Kerajinan

Cara Membuat Kerajinan Tangan dari Botol Bekas

satujam.com satujam.com

Kamu bisa membuat kerajinan tangan dari barang bekas. Salah satu barang bekas yang bisa dijadikan kerajinan tangan adalah botol bekas. Botol bekas termasuk limbah plastik yang sulit untuk di urai dan saat ini banyak sekali produk minuman yang menggunakan botol dari plastik.

Sehingga semakin hari semakin banyak botol bekas di tempat sampah. Agar botol bekas tersebut tidak mengotori lingkungan kita, maka kita perlu menjadikan botol bekas ini menjadi suatu produk yang bermanfaat. Salah satu cara adalah dengan menjadikan botol bekas menjadi berbagai kerajinan tangan yang menarik dan bermanfaat.

Banyak kerajinan tangan yang dapat dibuat dengan menggunakan botol bekas. Selain itu, beberapa kerajinan tangan yang terbuat dari botol bekas juga memiliki nilai jual yang cukup tinggi. Untuk mengetahui kerajinan tangan apa saja yang dapat dibuat dengan botol bekas, berikut beberapa contoh kerajinan tangan dari botol bekas beserta cara membuatnya.

Lampu Hias dari Botol Bekas

satujam.com

satujam.com

satujam.com

botol bekas bisa dimanfaatkan menjadi kerajinan lampu hias yang tidak kalah cantik dengan lampu hias yang dijual di toko dengan harga yang mahal. Membuat lampu hias dengan botol bekaspun tidak terlalu sulit. Kamu bisa membuatnya di rumah dengan bahan dan peralatan yang sangat sederhana.

Baca juga: Cara Membuat Kerajinan Tangan Lampu Hias dan Pigura dari Kardus Bekas

Bahan dan Peralatan yang Dibutuhkan Antara Lain:

  1. Botol bekas
  2. Sendok plastik
  3. Gunting atau silat
  4. Lem pelekat plastik

Cara Membuat Lampu Hias dari Botol Bekas

  1. Potong botol bekas menjadi dua bagian.
  2. Potong juga sendok plastik.
  3. Tempelkan potongan sendok ke botol bekas dengan menggunakan lem hingga semua botol tertutup dengan sendok plastik.
  4. Lampu hias dari botol plastik siap untuk digunakan.

Sapu dari Botol Bekas

satujam.com

satujam.com

Daripada membeli sapu dengan harga mahal, kamu lebih baik membuat sapu dengan memanfaatkan botol bekas yang ada di rumah. Cara membuat sapu dari botol bekas juga sangat mudah. Kamu cukup menyediakan beberapa bahan dan peralatan. Bahan dan peralatan yang perlu disediakan antara lain:

  1. Botol bekas
  2. Kayu untuk pegangan sapu
  3. Gunting

Baca juga: 30 Cara Mudah Membuat Kerajinan Tangan dari Barang Bekas

Cara Membuat Sapu dari Botol Bekas

  1. Potong bagian ujung botol.
  2. Potong membentuk seperti sapu.
  3. Gabungkan beberapa botol agar sapu lebih kuat dan awet.
  4. Beri kayu dibagian ujung.
  5. Sapu dari botol bekas siap untuk digunakan.

Vas Bunga dari Botol Bekas

satujam.com

satujam.com

Botol bekas ternyata bisa juga dijadikan sebagai vas bunga. Untuk membuat vas bunga dari botol bekas juga sangat mudah. Bahan yang diperlukan juga sangat sederhana, yaitu botol bekas dan gunting. (Baca juga: 7 Contoh Kerajinan Tangan dari Sedotan)

Cara membuatnya juga cukup dengan memotong botol menjadi dua bagian. Potong-potong botol tersebut, lalu lipat-lipat potongan tersebut. Vas bunga dari botol bekas siap untuk digunakan.

Kebun Vertikal dari Botol Bekas

satujam.com

satujam.com

Ingin menghias halaman rumah? Tidak perlu pusing, manfaatkan saja botol bekas menjadi pot bunga dan gantung pot bunga dari botol bekas tersebut di dinding halaman seperti pada gambar diatas. (Baca juga: 7 Macam Kerajinan Tangan dari Kain Flanel)

Cara membuatnya, yaitu dengan menyediakan botol sesuai kebutuhan. Potong bagian tengah botol untuk meletakkan pupuk dan tanah. Letakkan tanaman yang kamu sukai di dalam botol tersebut. Halaman rumah kamu akan terlihat jauh lebih cantik.

Pot Bunga Gantung dari Botol Bekas

satujam.com

satujam.com

Untuk menjadikan pot bunga kamu terlihat lebih cantik dan lucu, kamu bisa membuatnya dari botol bekas. Caranya adalah dengan menyediakan botol bekas. Kemudian, potong botol bekas menjadi dua bagian, lalu beri sedikit sentuhan seni dengan mengecat dan menghias botol bekas tersebut. Gantung pot bunga tersebut ke tempat yang diinginkan.

Kanopi dari Botol Bekas

satujam.com

satujam.com

satujam.com

Kanopi biasanya harganya sangat mahal. Namun, kamu bisa menghemat banyak uang dengan memanfaatkan botol bekas menjadi kanopi. Cara membuatnya adalah dengan menyusun botol bekas seperti pada gambar diatas. Agar kanopi terlihat lebih cantik, maka beri warna pada bagian ujung botol dengan warna yang kamu inginkan.

Dompet dari Botol Bekas

satujam.com

satujam.com

Dompet biasanya terbuat dari kain atau bahan sejenisnya. Namun, kali ini dompet bisa dibuat dari botol bekas. Cara membuat dompet dari botol bekas ini pun cukup mudah.

Langkah pertama yang harus dilakukan adalah dengan menyediakan dua botol yang sama. Potong kedua botol tersebut dibagian ujungnya. Sediakan pula resleting, lalu gabungkan kedua potongan botol tersebut dengan resleting yang sudah dijahit seperti pada gambar diatas. Dompet dari botol bekas siap untuk digunakan.

You Might Also Like

4 Comments

  1. 1

    waw, luar biasa… walaupun bekas tapi banyak manfaatnya… ide yang sangat luar biasa. semoga bisa mengurangi sampah plastik seperti botol tersebut…

  2. 2

    Bagus banget!!!!

  3. 3
    lukmen lope bian

    iss jelek sekaliiii tau,klo buat itu yang bagus coba gak ada yang lain kah??

  4. 4

    Amazing..thanks for share.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

You may use these HTML tags and attributes: <a href="" title=""> <abbr title=""> <acronym title=""> <b> <blockquote cite=""> <cite> <code> <del datetime=""> <em> <i> <q cite=""> <s> <strike> <strong>