Kecantikan, Kesehatan

Adakah Makanan Pembasmi Jerawat?

kreasitekno.co kreasitekno.co

Adakah Makanan Pembasmi Jerawat? – Bagi penderita jerawat, makanan pembasmi jerawat tentu topik menarik untuk disimak. Menyenangkan sekali bukan bila kita bisa mengatasi masalah kesehatan hanya dengan makan?  

Sebenarnya hal ini bukanlah hal baru, beberapa dari kita mungkin sudah pernah mendengar slogan seperti “You are What You Eat” atau “Back to Nature” yang intinya mengajak kita memberi atensi lebih pada apa yang kita makan dan memanfaatkan apa yang ada di alam untuk meningkatkan kualitas hidup kita.

Sebagian orang tertarik mengetahui diet untuk mengatasi jerawat karena mereka telah mendapat informasi bahwa belum ada penelitian/riset ilmiah yang berhasil membuktikan keterkaitan makanan dengan jerawat. Dengan kata lain ga ada hubungannya jenis makanan tertentu dengan munculnya jerawat.

Namun pada kenyataannya banyak penderita jerawat ataupun praktisi kesehatan yang menangani jerawat menjumpai beberapa jenis makanan yang diduga memiliki kaitan dengan munculnya atau sebaliknya memperbaiki kondisi kulit yang berjerawat.

Makanan Penyebab Jerawat

Sekalipun belum ada bukti ilmiah yang shahih tentang hubungan makanan tertentu dengan timbulnya jerawat (acne), tubuh anda adalah “dokter” yang terbaik. Bila jerawat anda makin parah setelah mengkonsumsi makanan tertentu, sebaiknya anda menghindari atau minimal membatasinya. Berikut ini beberapa jenis makanan yang diduga berkaitan erat dengan jerawat yang membandel:

Coklat

www.syashop.com

www.syashop.com

Hubungan antara coklat dan jerawat cukup populer dengan segenap kontroversinya. Sebagian orang bersikukuh bahwa jerawatnya bermunculan setelah makan coklat sementara yang lain mati-matian bilang coklat ga bikin wajah jerawatan. Simak ulasan lebih lengkapnya disini.

Susu dan jerawat

essenstoria.blogspot.com

essenstoria.blogspot.com

Konsumsi susu dan jerawat jadi topik perbincangan yang menarik terutama di negara yang memiliki tingkat konsumsi susu yang tinggi. Selain susu, produk-produk turunan dari susu juga ditengarai sebagai makanan pemicu timbulnya jerawat. Temukan penjelasan lebih lanjut tentang hubungan susu dan jerawat.

Makanan tinggi karbohidrat dan jerawat

pixabay.com

pixabay.com

Konsumsi karbohidrat yang berlebihan terbukti berkaitan dengan beberapa gangguan kesehatan seperti obesitas, diabetes, dll. Karbohidrat yang tinggi dapat mempengaruhi keseimbangan hormon yang berperan penting dalam timbulnya jerawat.

Seafood

pixabay.com

pixabay.com

Beberapa sumber menyebutkan konsumsi seafood yang berlebihan terutama kerang dapat memicu jerawat karena kadar yodiumnya yang tinggi.

Makanan Pencegah Jerawat

Selain membatasi konsumsi makanan yang memicu timbulnya jerawat, beberapa jenis makanan justru membantu kita mengatasi gangguan jerawat yang bikin pusing dan minder.

Minum cukup air

www.hipwee.com

www.hipwee.com

Hal ini sering diremehkan banyak orang, padahal banyak minum air putih terbukti banyak memberi manfaat pada tubuh kita. Konsumsi air yang cukup akan  menjaga kelembaban kulit dan memudahkan proses pembuangan toksin/racun dari dalam tubuh. Hal ini membantu penyembuhan jerawat dan mencegah jerawat baru nongol di kulit kita.

Vitamin dan Mineral Kulit

frontroll.com

frontroll.com

Kulit membutuhkan beberapa vitamin dan mineral agar tetap dalam kondisi yang prima seperti vitamin A, vitamin B, vitamin C, vitamin E, zinc, dan selenium. Untuk praktisnya sebagian orang memilih mengkonsumsi suplemen yang banyak beredar di pasaran. Tapi cara alami dengan mengkonsumsi 5-6 porsi buah dan sayur setiap hari akan sangat bermanfaat bagi tubuh dan kulit anda.

Teh herbal

mobiter.net

mobiter.net

Minum teh herbal secara rutin akan membantu proses detoksifikasi dalam tubuh yang pada akhirnya membantu mencegah timbulnya jerawat.

Asam lemak omega 3

www.seputarkucing.com

www.seputarkucing.com

Makanan yang kaya asam lemak omega 3 selain membantu keseimbangan hormon tubuh dan elastisitas kulit juga  baik untuk kesehatan jantung anda. Jerawat sebaiknya tidak hanya dipandang sebagai gangguan kulit, tapi sebagai dampak ketidakberesan dalam tubuh kita.

Mengatasi jerawat tak cukup hanya dengan mengoleskan obat jerawat di wajah anda tapi juga perlu upaya terapi dari dalam tubuh. Salah satunya dapat anda lakukan dengan mengikuti panduan diet dalam makanan pembasmi jerawat/acne.

You Might Also Like

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

You may use these HTML tags and attributes: <a href="" title=""> <abbr title=""> <acronym title=""> <b> <blockquote cite=""> <cite> <code> <del datetime=""> <em> <i> <q cite=""> <s> <strike> <strong>