Umum

7 Kiat dalam Memilih Perguruan Tinggi

fahrizal182.blogspot.com

7 Kiat dalam Memilih Perguruan Tinggi – Di saat ini mungkin bagi siswa SMA kelas 3 yang lagi sibuk-sibuknya belajar mati-matian mulai dari belajar di sekolah, mengikuti bimbel demi menghadapi ujian nasional yang nantinya menentukan kelulusan mereka kelak.

Nanti setelah lulus pastinya banyak yang akan memilih untuk meneruskan ke perguruan tinggi. Karena di perguruan tinggi ini masa depan dan cita-cita mereka ditentukan. Jadi dalam memilih perguruan tinggi dan jurusan jangan asal-asalan. Karena salah-salah malah berakibat tidak baik bagi kita dalam menjalani kuliah secara optimal.

Berikut ini adalah tips-tips dalam memilih perguruan tinggi.

Survey Biaya Kuliah

Survei biaya kuliah yang kira-kira akan dikeluarkanKita harus mensurvei mengenai biaya kuliah yang dikeluarkan. Karena jangan sampai kita berhenti kuliah karena mengalami kekurangan biaya kuliah setelah proses kuliah berlangsung.

Mencari Info

Carilah info sebanyak banyaknya mengenai berbagai perguruan tinggi yang ada. Dalam mencari informasi, informasi yang kita cari antara lain bentuk bentuk perguruan tinggi, status perguruan tinggi dan progam di perguruan tinggi. Dan yang lebih penting carilah juga informasi yang lengkap mengenai jurusan yang ada, apa yang dipelajari dan prospek kerja lulusannya bagaimana.

Kenali Diri

Dalam memilih jurusan kita juga harus mengetahui bakat/kelebihan apa yang kita miliki. Pilihlah jurusan yang sesuai dengan keahlian kita. Agar nantinya proses hasil pembelajaran kita nanti optimal, karena kita sudah sedikit menguasai materi yang akan diberikan.

Memiliki tekad dan kemauan kuat berusaha yang sejalan dengan kemampuan. Ada baiknya kemampuan kita diikuti dengan tekad dan usaha yang kuat. Namun apabila kita dalam keadaan berada di kondisi masuk ke jurusan yang tidak kita kuasai. Tapi kita jangan menyerah kita tetap harus berusaha dengan kuat dan gigih agar kelemahan tersebut dapat kita kalahkan.

Utamakan Pilih Jurusannya Dulu Baru Universitas-nya

Karena pada dasarnya tidak semua universitas tidak ternama semua jurusannya jelek, begitu pula sebaliknya. Karena kualitas pendidikan jurusan dilihat dari nilai akreditasinya.

Cari Info Mengenai Akreditasi

Karena semakin bagus akreditasi semakin baik kualitas pendidikan yang diberikan. Akreditasi yang baik juga salah satu hal pertimbangan ketika kita nanti akan melamar pekerjaan.Cari info mengenai daya tampung jurusan dan peluang akan diterima.

Dalam mencari perguruan tinggi, anda tidak perlu terlalu ngoyo untuk diterima di perguruan tinggi favorit, namun carilah perguruan tinggi dan jurusan yang sesuai dengan kemmpuan akademis anda  cari tahu daya tampung jurusan. Sehingga ada perkiraan anda dapat diterima disana.

Berdoa

Dengan berdoa kita serahkan semuanya kepada kehendak tuhan. Berharap agar Tuhan melancarkan pilihan dan rencana yang kita ambil.

Melihat Situasi

Kita harus mempertimbangkan situasi yang ada, cari jurusan yang kira-kira lulusannya banyak dibutuhkan dan cepat mendapat kerja. Karena pada dasarnya kita kuliah agar bisa mencari pekerjaan dan mendapat penghasilan.

Itu dia 7 Kiat Dalam Memilih Perguruan Tinggi, jadi jangan sampai salah pilih karena itu menentukan masa depan anda. Semoga bermanfaat.

You Might Also Like

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

You may use these HTML tags and attributes: <a href="" title=""> <abbr title=""> <acronym title=""> <b> <blockquote cite=""> <cite> <code> <del datetime=""> <em> <i> <q cite=""> <s> <strike> <strong>