Umum

Mari Mengenal Bangsa Romawi Kuno

beritaskrg.blogspot.com beritaskrg.blogspot.com

Bangsa Romawi Kuno – Romawi merupakan kekaisaran pada sebuah kerajaan kecil di Italia. Kekaisaran Romawi (Latin: IMPERVM ROMANVM atau Impremium Ramanum) adalah sebuah entitas politik yang pernah berkuasa di Italia saat ini dengan Roma sebagai pusat pemerintahnya. Walaupun kota Roma telah berdiri sejak tahun 753 SM, perlu waktu 500 tahun bagi pemerintah Romawi untuk meneguhkan kekuasaannya hingga melewati semenanjung Italia.

Kapan Julius Caesar memerintah Romawi?

www.missopen.com

www.missopen.com

Julius Caesar dikenang sebagai kaisar Romawi paling terkenal (walaupun Roma masih merupakan sebuah republik semasa hidupnya dan jabatan kaisar belum dibentuk hingga ia meninggal). Dia memerintah Romawi mulai tahun 102 SM sampai 44 SM. Kekuasaan yang dimiliki Julius Caesar didapatkannya ketika ia masih menjabat sebagai salah satu anggota Triumvirat (sebuah dewan pemerintah yang terdiri atas tiga serangkai, ketika itu: Caesar, Pempeius dan Crassus) sebagai pemimpin militer.

Siapakah kaisar Augustus itu?

pixabay.com

pixabay.com

Pada saat terjadinya pertempuran (pertempuran Actium) pada tahun 31 SM melawan Marcus Antonius (83-30 SM), Octavianus berhasil mendesak  Antonius bermaksud menghadiahkan kota Romawi kepada Cleopatra, istrinya, tetapi Octavianus mendengarnya.

Itulah sebab terjadinya pertempuran Actium. Sedangkan Romawi sendiri merupakan kekuasaan Octavianus dari hasil kesepakatan para Triumvirat (terdiri dari Octavianus, Antonius dan Lepidus). Dari kemenangan Octavianus mendeklasikan dirinya sebagai kaisar baru Romawi yang bernama Kaisar Augustus.

Seperti apa pasukan perang bangsa Romawi?

beritaskrg.blogspot.com

beritaskrg.blogspot.com

Bangsa Romawi mempunyai pasukan yang sangat kuat dan disiplin. Dalam sejarahnya mereka mampu menyerang dan menaklukan bangsa-bangsa lainnya dengan pasukan yang sangat besar dan kekuatan yang handal. Dengan perisainya mereka mampu melindungi dalam sebuah kelompok. Formasi yang sangat dikenal ketika musuh menyerang dengan tombak dan panah mereka mampu membentuk formasi kura-kura. Dengan baju besi dan helm bajanya badan mereka mampu terlindungi dari senjata-senjata musuhnya.

Bangunan apakah Coloseum itu?

faqih11.blogspot.com

faqih11.blogspot.com

Coloseum Romawi merupakan tempat para penguasa kerajaan menjaga rakyatnya dari kekacauan dan merupakan tempat hiburan orang-orang Romawi dengan jamuan-jamuan seperti roti. Tempat duduknya lebih dari 50.000 kursi.

Orang-orang yang menonton hiburan tersebut adalah orang-orang yang haus darah pada waktu itu. Semakin ke atas tempat duduknya maka semakin rendah kelasnya. Coloseum dibangun pada 72 Masehi dan selesai pada tahun 80 Masehi. Acara yang dilakukan sebagai program hiburan adalah tiga bulan sekali.

You Might Also Like

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

You may use these HTML tags and attributes: <a href="" title=""> <abbr title=""> <acronym title=""> <b> <blockquote cite=""> <cite> <code> <del datetime=""> <em> <i> <q cite=""> <s> <strike> <strong>