Anak, Kesehatan

Aneka Ramuan Tradisional untuk Bayi yang Sedang Sakit

obat batuk

Aneka Ramuan Tradisional untuk Bayi yang Sedang Sakit – Pengetahuan tentang ramuan tradisional  untuk bayi mungkin dipandang sebelah mata oleh sebagian orang. Hari gini masih harus ribet bikin ramuan tradisional, kayak ga ada apotik atau toko obat aja. Begitu mungkin kilah mereka.

Ya, dilihat dari sisi praktisnya, pendapat itu ada benarnya. Namun jangan lupa di seluruh belahan dunia, bahkan di negara-negara maju, slogan “back to nature” makin gencar didengungkan. Semangat ini mewarnai berbagai sisi kehidupan termasuk dalam mengatasi aneka gangguan kesehatan.

Saat ini makin banyak orang yang sadar untuk menggunakan bahan-bahan alami dari alam untuk membuat tubuh lebih sehat. Belum lagi kalau pembahasan diperluas pada topik efek samping negatif yang dapat timbul akibat pemakaian obat-obatan kimiawi buatan pabrik. Maka resep obat tradisional punya keunggulan tersendiri terutama untuk bayi/anak yang sistem organ tubuhnya belum berfungsi dengan sempurna.

Ramuan Tradisional untuk Bayi Sakit Perut

serbatjangkrikmas.co.id

serbatjangkrikmas.co.id

Sakit perut atau yang lazim disebut masuk angin pada bayi bisa bikin panik orang tua. Pasalnya bayi jadi rewel, gelisah, dan terus menangis walaupun segala upaya menenangkan bayi sudah dilakukan. Ada gangguan perut pada bayi baru lahir yang disebut kolik.

Serangan kolik secara statistik kerap dialami bayi di bulan ke 2-6 dimana angka kejadian pada bayi laki-laki lebih tinggi. Untungnya kolik akan reda dengan sendirinya tanpa terapi khusus. Namun tak ada salahnya anda mencoba resep tradisional bayi sakit perut di bawah ini karena tak sedikit yang sudah membuktikan kemanjurannya.

Khasiat bawang merah

narwastujati58.blogspot.com

narwastujati58.blogspot.com

Parut bawang merah secukupnya, letakkan di piring kecil, lalu campur dengan minyak telon. Borehkan ramuan ini pada perut (terutama bagian pusarnya) dan punggung sampai daerah pinggang. Usap dengan lembut atau bisa juga dikerok dengan ujung jari anda.

Khasiat labu putih

labukenalimacamdanmanfaatnya.blogspot.com

labukenalimacamdanmanfaatnya.blogspot.com

Ramuan ini bisa dicoba bila bayi anda demam, muntah, dan rewel karena perutnya sakit. Ambil labu putih secukupnya, kupas, cuci bersih, dan letakkan di wadah tahan panas. Tambahkan gula batu secukupnya, lalu kukus sampai gula batu mencair. Peras dan minumkan pada bayi 3 kali sehari (bisa juga dimasukkan dot).

Khasiat daun jambu batu

caratono.blogspot.com

caratono.blogspot.com

Resep ini sudah populer untuk mengatasi diare pada orang dewasa. Bila bayi  yang masih minum ASI mengalami diare, ibu cukup makan daun jambu batu/klutuk yang masih muda lalu tetap menyusui seperti biasa.

Resep Tradisional untuk Mengatasi Batuk pada Anak

www.anggaputra.com

www.anggaputra.com

Resep ini patut dicoba terutama untuk mengatasi batuk membandel. Daripada anak bolak-balik dicekoki antibiotik, gunakan cara alami untuk meredakan batuk anak anda.

Bahan:

  • Adas (rempah-rempah yang berbentuk mirip jinten)
  • Pulosari (bentuknya mirip biji jeruk)
  • Bunga belimbing sayur/belimbing wuluh
  • Kayu manis
  • Gula batu

Cara membuat:

  1. Letakkan seluruh bahan dalam wadah yang tahan panas
  2. Tambahkan 3-4 sdm airKukus selama ± 10 menit
  3. Minumkan ramuan 2-3 kali sehari
  4. Sisa ramuan dapat disimpan dalam kulkas, hangatkan saat akan diberikan lagi pada anak anda
  5. Setiap orang tua tentu resah saat anaknya pilek, sakit perut, diare, ataupun susah BAB.

Memanfaatkan ramuan tradisional cukup menjanjikan. Sedikit ribet memang, tapi jerih payah kita akan terbayar saat anak kembali sehat dan ceria. Anakpun terhindar dari resiko efek samping bahan kimia obat. Silakan mencoba manfaat ramuan tradisional untuk bayi dan anak.

You Might Also Like

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

You may use these HTML tags and attributes: <a href="" title=""> <abbr title=""> <acronym title=""> <b> <blockquote cite=""> <cite> <code> <del datetime=""> <em> <i> <q cite=""> <s> <strike> <strong>