Dunia Fauna, Sugar Glider

Bingung Merawat Sugar Glider? Inilah Cara Merawat Sugar glider

wikipedia.org wikipedia.org

Bagi kita yang baru saja memiliki hewan peliharaan, hal pertama yang perlu kita ketahui tentang hewan peliharaan tersebut adalah cara merawat dan kesukaannya. Jika kita tidak tahu bagaimana cara merawat hewan peliharaan kita, tentu saja hewan peliharaan kita akan stress atau sakit dan bahkan mati. Oleh karena itu, sangat penting untuk mengetahui bagaimana cara merawat hewan peliharaan kita. Salah satu hewan yang bisa dijadikan hewan peliharaan adalah sugar glider.Sugar glider ini pada dasarnya merupakan hewan liar yang banyak hidup di pulau Papua. Hewan ini mempunyai keunikan dan terlihat sangat lucu. Selain itu, banyak juga jenis hewan ini. Oleh karena itu, banyak pecinta hewan yang menyukai untuk memelihara sugar glider.

Menjinakkan Sugar Glider

Sugar glider pada dasarnya hewan liar. Karena hewan ini cukup menarik dan lucu, banyak pecinta hewan tertrik untuk menjadikan hewan ini sebagai hewan peliharaan. oleh karena itu, hewan ini masih mempunyai sifat liarnya jika menemukan kondisi atau suasana yang baru.

Hal yang perlu kita lakukan agar hewan ini menjadi jinak adalah kita perlu membiarkan terlebih dahulu di dalam lingkungan barunya selama beberapa hari. Jangan diganggu sebelum hewan ini jinak kepada kita. Selama dalam tahap adaptasi, berikan baju kotor kita di sekitar kandang atau di dalam kandang agar sugar glider mengenali bau kita.

Setelah 2 hari, cobalah untuk memberikan makanan dengan tangan kita sendiri. Namun, kita perlu berhati-hati karena bisa jadi hewan ini masih belum mengenal kita dan mengaggap kita sebagai ancamannya. CObalah terus menerus hingga hewan ini mengenali kita dan menjadi jinak kepada kita.

Makanan Sugar Glider

Pada dasarnya, sugar glider merupakan hewan pemakan segalanya. Namun, terdapat makanan yang paling disukai sugar glider, yaitu makanan yang manis-manis. Oleh karena itu, hewan ini dinamakan sugar, yang memiliki arti gula.

Sugar Glider yang dipelihara, biasanya diberi makanan buah-buahan dan sayur-sayuran. Namun, kita perlu mencoba memberikan makanan buah-buahan atau sayur-sayuran terlebih dahulu karena sugar glider gampang bosan dengan makanan dan setiap sugar glider memiliki makan favorit yang berbeda-beda. Selain itu, sugar glider juga bisa diberi makanan bubur bayi. Namun pemberian makanan bubur bayi ini harus dikombinasikan dengan makanan lain agar gizi yang dibutuhkan oleh sugar glider bisa terpenuhi.

Kandang Sugar Glider

Sugar glider merupakan hewan yang cukup aktif dan suka melompat dari pohon satu ke pohon yang lainnya. Oleh karena itu, perlu disediakan kandang yang tinggi dan luas untuk memelihara hewan ini. Semakin besar kandang untuk sugar glider, semakin bagus bagi sugar glider karena sugar glider bisa leluasa bermain di kandangnya.

Ukuran kandang yang paling kecil untuk sugar glider adalah panjang 60cm, tinggi 40cm, dan lebar 40cm untuk satu atau sugar glider. Ingat ya, ukuran tersebut merupakan ukuran minimal untuk sugar glider. Lebih baiknya sih disediakan kandang yang lebih luas dari ukuran tersebut. Karena sugar glider biasanya sangat aktif ketika malam hari dan kurang aktif ketika siang hari. Jadi, kita jarang sekali melihat keaktifan hewan yang satu ini karena malam hari adalah waktu kita untuk istirahat.

Setelah ukuran kandang terpenuhi, hal selanjutnya yang perlu diperhatikan adalah posisi kandang tersebut. Peletakkan kandang harus diatur sedemikian rupa agar kandang sugar glider terhindar dari sinar matahari secara langsung karena indera penglihatannya akan terganggu jika terkena sinar matahari secara langsung. Selain itu, pastikan juga sirkulasi udara kandang sugar glider baik.

Hal yang terakhir untuk kandang sugar glider adalah kebersihan kandang tersebut. Pastikan untuk selalu menjaga kebersihan kandang sugar glider. Karena hal ini sangat penting untuk menjaga kesehatan sugar glider. Letakkan juga tempat makanan dan minuman untuk sugar glider di dalam kandangnya agar memudahkan kita untuk memberikan makan.

Memandikan Sugar Glider

Untuk menjaga kebersihan sugar glider dan sugar glider peliharaan kita terhindar dari berbagai penyakit, kita perlu untuk memandikan hewan kesayangan kita ini. Jika perlu, kita membuat jadwal untuk memandikan hewan peliharaan kita.

Cara memandikan hewan yang satu ini juga tergolong cukup mudah. Kita hanya perlu mengelapnya dengan menggunakan tissue basah ke seluruh tubuhnya atau kita juga bisa memandikan sugar glider dengan menggunakan air seperti halnya kita memandikan kucing atau hewan peliharaan lainnya. Kemudian jangan lupa, setelah sugar glider dimandikan, harus langsung dikeringkan dengan menggunakan hairdryer.

You Might Also Like

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

You may use these HTML tags and attributes: <a href="" title=""> <abbr title=""> <acronym title=""> <b> <blockquote cite=""> <cite> <code> <del datetime=""> <em> <i> <q cite=""> <s> <strike> <strong>