Anak, Kesehatan

Berbahayakah Cegukan pada Bayi?

www.exnim.com

Berbahayakah Cegukan pada Bayi? – Cegukan Pada BayiKadang-kadang cegukan pada bayi membuat resah orang tua, apalagi bila mereka baru pertama kalinya memiliki bayi. Hal-hal yang kecil sekalipun bisa membingungkan mereka karena minimnya pengetahuan mengenai bayi baru lahir.

Hal ini sebenarnya tak perlu terjadi karena saat ini informasi mengenai perawatan bayi baru lahir sangat mudah didapat melalui banyak media seperti televisi, tabloid, majalah, ataupun melalui dunia maya. Kita dapat dengan mudah mencari solusi untuk mengatasi berbagai keluhan yang sering terjadi pada bayi seperti pilek, diare, susah BAB, ataupun biang keringat.

Apa yang Terjadi pada Bayi Cegukan?

www.satujam.com

www.satujam.com

Seorang dokter anak yang menjabat sebagai wakil kepala Department of Pediatrics and Adolescent Medicine di Cleveland Clinic Foundation, Ohio, AS bernama Richard Garcia, MD menuturkan bahwa sampai saat ini belum ada obat untuk bayi cegukan karena masih minimnya bukti ilmiah tentang faktor yang menyebabkan cegukan pada bayi.

Cegukan atau istilah kerennya “hiccups” kontraksi yang tak terkontrol dari diagfragma yang terjadi berulang-ulang. Bagi yang belum tahu apa itu diafragma, ini adalah sekat tipis yang membatasi rongga perut dan rongga dada. Kontraksi ini mengakibatkan pita suara tertutup secara mendadak sehingga sesaat menghalangi udara yang hendak masuk ke paru-paru.

Cegukan yang berulang-ulang pada bayi kadang membuat orang tua khawatir. Padahal hal ini tidak mengganggu ataupun menimbulkan rasa sakit pada bayi. Pada bayi baru lahir (0-3 bulan) cegukan kerap terjadi setelah bayi disusui/minum melalui dot. Jadi ini adalah hal yang lumrah terjadi pada hampir semua bayi. Umumnya cegukan akan berhenti dengan sendirinya dalam beberapa menit.

Beberapa Cara Mengatasi Cegukan pada Bayi

www.exnim.com

www.exnim.com

Sebenarnya anda tak perlu melakukan apapun bila bayi anda cegukan karena dalam beberapa saat cegukan akan reda. Namun bila cegukan terjadi lebih dari 5 menit, anda bisa melakukan beberapa upaya untuk membantu meredakan bayi cegukan.

  1. Minum air hangat berdasarkan pengalaman dapat membantu meredakan cegukan pada bayi.
  2. Gendong bayi dengan posisi tegak sebagaimana saat anda ingin menyendawakan bayi. Tepuk-tepuk lembut bagian punggung bayi. Saat bayi menyusu/minum susu formula menggunakan dot seringkali ada udara yang turut masuk ke dalam lambung. Udara yang berlebihan di lambung diduga dapat memicu cegukan.
  3. Bila bayi menggunakan dot, cek lubang pada dot bayi anda. Bila lubang terlalu besar akan mengakibatkan udara yang ikut tertelan lebih banyak. Ganti dot bilamana diperlukan

Sekarang anda sudah paham bagaimana cegukan terjadi pada bayi. Tak perlu resah karena itu adalah hal yang normal, dan akan reda dalam waktu sekitar 5-10 menit. Sekalipun sangat jarang, anda tentunya harus berkonsultasi ke dokter bila cegukan berlangsung hingga berjam-jam atau bahkan selama berhari-hari karena diperlukan pemeriksaan lebih intensif untuk mencari kemungkinan penyebab dari cegukan pada bayi.

You Might Also Like

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

You may use these HTML tags and attributes: <a href="" title=""> <abbr title=""> <acronym title=""> <b> <blockquote cite=""> <cite> <code> <del datetime=""> <em> <i> <q cite=""> <s> <strike> <strong>