerupai mata burung hantu. Corak khasnya inilah yang kemudian membuatnya disebut sebagai kupu-kupu burung hantu. Selain bentuk dan coraknya yang unik, kupu-kupu spesies ini juga memiliki ukuran yang lumayan besar dan lebar sekitar 8 inchi. Untuk menemukan kupu-kupu jenis ini bisa ditemukan dibanyak lokasi karena memang populasinya yang terhitung lumayan besar.

You Might Also Like

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

You may use these HTML tags and attributes: <a href="" title=""> <abbr title=""> <acronym title=""> <b> <blockquote cite=""> <cite> <code> <del datetime=""> <em> <i> <q cite=""> <s> <strike> <strong>