Anak, Keluarga

Cara Mengatasi Biang Keringat pada Bayi

mengatasibiangkeringat.com mengatasibiangkeringat.com

Cara Mengatasi Biang Keringat pada Bayi – Masalah biang keringat pada bayi dialami oleh hampir semua bayi di negara kita yang beriklim tropis. Sebagaimana gumoh/muntah pada bayi yang juga kerap dialami anak anda. Di jawa penyakit ini populer dengan nama “keringet buntet”.

Sekalipun keluhan ini sudah sangat lazim terjadi tak semua orang tua mengetahui tips mengatasi biang keringat pada bayi. Masalah ini bermula dari sumbatan pada kelenjar keringat.

Kelenjar yang tersumbat ini mengakibatkan timbulnya bintik-bintik merah di kulit dan rasa gatal yang bisa membuat bayi menjadi rewel. Biang keringat umumnya di bagian tubuh yang tertutup seperti paha, punggung, leher. Keluhan hilang timbul, reda pada saat cuaca sejuk atau dingin dan kambuh di saat cuaca panas.

Jenis-Jenis Biang Keringat

Cara Mengatasi Biang Keringat

Biang keringat ternyata terdiri dari beberapa jenis. Mari kita tambah wawasan kita tentang biang keringat, sebelum kita membahas bagaimana mengatasi biang keringat secara efektif.

Biang keringat pada permukaan lapisan jangat

Gejala : bintik-bintik berisi air, mudah pecah, kulit tampak mengelupas, kering atau tampak kasat. Ini jenis yang paling sering terjadi, karena lokasinya dangkal, umumnya mudah sembuh dengan sendirinya. Bayi juga biasanya tidak rewel.

Biang keringat pada bagian dalam lapisan jangat

Gejala : bintil-bintil merah pada kulit (beruntusan), disertai rasa gatal. Bayi tampak rewel, sulit tidur karena terganggu rasa gatal pada area yang mengalami biang keringat.

Biang keringat di bawah lapisan jangat

Sumbatan terjadi di lapisan subkutis yang letaknya lebih dalam daripada lapisan jangat. Tampilannya mirip dengan jerawat batu, bintil-bintil yang muncul bila diraba terasa keras. Biasanya terjadi di daerah yang suhunya sangat panas. Untungnya sekalipun Indonesia beriklim tropis yang cuacanya relatif panas, kasus ini jarang terjadi karena angin yang berhembus di negara kita membuat suhu udara tidak terlalu panas.

Tips Mengatasi Biang Keringat pada Bayi

mengatasibiangkeringat.com

mengatasibiangkeringat.com

Beberapa hal yang perlu anda lakukan agar bayi kita terhindar dari gangguan biang keringat adalah :

Mandi Teratur

Mandikan bayi secara teratur 2 kali sehari, bersihkan dengan seksama tubuh bayi terutama bagian lipatan-lipatan kulit.

Keringat Tubuh

Keringkan tubuh bayi setelah mandi dengan handuk berbahan lembut sampai tubuhnya benar-benar kering.

Penggunaan Bedak

Pengunaan bedak secukupnya saja, jangan terlalu tebal. Penggunaan bedak yang berlebihan justru beresiko menimbulkan sumbatan pada kelenjar keringat.

Bersihkan Keringat pada Bayi

Bila bayi berkeringat, seka dengan waslap basah lalu keringkan dengan handuk. Segera ganti baju bayi yang basah terkena keringat agar bayi selalu merasa nyaman.

Baju Bahan Katun

Pilih baju bayi dari bahan katun yang bersifat mudah menyerap keringat. Hindari pakaian bayi yang terlalu sempit.

Ventilasi Rumah

Ventilasi yang baik sangat perlu agar pertukaran udara dalam ruangan dapat berjalan dengan baik.

Sebagian besar kasus biang keringat dapat dicegah dan diatasi di rumah. Namun tetap waspada mengamati biang keringat yang dialami bayi anda. Biang keringat dapat mengalami infeksi. Gejala yang tampak adalah timbulnya bintik-bintik putih, bahkan kadang-kadang timbul nanah.

Segera konsultasikan kondisi bayi anda ke dokter. Biasanya dokter akan meresepkan salep khusus untuk mengatasi peradangan akibat infeksi. Bilamana perlu dokter juga akan memberikan antibiotik untuk mengatasi biang keringat pada bayi anda.

You Might Also Like

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

You may use these HTML tags and attributes: <a href="" title=""> <abbr title=""> <acronym title=""> <b> <blockquote cite=""> <cite> <code> <del datetime=""> <em> <i> <q cite=""> <s> <strike> <strong>