Bisnis Online, Tutorial

Cara Membangun Backlink

SEO Off Page 6 Cara Membangun Backlink dengan Mudah

Salah satu faktor yang paling utama dan juga paling kompleks untuk mendapatkan ranking bagus pada mesin pencari adalah dengan membangun link, semakin banyak link yang mengarah pada suatu website/blog maka akan semakin baik rankingnya pada mesin pencari, sehingga pengunjung blog pun kemungkinan akan semakin banyak. Link yang mengarah kesuatu website dari website lainnya ini sering disebut backlink.

Jika dianalisis lebih mendalam, website/blog yang berada pada halaman pertama google merupakan website/blog yang memiliki banyak sekali backlink. Sebagai contoh misalnya pada blog http://fimadani.com, blog ini memiliki banyak sekali backlink. Bagaimana agar bisa tahu perkiraan jumlah backlink pada suatu website/blog? Anda bisa menganalisa perkiraan jumlah backlink dengan menggunakan website pengecek backlink seperti www.ahrefs.com, www.backlinkwatch.com atau www.opensiteexplorer.org. Caranya tinggal masukan alamat website/blog yang akan dicek seperti ditunjukan oleh gambar dibawah ini:

Lihat Jumlah Backlink

Cara Cek Backlink dengan menggunakan backlinkwatch.com

Jika sudah dimasukan kemudian klik “check backlinks”, dan akan muncul tampilan seperti gambar berikut:

 

Trafik Blog

Meningkatkan Trafik dengan Backlink Berkualitas

Bisa Anda lihat tanda panah pada gambar diatas menunjukan bahwa blog tersebut diperkirakan memiliki total backlinks sebanyak 26875, dan itu adalah jumlah backlink yang sangat banyak, maka tidak heran jika blog http://fimadani.com memiliki ranking yang bagus pada mesin pencari Google.

Untuk mendapatkan backlink dengan mudah terdapat beberapa cara, berikut ini adalah cara-cara yang untuk mendapatkan backlink dengan mudah.

Berkomentar Pada Website/Blog Orang Lain

Cara termudah untuk mendapatkan backlink gratis adalah dengan berkomentar pada website/blog milik orang lain dan menyertakan link menuju blog Anda. Pada kolom komentar suatu website/blog biasanya berisi alamat email, nama, dan alamat website. Berikut ini gambar contoh kolom komentar

Cara Mendapatkan Backlink Gratis

Cara termudah untuk mendapatkan backlink gratis adalah dengan berkomentar pada website/blog

Pada kolom “Email” masukan alamat email Anda, kemudian untuk kolom “Name” isi dengan kata kunci yang Anda target, nantinya kata kunci tersebut akan menjadi anchor text menuju link blog Anda. Kemudian untuk kolom “Website” isi dengan link menuju blog Anda. Hasil dari berkomentar tersebut akan menjadi backlink dengan anchor text kata kunci yang ditarget.

Contoh Komentar di Blog Orang Lain

Berkomentar di Blog Orang Lain Merupakan Salah Satu Mendapatkan Backlink Gratis

Link Dari Forum

Cara lainnya untuk mendapatkan backlink adalah melalui forum. Di internet banyak sekali web forum yang bisa Anda kunjungi, Anda bisa mencarinya melalui mesin pencari google.com. Cara untuk mendapatkan backlink dari forum yaitu dengan memanfaatkan fitur forum signature. Forum signature dibuat pada saat mendaftar menjadi anggota/member suatu forum, biasanya pada setting account/profile anggota. Jadi Anda harus mendaftar jadi anggota forum dulu untuk dapat memanfaatkan fitur ini, dengan fitur forum signature ini Anda bisa membuat backlink yang bagus untuk blog Anda.

Bertukar Link

Cara lainnya untuk mendapatkan backlink yaitu dengan cara betukar link, Anda bisa saling bertukar link dengan orang lain yang memiliki website/blog. Anda bisa menaruh link website/blog partner di sidebar blog atau pada halaman khusus, dan mintalah orang lain yang menjadi partner untuk menaruh link Anda pada website/blog mereka. Anda bisa menghubungi pemilik website/blog melalui halaman “Contact/Kontak” untuk mengajak mereka bertukar link. Jadi dengan cara ini akan terjadi proses yang saling menguntungkan satu sama lain, Anda memperoleh backlink dari website/blog orang lain, dan orang lain juga mendapatkan backlink dari blog Anda.

