Bisnis Online, Tutorial

7 Plugin Wajib Instal di Blog WordPress

Plugin WordPress Contoh Logo Plugin WordPress

Artikel kali ini akan membahas materi yang sudah diajarkan di pesantren sintesa beberapa minggu yang lalu. Kami mendapatkan materi yang sangat bermanfaat dari guru besar pesantren sintesa mengenai plugin yang wajib di instal di blog yang menggunakan wordpress. Terdapat 7 (tujuh) plugin yang wajib di instal untuk meningkatkan Search Engine Optimization atau biasa disingkat dengan SEO. (Baca juga: Pesantren Sintesa)

SEO adalah beberapa proses sistematis yang dilakukan guna menigkatkan volume trafik pengunjung melalui mesin pencari menuju blog atau website dengan memanfaatkan algoritma mesin pencari sehingga blog atau website tersebut dapat menduduki halaman utama mesin pencari sesuai dengan kata kunci yang kita targetkan. jadi, menginstal 7 (tujuh) plugin merupakan sesuatu yang wajib bagi blog wordpress Anda jika blog Anda ingin menduduki di halaman pertama mesin pencari. 7 (tujuh) plugin yang instal di blog wordpress antara lain:

Jetpack

Jetpack adalah sebuah plugin yang dikembangkan oleh automattic dimana automattic tersebut merupakan besutan dari wordpress itu sendiri. Plugin ini berisi berbagai aplikasi yang sangat berguna bagi blog wordpress Anda. Oleh karena itu, plugin jetpack ini sangat direkomendasikan bagi Anda yang menggunakan blog wordpress.

SEO Ultimate

Plugin SEO Ultimate adalah plugin yang digunakan untuk mempermudah dalam memberikan deskripsi di setiap artikel yang kita buat. Plugin ini menyediakan 140 kata yang bisa Anda manfaatkan untuk menulis kata-kata yang dapat membuat seseorang tertarik untuk mengunjungi blog atau website Anda.

Breadcrumb NavXT

Breadcrumb NavXT merupakan plugin yang sangat bermanfaat untuk navigasi halaman bagi interaksi pengguna atau pengunjung. Ketika pengunjung membaca salah satu artikel di blog kita, maka pengunjung akan mengetahui bahwa pengunjung tersebut berada di artikel apa, kategori apa, dan sub kategori apa. Berikut kami sertakan screenshot dari blog yang menggunakan plugin Breadcrumb NavXT.

Plugin Breadcrumb NavXT

Contoh Blog yang Menggunakan Plugin Breadcrumb NavXT

ketika saya membuka artikel cara membuat kompos di cara.media, maka muncul link “cara media> UMUM> MEMBUAT KOMPOS”. Contoh diatas adalah blog yang menggunakan plugin Breadcrumb NavXT dan info tersebut sangat bermanfaat bagi pengunjung blog.

Media File Renamer

Plugin media file renamer adalah plugin yang digunakan untuk mengubah nama file media dengan memperbarui judul. plugin ini juga secara otomatis akan memperbarui link di dalam posting. Mesin pencari seperti google mengunakan deskripsi dan kata kunci yang tepat untuk menigkatkan SEO dari gambar Anda.

SEO Friendly Images

Plugin SEO Friendly Images adalah plugin yang secara otomatis akan membuat ALT TEXT dan TITTLE TEXT pada sebuah gambar yang Anda upload pada blog Anda. Jadi, Anda hanya menginstal plugin ini di blog wordpress Anda, maka secara otomatis gambar yang Anda upload akan mempunyai alt dan tittle yang sama dengan judul artikel Anda.

Google XML Sitemaps

Plugin ini dapat membuat peta situs atau XML Sitemap yang didukung oleh google. Dengan menggunakan plugin ini, google akan memetakan blog atau website Anda. Karena google sangat membutuhkan peta situs atau XML Sitemap untuk menjelajahi blog atau website Anda. Jadi, plugin ini sangat diperlukan untuk SEO blog atau website Anda.

Akismet

Plugin akismet adalah plugin yang digunakan untuk menagkal spam yang ada di komentar. Karena wordpress lebih gampang terserang spam. Plugin ini secara default sudah disertakan oleh wordpress dalam blog atau website selfhost. Jadi, Anda hanya tinggal instal plugin ini. Tetapi, Anda harus memiliki akun wordpress.com untuk mengaktifkan plugin ini seperti halnya plugin jetpack.

You Might Also Like

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

You may use these HTML tags and attributes: <a href="" title=""> <abbr title=""> <acronym title=""> <b> <blockquote cite=""> <cite> <code> <del datetime=""> <em> <i> <q cite=""> <s> <strike> <strong>