Islam

Batalkah Puasa Kita Jika Menduga Waktu Buka Sudah Tiba?

abiummi.com abiummi.com

Batalkah Puasa Kita Jika Menduga Waktu Buka Sudah Tiba? – Saat menjalankan ibadah puasa waktu yang selalu kita nanti adalah adzan maghrib. Adzan maghrib menandakan waktu berbuka puasa sudah tiba. Sambil menunggu buka puasa tiba biasanya masyarakat disibukkan dengan kegiatannya masing-masing.

Ada pula yang menanti buka puasa dengan ngabuburit (menanti waktu buka). Ngabuburit memang memang menjadi kegiatan rutin yang dilakukan kebanyakan orang yang berpuasa. Tak jarang pula ada orang yang mendengarkan siraman rohani, mengaji dan mendengarkan tadarus al-qur’an.

Jika pada saat tersebut tiba-tiba listrik padam disertai dengan mendung menyelimuti langit, apa yang harus anda lakukan ? Tentu saja banyak orang yang menduga bahwa maghrib telah tiba. Sebagian dari masyarakat yang tak sabar karena menunggu lama sudah pasti menduga bahwa maghrib telah tiba. Ternyata adzan maghrib belum dikumandangkan. Apakah puasa yang dilakukan orang tersebut sah ?

Bagi mereka yang menduga waktu buka telah tiba sedangkan sebenarnya belum maka puasa yang ia jalankan selama satu hari penuh akan sia-sia. Puasanya tidak sah dan wajib untuk mengqadla’ (mengganti di hari lain). Nah, hal ini memang harus diperhatikan bagi semua umat yang menjalankan ibadah puasa. Jangan sekali-kali hanya menduga waktu buka telah tiba tanpa mengetahui kebenarannya. Tentunya anda tidak ingin bukan, puasa yang anda lakukan seharian penuh tiba-tiba batal hanya gara-gara masalah sepele.

Setiap menjalankan ibadah puasa Rassulullah selalu mengajarkan kita untuk senantiasa menjaga dan hati-hati dalam melakukan berbagai tindakan. Jangan sampai kita menyalahi aturan yang telah ditetapkan dalam menjalankan ibadah puasa. Setiap orang yang tidak sengaja melakukan hal-hal yang membatalkan puasa sangat dianjurkan untuk tidak mengulanginya lagi, apalagi jika hal tersebut dilakukan secara sengaja.

Anda harus mengetahui betul-betul apa saja yang membatalkan puasa, jangan sampai anda lalai. Kami yakin anda tahu betul apa saja hal-hal yang dapat membatalkan puasa. Semoga sedikit ulasan yang kami berikan dapat bermanfaat bagi anda. Semoga puasa kita pada tahun ini dapat diterima oleh Allah SWT dan kita senantiasa ditempatkan di kedudukan paling tinggi di surga Allah.

 

You Might Also Like

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

You may use these HTML tags and attributes: <a href="" title=""> <abbr title=""> <acronym title=""> <b> <blockquote cite=""> <cite> <code> <del datetime=""> <em> <i> <q cite=""> <s> <strike> <strong>