Anak, Kesehatan

Cara Mencegah Sinusitis yang Mengganggu Aktifitas Anak Anda

www.ibudanbalita.com

Cara Mencegah Sinusitis – Sinusitis umumnya sulit diatasi sampai tuntas dan sering menimbulkan komplikasi atau gangguan pada organ lain. Radang telinga tengah (congekan), bronchitis kronis, infeksi lambung (gastritis) kronis adalah sebagian penyakit yang didasari oleh sinusitis. Komplikasi lain yang dapat berakibat fatal adalah penyebaran infeksi ke selaput  otak (meningitis).

Oleh karena itu sebaiknya kita mencegah jangan sampai anak kita mengalami penyakit yang satu ini.Sinusitis adalah istilah untuk infeksi/radang pada sinus paranasal (rongga-rongga yang ada di sekitar hidung). Penyakit ini lebih mudah terjadi bila daya tahan anak rendah sehingga tidak bisa melawan kuman yang masuk ke dalam tubuhnya dengan baik.

Anak dengan bakat alergi juga lebih rentan terkena sinusitis karena mereka umumnya lebih sering mengalami ISPA (Infeksi Saluran Pernapasan Akut) seperti radang tenggorokan, amandel, atau batuk-pilek. ISPA yang tak tertangani dengan baik beresiko menimbulkan sinusitis.

Gejala Sinusitis pada Anak

www.ibudanbalita.com

www.ibudanbalita.com

Awalnya anak akan mengeluh nyeri pada dahi, nyeri kepala sebelah, nyeri juga dirasakan di belakang kepala bila anak berkonsentrasi.  Anak banyak mengeluarkan dahak terutama di pagi hari. Bila ini dibiarkan tanpa penanganan yang tepat, biasanya dalam 3 bulan menjadi sinusitis kronis dimana tumbuh polip di rongga sinus. Gejala yang dirasakan hidung tersumbat dan pilek tak kunjung sembuh. Ingus juga keluar juga mengalir turun ke tenggorokan sehingga anak sering mengeluarkan dahak.

Dahak ini juga mengandung kuman, bila masuk ke saluran paru-paru (bronkus) akan menimbulkan bronkitis kronis. Komplikasi ini cukup sering terjadi sampai muncul istilah khusus sino-bronkitis untuk bronkitis kronis yang disebabkan oleh sinusitis kronis. Bila ini terjadi anak akan mengalami sesak napas.

Pencegahan Sinusitis pada Anak

penyakitsinus.com

penyakitsinus.com

Beberapa upaya dapat anda coba agar anak anda tak terserang sinusitis:

  1. Jangan anggap remeh ISPA. Bila dalam beberapa hari keluhan anak tak kunjung reda, segera konsultasi ke dokter untuk mendapat terapi yang adekuat dan mencegah komplikasi.
  2. Minum antibiotik sesuai anjuran dokter.
  3. Anak yang amandelnya sering bermasalah (>5 kali/tahun) sebaiknya dipertimbangkan untuk menjalani operasi amandel.
  4. Optimalkan daya tahan tubuh anak dengan makanan bergizi dan jaga kebersihan agar anak terhindar dari ISPA. Ingat setiap kali anak terserang ISPA ada kemungkinan berkembang menjadi sinusitis.

Terapi Sinusitis

www.solusisehatku.com

www.solusisehatku.com

Sinusitis kronis biasanya sulit diobati. Pada kasus yang sering kambuh, dokter akan menganjurkan untuk menjalani operasi. Prosedur ini menggunakan metode bius lokal ataupun total sehingga anak tak akan merasa sakit selama tindakan.

Saat ini kemajuan teknologi dalam alat kedokteran juga sangat pesat. Dengan alat canggih seperti endoscope dan microscope khusus, operasi sinusitis makin tinggi angka keberhasilannya dan resiko efek samping bisa ditekan seminimal mungkin.

Ada sedikit perbedaan antara operasi sinusitis pada anak-anak dan pada penderita dewasa. Sebagaimana kita ketahui bersama anak-anak masih dalam masa pertumbuhan, maka teknik operasi yang dilakukan pada anak-anak tak seradikal operasi pada pasien dewasa. Jumlah jaringan yang diambil pada anak-anak tak sebanyak orang dewasa, karena diharapkan seiring dengan pertumbuhannya, anak sel-sel baru yang lebih sehat dapat tumbuh.

Mengingat sinusitis sulit disembuhkan dan tak semua orang mempunyai dana khusus untuk operasi sinusitis, mencegah sinusitis adalah tindakan yang bijaksana. Setelah mengetahui bagaimana proses terjadinya infeksi/radang pada sinus para nasalis, kita tak bisa lagi menganggap remeh ISPA pada anak-anak. Bila anak kita punya kecenderungan alergi, penanganan yang tepat perlu dilakukan agar tak berkembang menjadi sinusitis.

You Might Also Like

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

You may use these HTML tags and attributes: <a href="" title=""> <abbr title=""> <acronym title=""> <b> <blockquote cite=""> <cite> <code> <del datetime=""> <em> <i> <q cite=""> <s> <strike> <strong>