Seni

Cara Melukis Wajah dengan Menggunakan Teknik Dasar

http://www.drakemedia.net/

Lukisan adalah salah satu bentuk karya seni yang bisa dirasakan keindahannya oleh penikmat seni. Seni lukis berkaitan penting dengan namanya gambar. Banyak sekali teknik dilakukan untuk bisa mendapatkan karya seni yang indah dan bernilai jual tentunya. Sejak zaman dahulu seni lukis sudah tidak asing lagi, namun yang membedakannya adalah media san tekbik yang digunakan.

Zaman dulu, lukisan yang bisa dinikmati biasanya lukisan dari arang, kapur, atau bahan-bahan yang mudah kita jumpai. Seni lukis pada dasarnya adalah seni rupa pengembangan dalam menggambar. Melukis merupakan kegiatan mengolah sebuah medium dua dimensi untuk mendapatkan kesan tertentu yang tentunya tersirat dalam karya seni tersebut.

Bagi para pecinta lukisan, karya seni jenis ini bukan hanya sekedar kumpulan warna yang tergabung tanpa adanya sebuah makna, melainkan ada pesan tersirat dalam goresan kuas itu. (Baca juga: Lukisan 3D, Karya Seni Paling Menakjubkan yang Terlihat Seperti Nyata)

Berbicara mengenai melukis wajah, hal pertama yang harus kamu ketahui adalah dengan membuat garis bantu, dengan tujuan untuk mempermudah dalam proses melukis. Berikut ini beberapa metode yang digunakan ketika melukis wajah dan bisa langsung kamu praktekkan.

Baca juga: Deretan Lukisan Termahal di Dunia Sepanjang Sejarah

Metode Pertama Yakni dengan Melukis Wajah Wanita Menggunakan gambar dasar ovaL

http://orig04.deviantart.net/

http://orig04.deviantart.net/

  1. Pada dasarnya bentuk wajah itu tidak sepenuhnya bulat, maka dari cobalah membuat sketsa dengan gambar dasar oval, tetapi pada bagian bawahnya dibuat sedikit runcing dibandingkan bagian atasnya. Kemudian berikan peta-peta bentuk oval yang sudah dibuat menjadi 4 bagian dengan menggunakan garis bantu.
  2. Untuk menempatkan posisi hidung dan mulut maka buatlah garis 2 garis bantu pada bagian awal, sesuaikan dengan bentuk wajah yang akan kamu lukis. Pada bagian garis horizontal pemetaan pertama buatlah 2 buah lingkaran sebagai tempat untuk menggambar mata nantinya.
  3. Pada bagian setengah lingkaran yang atas gunakanlah untuk tempat menggambar alis, sedangkan pada bagian bawah gunakan sebagai tulang pipi. Jika takut ukuran mata berbeda, maka tambahkan gambar bantu sehingga ukuran mata sebelah kiri dan kanan sama.
  4. Ketika ukuran mata yang kamu gambar sudah dirasa sempurna lanjutkan dengan menggambar bagian bola matanya. Buatlah satu lingkaran lagi untuk menggambar bagian kelopak matanya. Dan untuk mempertegas batas antara hidung dan rongga mata, tambahkan sedikit bayangan hitam, hal ini juga membuat gambar terlihat lebih nyata.
  5. Langkah selanjutnya adalah membuat telinga. Sebelum menggambar lebih jauh pastikan dahulu bagian bawah telinga sejajar dengan bagian bawah hidung, sedangkan untuk bagian atas telinga sejajarkan dengan alis. Perlu juga untuk dipastikan gambar telinga yang dibuat menempel dengan dasar wajah.
  6. Untuk rambut, pastikan untuk yang posisi sejajar dengan hidung dan diarahkan ke luar tentunya. Kemudian untuk leher, buat dari titik pertemuan antara garis horizontal yang paling bawah dengan bagian bawah pada wajah.
  7. Setelah semua tahap tadi selesai langkah terakhir adalah mempertegas bentuk gambar dengan memberikan sedikit bayangan disekitar bibir, hidung dan mata. Semakin tegas bayangannya maka gambar akan terlihat semakin tua.

Baca juga: 7 Aliran Seni Lukis dan Karya Fenomenalnya yang Pernah Ada

Metode Kedua, Yakni dengan Melukis Wajah Pria Menggunakan Gambar Dasar Bulat

http://www.drakemedia.net/

http://www.drakemedia.net/

  1. Pertama-tama kita buat lingkaran terlebih dahulu, setelah itu buat garis vertikal melebihi gambar lingkaran sampai bawah, garis ini bertujuan untuk menegaskan bahwa gambar yang akan dibuat menghadap ke depan
  2. Buat garis untuk menentukan bentuk pipi, dagu dan rahang. Selanjutnya buat sketsa untuk menentukan panjang, lebar serta menentukan dimana letak mata, hidung, telinga, dan mulut.
  3. Setelah selesai, selanjutnya membuat sketsa detail rambut dan garis leher. Kemudian membuat garis halus di sekitar area wajah dengan menggunakan ujung runcing pada pensil, dengan tujuan mempertegas gambar, menentukan highlights gambar agar nampak lebih hidup.
  4. Tahap terakhir yakni kembali memperjelas bagian-bagian penting, misalkan mata, alis, hidung, telinga, dan mulut menggunakan ujung pensil yang agak tebal. Setelah sampai ke tahap ini barulah garis-garis bantu tadi dihapus.

Baca juga: Gambar Lukisan Hasil Tangan-tangan Kreatif

Metode Ketiga Menggunakan Bentuk Wajah Sesuai dengan Keinginan

http://orig01.deviantart.net/

http://orig01.deviantart.net/

  1. Buatlah gambar dasar sesuai yang kamu inginkan, bisa bulat, oval, persegi atau apalah.
  2. Langkah berikutnya, menggunakan langkah-langkah pada metode pertama dan kedua tadi. Dengan membuat garis bantu untuk menentukan letak hidung, mata, mulut dan telinga.
  3. Selanjutnya garis batu untuk menentukan ukuran mata, hidung, mulut, dan telinga yang akan dibuat.
  4. Buat sketsa bentuk mata, hidung, dan mulut. Selanjutnya ke tahap menambahkan detail rambut. Untuk model rambut isa kamu sesuaikan dengan selera.
  5. Gunakan ujung pensil yang runcing untuk menambahkan detail halus di area sekitar mata, mulut, hidung, dan telinga.
  6. Selanjutnya tambahkan bentuk alis dengan menggunakan ujung pensil yang agak besar. Setelah semua tahap selesai hapus garis bantu yang dibuat di awal tadi.

Baca juga: 5 Pelukis Terkenal Dunia dengan Karya Fenomenal

Sekian artikel mengenai teknik melukis wajah dengan 3 metode sederhana, jangan lupa untuk menyempurnakan hasil lukisan tambahkan pula warna.

You Might Also Like

One comment

  1. 1

    itu klo untuk melukis menggunakan tinta juga sama ya mas juki caranya
    dan salam dari indonesia online mas

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

You may use these HTML tags and attributes: <a href="" title=""> <abbr title=""> <acronym title=""> <b> <blockquote cite=""> <cite> <code> <del datetime=""> <em> <i> <q cite=""> <s> <strike> <strong>