Link Dari Blog Directory

Cara lainnya untuk mendapatkan backlink dan pengunjung blog yaitu dengan memasukan blog Anda pada direktori blog (blog directory) populer. Berikut ini beberapa blog directory yang sering saya gunakan untuk mendapatkan backlink:

http://www.technorati.com

http://www.blogcatalog.com

http://www.topblogarea.com/add.php

http://www.bloghints.com

http://www.blogflux.com

http://www.ontoplist.com

http://www.globeofblogs.com

http://www.bloggingfusion.com

http://www.blogarama.com/add-a-site

http://www.blog.com

http://www.blogdigger.com/add.jsp

http://www.blogs.com/submit

http://dir.yahoo.com

Sebelum bisa memasukan link blog Anda ke website-website diatas Anda harus mendaftar terlebih dahulu (sign up) gratis. Setelah daftar dan log in lalu ikutilah petunjuk yang ada dan masukan link blog Anda sesuai dengan kategori.

Link Dari Situs Social Bookmark

Situs social bookmark adalah situs yang berisi kumpulan website-website favorite orang lain, dalam situs ini orang-orang berbagi mengenai websitewebsite yang menurut mereka menarik dan bermanfaat. Dengan memanfaatkan situs-situs social bookmark ini blog Anda bisa mendapatkan pengunjung blog sekaligus mendapatkan backlink. Berikut ini beberapa situs social bookmark yang sering saya gunakan. Situs social bookmark untuk blog berbahasa inggris:

https://www.stumbleupon.com

http://slashdot.org

http://www.reddit.com

http://www.delicious.com

http://www.nettraject.com

http://www.digg.com

http://www.social-bookmarking.net

http://linkagogo.com

http://www.newsmeback.com

http://fwisp.com

Situs social bookmark untuk blog berbahasa Indonesia:

http://www.lintas.me

http://www.infogue.com

http://www.okenesia.com

http://bookmarkindonesia.com

http://blogger-id.com

http://www.indofeed.com

http://populerkan.com

http://www.travelbagus.com

http://www.sentrasolo.com

http://beritapilihan.com

Untuk memasukan blog ke situs-situs social bookmark tersebut, Anda harus daftar dulu ke masing-masing website agar bisa log in, setelah log in kemudian Anda masukan link blog post Anda ke website-website diatas.

Masukan blog ke Google Webmaster Tools

Untuk memasukan blog ke webmaster tools kunjungi link berikut http://www.google.com/addurl/?continue=/addurl, lalu masukan alamat blog Anda. Jika Anda harus log in, masukan saja username dan password google account Anda. Selain itu masukan juga blog Anda ke link berikut http://blogsearch.google.com/ping. Tujuannya adalah agar blog Anda lebih cepat ter-index pada mesin pencari google.

Keuntungan dari teknik SEO ini yaitu jika blog Anda sudah memiliki banyak backlink, maka blog tersebut akan mendapatkan pengunjung dari mesin pencari secara otomatis (auto pilot) tanpa harus selalu meng-update blog. Backlink biasanya akan berpengaruh terhadap trafik pengunjung blog setelah 2 – 3 minggu, jadi bersabarlah dan terus perbanyak backlink.

You Might Also Like

2 Comments

  1. 1

    kenapa ya, sudah banyak kali melakukan blogwalking tapi, backlink blog aku tidak meningkat juga

  2. 2

    Terimakasih atas informasinya 🙂 membantu banget… oh ya gan yang bagian “Link Dari Blog Directory” kok ane kunjungi gak ada tomblog signup/signin nya ya?

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

You may use these HTML tags and attributes: <a href="" title=""> <abbr title=""> <acronym title=""> <b> <blockquote cite=""> <cite> <code> <del datetime=""> <em> <i> <q cite=""> <s> <strike> <strong>