Ayam, Dunia Fauna

14 Jenis Ayam Hias

mutingpost.blogspot.com mutingpost.blogspot.com

Hewan yang satu ini sudah tidak asing lagi bagi masyarakat Indonesia. Setiap hari kita bisa menemukannya, baik dalam keadaan mati maupun keadaan hidup. Banyak orang yang memelihara di rumahnya. Sebagian menjadi bisnis, hobi, dan sebagai hewan hias. Hewan ini adalah ayam. Ya, ayam merupakan hewan yang sangat populer dikalangan masyarakat Indonesia. Karena hewan ini menjadi salah satu menu daging yang banyak dikonsumsi oleh masyarakat Indonesia. Namun, tahukah kamu bahwa hewan ini memiliki banyak jenis? Banyak orang yang tidak tahu mengenai jenis hewan yang satu ini, khususnya ayam hias. Berikut beberapa jenis ayam hias.

Ayam Sumatra

jesrilzuwito80.blogspot.com

jesrilzuwito80.blogspot.com

Ayam Sumatra merupakan ayam asli Indonesia yang berkembang di Sumatra Barat. Oleh karena itu, ayam ini beri nama ayam sumatra. Ayam sumatra memiliki ciri-ciri, yaitu memiliki tenggorokan yang lebar, perawakan tubuhnya tegap dan kecil, kepalanya kecil, kulit dibagian muka berwarna merah atau hitam, paruhnya berwarna hitam dan pendek, jenggernya di tumbuhi sedikit bulu dan berwarna merah, telinganya kecil dan berwarna merah, dan ayam sumatra jantan memiliki berat batan sekitar 2 kg, sedangkan ayam sumatra betina memiliki berat badan sekitar 1,5 kg.

Ayam Jambul Poland Bulu Kapas

bamsbreeder.blogspot.com

bamsbreeder.blogspot.com

Ayam jambul poland bulu kapas merupakan jenis ayam yang memiliki keunikan, yaitu memiliki jambul. Sesuai dengan namannya, ayam jenis ini memiliki bulu yang berwarna putih dan lebat seperti kapas.

Ayam Kate Serama

jualayamserama.wordpress.com

jualayamserama.wordpress.com

Ayam kate ini cukup banyak penggemarnya di Indonesia. Ukuran tubuh yang mungil dan bulunya yang indah menjadi alasan orang menyukai jenis ayam ini. Selain itu, ayam ini memiliki keunikan, yaitu bisa berdiri tegak dengan membusungkan dadanya meskipun sedang berjalan. Untuk masalah harga, ayam ini memiliki harga yang cukup mahal meskipun ukurannya kecil.

Ayam Cemani

ilhamaku.wordpress.com

ilhamaku.wordpress.com

Ayam cemani merupakan jenis ayam yang berkembang di daerah Magelang dan Temanggung, Jawa tengah. Namun, saat ini ayam kedu sudah tersebar di berbagai daerah Indonesia. Ayam Cemani banyak diburu oleh banyak orang. Selain banyak peminatnya untuk hewan peliharaan, ayam ini diyakini memiliki khasiat yang dapat menyembuhkan berbagai penyakit, antara lain: dapat menguatkan pinggang dan hati, melancarkan peredaran darah, menghilangkan kelesuan, mengatasi asma, diabetes, migren, dan sebagainya. (Baca Juga: 6 Keistimewaan Ayam Cemani)

Ayam Hutan Kelabu

www.carabudidayaternak.net

www.carabudidayaternak.net

Ayam hutan kelabu merupakan salah satu jenis ayam hutan. Ayam yang berkelamin jantan memiliki ukuran sekitar 80 cm, sedangkan ayam yang berkelamin betina memiliki ukuran sekitar 38 cm.

Ayam Hutan Hijau

bp4kgresik.wordpress.com

bp4kgresik.wordpress.com

Ayam hutan hijau merupakan jenis ayam hutan yang penyebarannya di Pulau Bali, Pulau Jawa, Flores, dan Kangean. Ayam ini memiliki ukuran panjang sekitar 70 cm dan berat badannya sekitar 0,7-1,5 kg.

