Seni

7 Aliran Seni Lukis dan Karya Fenomenalnya yang Pernah Ada

c3chanlovely.blogspot.com c3chanlovely.blogspot.com

Menurut pengertian dasarnya, seni lukis adalah pengembangan dari seni menggambar dan termasuk dalam salah satu cabang dari karya seni rupa. Menuangkan sebuah objek dua atau tiga dimensi dengan tujuan menyampaikan sebuah kesan diatas sebuah medum (bisa berupa kanvas, kertas, papan, atau media lukis lainnya).

Secara teknis bisa dikatakan bahwa sebuah seni lukis merupakan sebuah kegiatan dengan menggunakan beberapa paduan warna menggunakan bahan pelarut yang kemudian dipadukan diatas sebuah media, sehingga menghasilkan sebuah karya yang tentunya memiliki pesan yang disampaikan.

Dengan perpaduan konsep titik, garis bidang, bentuk, volume, tekstur bahkan sedikit efek pencahayaan dengan acuna seni, kemudian muncullah sebuah karya seni yang bisa dinikmati banyak orang. (Baca juga: Lukisan 3D, Karya Seni Paling Menakjubkan yang Terlihat Seperti Nyata)

Ada banyak sekali para pelukis dunia yang lahir kemudian mengembangkan aliran seni lukis baru dengan ciri khas dan gaya yang berbeda-beda antar sesama seniman. Berikut ini 7 aliran seni lukis yang berpengaruh dan melahirkan karya yang fenomenal.

Aliran Naturalisme

wisnujadmika.wordpress.com

wisnujadmika.wordpress.com

Aliran naturalisme merupakan salah satu aliran seni lukis yang menggambarkan suasana yang sesuai dengan kondisi sebenarnya (nature) atau alam nyata tanpa merubah dari bentuk aslinya dan biasanya sangat mirip dengan aslinya. Untuk aliran seni lukis yang satu ini biasanya sangat teliti dan selalu memperhatikan perbandingan, perspektif, tekstur bahkan pewarnaannya demi menghasilkan sebuah karya yang persis dengan objek aslinya.

Biasanya untuk jenis lukisan dari salah satu aliran seni lukis ini banyak yang berhubungan dengan alam.
Pelopor dari aliran naturalisme yang berasal dari Amerika yaitu William Bliss baker sedangkan salah satu pelopor aliran naturalisme asal Indonesia yaitu Basuki Abdullah dan Raden Saleh.

Baca juga: Gambar Lukisan Hasil Tangan-tangan Kreatif

Aliran Realisme

senirupasmasa.wordpress.com

senirupasmasa.wordpress.com

Aliran Realisme yaitu salah satu aliran seni lukis yang menggambarkan sebuah subjek seperti tampil dalam kehidupan keseharian tanpa ada tambahan didalam karyanya. Biasanya cenderung menampilkan sesuai dengan fakta atau perbuatan alam, tidak dilebih-lebihkan terutama dalam hal pewarnaan sehingga cenderung lebih sering meniru bentuk alam secara akurat.

Kadang sangat susah untuk membedakan jenis aliran seni lukis jenis realism dengan jenis naturalism, karena sama-sama menggambarkan objek sesuai dengan keadaan aslinya. Salah satu seniman yang namanya tersohor karena menggunakan aliran seni lukis ini dalam setiap karyanya adalah ustave Courbet dan Jean Francois Millet.

Baca juga: Cara Melukis Wajah dengan Menggunakan Teknik Dasar

Aliran Romantisme

http://blog-senirupa.blogspot.co.id/

http://blog-senirupa.blogspot.co.id/

Aliran Romantisme adalah salah satu aliran seni lukis yang memberikan kesan membangkitkan kenangan terindah pada setiap goresan yang dihasilkan. Hasil lukisan yang dihasilkan biasanya terbilang lukisan yang istimewa karena menggambarkan nostalgia dengan masa-masa indah. Di Indonesia, jenis aliran romantisme adalah salah satu aliran seni lukis tertua dalam sejarah seni lukis modern.

Baca juga: 5 Pelukis Terkenal Dunia dengan Karya Fenomenal

Aliran Klasikisme

c3chanlovely.blogspot.com

c3chanlovely.blogspot.com

Sesuai dengan sebutannya yaitu klasik, tentunya yang ditampilkan dalam lukisan jenis ini adalah berupa gambar-gambar klasik dengan karakter tersendiri. Banyak jenis lukisan dari aliran ini yang diangat dari kisah-kisah legenda dalam kerajaan romawi.

Namun setelah perkembangannya kemudian banyak pelukis-pelukis nusantara yang juga tertarik untuk melukis menggunakan aliran klasikisme. Lukisan hasilnya biasanya lebih terkesan memiliki bentuk yang seimbang serta harmonis. (Baca juga: Deretan Lukisan Termahal di Dunia Sepanjang Sejarah)

Aliran Kubisme

oessellaocel.blogspot.com

oessellaocel.blogspot.com

Aliran Kubisme yaitu salah satu aliran seni lukis yang cenderung menggambarkan abstraksi terhadap objek dalam bentuk geometri atau bisa juga dikatakan berupa balok-balok sehingga mendapatkan sensasi tertentu dalam karya seni lukis. Aliran ini memiliki banyak bentuk pada dasarnya seperti halnya segitiga, segi empat, lingkaran, silinder, kubus, dan sejenisnya. Hasil lukisannya sangat mencolok daripada aliran yang lainnya. Salah satu pelukis terkenal dengan karyanya yang menggunakan aliran kubisme dalam melukis adalah Pablo Picasso.

Aliran Plural Painting

senisman1sbw.wordpress.com

senisman1sbw.wordpress.com

Aliran Plural Painting merupakan salah satu aliran seni lukis yang dihasilkan saat berimajinasi dalam bermeditasi atau bisa juga disebut ketika berintuisi dan kemudian diterjemahkan dalam gerak kehidupan menjadi bahasa visual. Biasanya sentuhan warna yang digunakan sangat mencolok dan termasuk terang namun tetap berpacu pada nilai estetika.

Aliran Ekspresionisme

janicalewinsky.wordpress.com

janicalewinsky.wordpress.com

Aliran Ekspresionisme adalah salah satu aliran seni lukis yang lebih mengutamakan kebebasan dalam hal bentuk, warna dalam menuangkan perasaan atau ekspresi dalam sebuah kanvas. Pada aliran ini kecenderungan seniman akan mendistorsi sebuah kenyataan dengan menambahkan sedikit efek-efek emosional.

You Might Also Like

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

You may use these HTML tags and attributes: <a href="" title=""> <abbr title=""> <acronym title=""> <b> <blockquote cite=""> <cite> <code> <del datetime=""> <em> <i> <q cite=""> <s> <strike> <strong>