Kecantikan, Kesehatan

Apa Saja Makanan Penyebab Jerawat yang Perlu Dihindari?

temancantik.com temancantik.com

Apa Saja Makanan Penyebab Jerawat yang Perlu Dihindari? – Daftar makanan penyebab jerawat perlu disimak oleh siapa saja yang sedang berusaha memenangkan pertarungan melawan jerawat. Banyak remaja yang ga pede or minder lantaran jerawat muncul tanpa diundang.

Sebagian orang juga masih terganggu hadirnya jerawat meski sudah tak remaja lagi. Ya, sekalipun bukan penyakit kulit yang serius, jerawat sangat mengganggu penampilan pengidapnya, tak heran bila mereka rela mencoba segala cara demi membuat kulit wajahnya kembali mulus tanpa jerawat.

Dapatkah Makanan Membasmi Jerawat?

id.tubgit.com

id.tubgit.com

Makanan pembasmi jerawat tidak hanya terdiri dari jenis makanan yang memicu timbulnya jerawat tapi juga makanan pencegah jerawat dan yang merawat kondisi kulit agar tampak kinclong. Secara medis belum ada bukti ilmiah tentang makanan sebagai penyebab jerawat.

Namun dalam praktek sehari-hari beberapa makanan diduga memicu jerawat bermunculan. Anda mungkin juga punya pengalaman serupa dimana kondisi jerawat makin parah setelah mengkonsumsi makanan tertentu. Reaksi anda terhadap makanan tentunya tak dapat diabaikan begitu saja.

Kulit anda bukan sekedar pelapis tubuh, tapi adalah organ penting bagi tubuh. Banyak gangguan tubuh yang tanda-tandanya dapat kita amati pada kulit. Contoh penderita anemia dimana sel darah merah dalam tubuh rendah, kulitnya akan tampak pucat. Demikian halnya dengan jerawat.

Jadi menumpas jerawat tak cukup dengan mengoleskan produk anti jerawat tapi juga menjalani pola hidup sehat seperti diet yang tepat, olahraga dan istirahat teratur, dan menghindari stres.

Makanan Penyebab Jerawat

pixabay.com

pixabay.com

Berikut ini beberapa jenis makanan yang diduga kuat sebagai pencetus masalah jerawat/acne:

Coklat dan makanan dengan kadar gula/karbohidrat yang tinggi

www.syashop.com

www.syashop.com

Banyak orang yang mengklaim coklat sebagai makanan pemicu jerawat. Termasuk dalam kelompok ini adalah soda, es krim, sereal, beras putih, roti putih, permen, biskuit. Secara medis makanan ini disebut sebagai makanan dengan glycemic index yang tinggi. Dalam tubuh makanan jenis ini dapat mempengaruhi keseimbangan hormonal tubuh yang memiliki kaitan erat dengan timbulnya jerawat.

Namun para ahli masih belum dapat membuktikan hubungan langsung sebagai penyebab jerawat karena pada penderita diabetes tidak terjadi peningkatan yang signifikan untuk terjadinya jerawat.

Susu dan produk turunannya

essenstoria.blogspot.com

essenstoria.blogspot.com

Selain kadar lemak dalam susu, kadar hormon yang terkandung dalam susu mungkin berkaitan dengan timbulnya jerawat. Sebagaimana kita ketahui susu didapat dari sapi yang dalam kondisi hamil sehingga kadar hormon dalam tubuhnya tinggi.

Sekalipun beberapa penelitian menunjukkan kecenderungan terjadinya kasus jerawat pada remaja yang memiliki kebiasaan minum susu, namun komponen pasti dalam susu dan produk turunannya  yang menjadi pemicu jerawat belum dapat diidentifikasi.

Produk olahan dan fast food

id.anawalls.com

id.anawalls.com

Makanan olahan dan fast food/makanan cepat saji banyak mengandung zat pewarna, pengawet, dan bahan penyedap. Makanan jenis ini juga kerap disebut “junk food/makanan sampah” karena umumnya miskin nutrisi dan kaya karbohidrat/lemak. Mengkunsumsi makanan ini secara berlebihan akan meningkatkan kadar toksin dalam tubuh yang dapat memicu timbulnya jerawat.

Seafood terutama kerang

pixabay.com

pixabay.com

Kadar yodium yang tinggi dari makanan ini diduga dapat memicu timbulnya jerawat. Batasi konsumsinya jika anda sedang menghadapi masalah jerawat.

Kafein

www.beritau.net

www.beritau.net

Selain dalam kopi, kafein juga ada dalam minuman berenergi, soda, teh, dan beberapa jenis obat amti nyeri. Kafein memicu peningkatan stress hormon yang berkaitan erat dengan munculnya jerawat. Kafein juga dapat menyebabkan gangguan tidur yang juga turut memiliki andil memperparah kondisi jerawat.

Pendapat banyak ilmuan tentang tidak adanya hubungan antara makanan dan jerawat dikarenakan belum ada penelitian yang dapat membuktikannya sesuai standard kaidah penelitian yang baku. Perlu penelitian lebih lanjut untuk menjelaskannya.

Sembari menunggu, amati bagaimana tubuh anda bereaksi terhadap makanan. Hindari makanan yang membuat jerawat muncul. Cermati juga apakah kondisi jerawat anda membaik setelah menghindari/membatasi asupan makanan tertentu. Akhirnya anda akan menemukan makanan penyebab jerawat/acne anda.

You Might Also Like

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

You may use these HTML tags and attributes: <a href="" title=""> <abbr title=""> <acronym title=""> <b> <blockquote cite=""> <cite> <code> <del datetime=""> <em> <i> <q cite=""> <s> <strike> <strong>