Dunia Fauna, Kucing

9 Jenis Kucing Berbulu Panjang

imgur.com imgur.com

Apakah kamu tahu berapa jumlah jenis kucing di dunia ini? Jumlah kucing di dunia ini sangat banyak. Sebagian orang menggolongkan kucing-kucing tersebut dari bulu yang dimilikinya. Ada kucing yang berbulu panjang, ada kucing yang berbulu pendek, ada kucing yang berbulu ikal, dan ada kucing yang tanpa bulu. Berikut ini beberapa jenis kucing yang memiliki bulu panjang.

American Curl

wikipedia.org

wikipedia.org

American Curl merupakan jenis kucing yang berasal dari California. Kucing ini memiliki sifat yang kurang agresif, tetapi kucing American curl ini mudah sekali untuk beradaptasi. Kucing ini memiliki telinga yang melengkung. Hal ini karena tulang telinganya sangat lunak dan lembut, sehingga telinga kucing American curl ini memiliki kemungkinan besar untuk patah jika kita memegangnya terlalu keras. Namun, pada saat umurnya kurang dari 10 hari sampai 4 bulan, telinga kucing ini tidak melengkung seperti saat sudah dewasa.

American Bobtail

sites.google.com

sites.google.com

American bobtail merupakan kucing yang mulai dikembangkan sekitar tahun 60-an. Kucing ini memiliki ekor yang pendek dan tebal, tubuhnya berukuran medium dan kekar. Selain itu, kepalanya berbentuk segitiga dan rahangnya besar. Kepalanya ini mirip dengan ciri-ciri kucing anggora. Kucing ini juga memiliki hidung yang lebar, telinga berukuran sedang dan lebar, serta matanya berbentuk seperti almond dengan warna mata sesua dengan warna bulunya. Kucing ini termasuk kucing yang aktif dan suka bermain. American bobtail juga termasuk kucing yang bersahabatdengan manusia dan mudah beradaptasi dengan lingkungannya. Oleh karena itu, banyak pecinta kucing yang menyukai jenis kucing peliharaan ini.

Birman

jojo22.deviantart.com

jojo22.deviantart.com

Birman merupakan jenis kucing yang mudah bersahabat dengan manusia dan memiliki suara yang lembut. Birman juga memiliki ukuran badan cukup besar dan gempal, bulunya tebal meskipun tidak setebal bulu kucing persia, dan bola mata berbentuk bulat dan berwarna biru. Kucing ini memiliki keunikan yang tidak dimiliki oleh kucing peliharaan lainnya, yaitu kakinya terlihat seperti memakai sarung tangan. Namun, kucing ini pertumbuhannya sangat lambat. Kucing ini pada saat pertama lahir memiliki bulu yang berwana putih samapi berumur 18 bulan. Setelah itu, kucing ini akan mulai terlihat corak pada bulu di tubuhnya.

Balinese

animalsadda.com

animalsadda.com

Ketika kita mendengar nama kucing ini, kita akan menyangka bahwa kucing ini berasal dari Bali. Padahal, kucing ini sebenarnya berasal dari California. Tetapi, penamaan kucing ini memang ada hubungannya dengan Bali. Apa sih hubungannya? Kucing ini dinamakan Balinese karena kucing ini memiliki pembawaan yang anggun seperti para penari Bali, di Bali. Kucing ini memiliki kemiripan dengan kucing siamse. Karena kucing ini memang hasil dari perkawian antara kucing siamse dengan jenis kucing lainnya. Hal yang membedakan Balinese dengan siamse adalah Kucing Balinese memiliki bulu yang panjang sedangkan kucing siamse memiliki bulu pendek. Kucing ini termasuk kucing oriental, yaitu kucing yang memiliki tubuh langsing dan panjang. Kucing ini terdiri dari dua jenis, yaitu Balinese tradisional dan modern.  Balinese tradisional memiliki badan yang tegap dan berat, kepala bundar, dan telinga panjang. Sedangkan, Malinese modern memiliki bulu yang panjang hanya di bagian ekornya.

Javanese

wideskies.co.za

wideskies.co.za

Javanese memiliki tubuh yang sama dengan Balinese, yaitu anggun dan langsing. Kucing ini memiliki bentuk kepala segitiga, telinga lebar, dan hidungnya mancung. Javanese termasuk dalam kucing yang memiliki bulu yang panjang meskipun sebenarnya bulunya masih kalah panjang dengan jenis kucing persia dan maine coon. Namun, bulu yang di bagian ekornya lebih panjang jika dibandingkan dengan bulu yang ada di badannya.

Kucing ini termasuk dalam kucing yang rasa ingin tahunya tinggi, sangat aktif, dan meyukai tempat yang tinggi sehingga kucing ini memerlukan pengawasan yang lebih dari majikannya agar tidak hilang.

Himalayan

wikipedia.org

wikipedia.org

Himalayan adalah kucing yang termasuk dalam bagian dari jenis kucing persia karena kucing dari Britania Raya ini merupakan hasil perkawinan silang antara kucing persia dengan kucing siamse. Oleh karena itu, kucing ini memiliki ukuran badan yang mirip dengan kucing persia dan corak warna seperti kucing siamse. Namun, saat ini sudah ada kucing himalayan yang memiliki ukuran badan langsing dan anggun

Maine Coon

wikipedia.org

wikipedia.org

Kucing ini biasanya disebut juga kucing raksasa karena memiliki ukuran tubuh yang sangat besar dan berotot. Berat badannya untuk kucing maine coon jantan bisa mencapai 9kg, sedangkan kucing maine coon betina bisa mencapai 6kg. Selain itu, kucing ini juga termasuk kucing mewah karena harga untuk meiliki jenis kucing ini untuk satu ekornya bisa puluhan juta rupiah.

Persia

catloversdiary.com

catloversdiary.com

Kucing ini sudah sangat terkenal di Indonesia. Banyak yang menyukai kucing ini karena memiliki wajah dan sifat yang lucu. Selain itu, kucing ini juga sangat manja dan termasuk kucing yang pemalas. Sehingga kamu akan kesulitan untuk mengajak kucing ini jalan-jalan. (Baca Juga: Ciri-ciri Kucing Persia)

Norwegian Forest Cat

reddit.com

reddit.com

Kucing ini memiliki perawakan seperti kucing hutan. Ukuran badannya besar, berotot, kakinya panjang, dan bulunya tebal serta cakarnya sangat kuat yang meudahkan kucing ini untuk memanjat. Namun, kucing ini sangat baik dan suka mencari perhatian.

You Might Also Like

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

You may use these HTML tags and attributes: <a href="" title=""> <abbr title=""> <acronym title=""> <b> <blockquote cite=""> <cite> <code> <del datetime=""> <em> <i> <q cite=""> <s> <strike> <strong>