Seni, Umum

Pengertian Alat Musik Ritmis dan Gambar Contoh Alat Musik Ritmis

www.malletinstrumentservice.com www.malletinstrumentservice.com

Alat musik adalah sebuah alat yang dibuat dengan tujuan untuk menghasilkan suatu nada atau musik. Berdasarkan fungsinnya, alat musik dibagi menjadi tiga jenis, yakni alat musik harmonis, alat musik melodis, dan alat musik ritmis. Dalam artikel kali ini, kita akan membahas mengenai alat musik ritmis. Alat musik ritmis merupakan alat musik yang tidak bernada dan biasanya berfungsi untuk mengatur irama lagu. Alat musik ritmis penggunaannya dengan beberapa cara yaitu dengan dipukul, baik dengan tangan atau menggunakan alat pukul. Selain itu, ada juga alat musik ritmis yang cara penggunaaannya dengan cara dikocok.

Alat musik ritmis tersebut antara lain adalah drum, kastanyet, tamborin, dan sebagainya. Alat musik tersebut biasanya digunakan sebagai musik pengiring dan pengatur tempo lagu. Satu lagi contoh alat musik ritmis yang dipukul, yaitu gendang, alat musik ritmis tradisional. (Baca Juga: Seni Rupa Terapan) Untuk mengetahui lebeh detail mengenai jenis alat musik ritmis, berikut beberapa contoh dan gambar alat musik ritmis, baik dari dalam negeri maupun luar negeri.

Tamborin

id.pricepedia.org

id.pricepedia.org

Tamborin merupakan salah satu jenis alat musik ritmis yang biasanya digunakan untuk mengiringi lagu yang mempunyai irama riang. Bentuk alat musik yang satu ini seperti lingkaran logam yang setiap sisi-sisinya terdapat bulatan logam tipis. Selain itu, alat musik ritmis ini juga mempunyai kerincingan disekitarnya sehingga dapat menghasilkan suara bergemerincing apabila digoyangkan. Alat musik ini juga ada yang terbuat dari kulit. (Baca Juga: Seni Grafis)

Rebana

ms.wikipedia.org

ms.wikipedia.org

Alat musik ritmis yang satu ini sudah tidak asing lagi bagi kita, yaitu rebana. Rebana adalah alat musik ritmis yang berbentuk bundar dan pipih. Alat musik ini mempunyai bingkai yang terbuat dari kayu dan dilapisi dengan kulit kambing.

Alat musik ini sangat sering digunakan di beberapa negara ASEAN seperti Brunei Darusallam, Malaysia, Singapura, dan Indonesia untuk berbagai acara kesenian. Rebana biasanya digunakan untuk mengiringi aalat musik seperti hadroh, gambus, dan kasidah. Cara untuk membunyikannya juga cukup mudah yaitu dengan dibukul menggunakan telapak tangan.

Baca juga: Pengertian Seni Rupa 2 dimensi dan Seni Rupa 3 dimensi Beserta Contohnya

Drum

www.haikudeck.com

www.haikudeck.com

Drum merupakan alat musik ritmis yang paling populer di dunia. Alat musik ini termasuk dalam alat musik ritmis yang cara penggunaannya dengan dipukul. Biasanya, drum yang masih tradisonal terbuat dari kulit dan dipukul menggunakan kayu atau lainnya. Sedangkan, drum yang modern biasanya terbuat dari plastik yang kuat. Terdapat beberapa jenis drum, yaitu timpani, kendang, dan sebagainya. Dalam musik pop, pemain drum disebut sebagai drummer.

Kastanyet

www.garaj.org

www.garaj.org

Alat musik ritmis yang satu ini digunakan dengan cara meletakkan alat musiknya di kanan kiri, kemudian tangan sebelah kanan menepuk-nepuk tangan kiri agar alat musik tersebut berbunyi sesuai yang diinginkan pemainnya. Biasanya, musik ini digunakan untuk mengiringi tari-tarian Spanyol.

Timpani

www.malletinstrumentservice.com

www.malletinstrumentservice.com

Alat musik timpani merupakan alat musik yang terbuat dari bahan kuningan dan tabungnya menyerupai mangkuk. Penggunaan alat musik ritmis yang satu ini adaah dengan cara dipukul dengan alat yang bernama stik atau mallet timpani. Alat musik ini biasanya hanya dimainkan beberapa kali saja.

Simbal Tangan

www.kaskus.co.id

www.kaskus.co.id

Alat musik ini sering kita jumpai ketika kita melihat festival Marching Band. Namun, mungkin banyak diantara kita yang tidak tahu namanya. Alat musik ritmis yang satu ini bernama simbal tangan. Alat musik ini terbuat dari besi atau logan dan bentuknya bulat pipih. Alat musik ini terdiri dari dua dan masing-masing terpasang di kanan kiri dan kanan pemainnya. Cara penggunaannya adalah dengan cara dipukul antara yang satu dengan lainnya.

Marakas

www.gtwill.com

www.gtwill.com

Alat musik yang satu ini merupakan salah satu musik tradisional yang apabila dimainkan akan menghasilkan bunyi rincik-rincik. Alat musik ritmis ini identik dengan pantai dan angin laut. Selain itu, alat musik ini tidak bisa lepas dari musik salsa, rumba, dan Cuba.

Baca juga: Akulturasi, Pengertian Akulturasi, dan Contoh Akulturasi

You Might Also Like

One comment

  1. 1

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

You may use these HTML tags and attributes: <a href="" title=""> <abbr title=""> <acronym title=""> <b> <blockquote cite=""> <cite> <code> <del datetime=""> <em> <i> <q cite=""> <s> <strike> <strong>