Ayam Bekisar

ahmadramadlan.wordpress.com

ahmadramadlan.wordpress.com

Ayam bekisar merupakan jenis ayam hasil persilangan antara ayam kampung betina (Gallus domestika) dengan ayam hutan hijau (Gallus varius).

Ayam Balenggek

http://abstrakofruz.blogspot.com/

http://abstrakofruz.blogspot.com/

Ayam balenggek merupakan jenis ayam yang berasal dari Sumatra Barat. Ayam ini cukup pandai dalam berkokok dengan suara merdunya dan iramanya bersusu-susun. Jenis ayam ini dibedakan menjadi 3 macam berdasarkan bentuk fisiknya, atara lain:

Yungkilok Gadang

Ayam ini memiliki penampilan tegap, gagah, dan cantik. Ukuran ayam jantan dewasa sekitar 2 kg dan ayam betina dewasa sekitar 1,5 kg.

Ratiah

Ayam ini memiliki penampilan lebih kecil dan langsing dibandingkan dengan Yungkilok Gadang. Ukuran ayam jantan dewasa sekitar 1,6 kg dan ayam betina dewasa sekitar 0,8 kg.

Ayam Randah Batu

plus.google.com

plus.google.com

Ayam ini memiliki kaki pendek seperti ayam kate. Ukuran ayam jantan dewasa sekitar 1,8 kg dan ayam betina dewasa sekitar 1 kg.

Ayam Pelung

www.situshewan.com

www.situshewan.com

Ayam Pelung merupakan ayam asli Indonesia yang berkembang di daerah Cianjur dan Sukabumi.

Ayam Nunukan

ayamnunukan.blogspot.com

ayamnunukan.blogspot.com

Ayam nunukan merupakan jenis ayam yang berkembang di Pulau Tarakan, Kalimantan Timur dan kemungkinan asalnya adalah Tiongkok. Ayam ini memiliki ciri-ciri, antara lain: Bulu sayap dan ekornya tidak dapat berkembang dengan sempurna, warna bulunya merah atau merah kekuning-kuningan, kaki dan paruhnya kuning atau putih kekuning-kuningan, dan pial dan jenggernya berwarna merah cerah.

Ayam Hutan Merah

ayamhutan-kw1.blogspot.com

ayamhutan-kw1.blogspot.com

Ayam hutan merah merupakan jenis ayan hutan yang penyebarannya cukup luas, antara lain di Indonesia, Tiongkok, dan India. Jenis ayam ini memiliki 5 sub spesies, antara lain: gallus-gallus di Sumatra dan gallus-gallus bankiva di Pulau Jawa dan Madura. Sedangkan ketiga spesies lainnya terdapat di luar Indonesia, yaitu di India dan Bangladesh terdapat gallus-gallus murghi, di Myanmar dan vietnam terdapat gallus-gallus spadiceus, dan di Tiongkok Selatan dan Hainan terdapat gallus-gallus jaboullei.

Ayam Ketawa

www.gambarbinatang.com

www.gambarbinatang.com

Ayam ini memiliki nama yang unik. Hal ini disesuaikan dengan tingkah lakunya yang suka bersuara dan suaranya mirip dengan orang yang sedang tertawa. Untuk kamu yang suka memelihar ayam, mimin sarankan untuk memelihara ayam ini. karena ayam ini mudah dipelihara dan tahan terhadap berbagai jenis cuaca. Baca Juga: Jenis dan Harga Ayam Ketawa)

Ayam Onagodari

bamsbreeder.blogspot.com

Ayam Onagodari merupakan jenis ayam yang berasal dari Jepang. Ayam ini memiliki bulu yang berwarna putih bersih dan ada juga yang berwarna hitam. Bentuk ekornya cukup unik, yaitu berumbai-rumbai panjang, sehingga ayam ini terlihat sangat anggun. Untuk kamu yang ingin memelihara jenis ayam ini, kamu harus siap-siap untuk direpotkan karena ayam ini cukup manja, khususnya dalam hal makanan. Ayam ini akan mogok makan jika kita tidak menyediakan makanan favoritnya.

You Might Also Like

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

You may use these HTML tags and attributes: <a href="" title=""> <abbr title=""> <acronym title=""> <b> <blockquote cite=""> <cite> <code> <del datetime=""> <em> <i> <q cite=""> <s> <strike> <strong>