Seni

Cara Mudah Belajar Menggambar Beserta Langkah-langkahnya

dianmeliantari.blogspot.com dianmeliantari.blogspot.com

Menggambar adalah kegiatan membentuk sebuah imajinasi, dengan menggunakan banyak pilihan dan teknik. Alat yang biasanya digunakan adalah alat-alat sederhana, misalnya saja pensil, kertas gambar, pensil warna jika dibutuhkan dan tentunya penggaris dan penghapus. Untuk objek yang sering dipakai adalah gambaran kehidupan nyata dan hanya penuangan dari imajinasi seseorang.

Seperti yang kita semua ketahui, menggambar adalah salah satu pelajaran yang banyak digemari anak-anak. Bahkan ketika masih di bangku taman kanak-kanak, kita tidak bisa lepas dari satu jenis matapelajaran ini. Sadar atau tidak, ketika kita masih berada di taman kanak-kanak semua yang kita pelajari tersebut bertujuan untuk meningkatkan dan menyeimbangkan sistem kerja otak, dan dengan menggambarlah sistem kerja otak kanan akan ditingkatkan.

Baca juga: Tokoh Wayang

Karena perkembangan teknologi yang semakin pesat, kini menggambar ada teknik dengan menggunakan media digital juga. Tetapi kita tidak akan membahas mengenai teknik digitalnya melainkan lebih ke manualnya.
Sebenarnya, tahapan dalam proses menggambar ada 3 tahapan yakni tahap persiapan, kemudian tahap pembuatan dan terakhir proses penyelesaian. Berikut ini beberapa langkah penting yang perlu untuk kamu ketahui ketika akan menggambar.

Mempersiapkan Alat dan Bahan yang Diperlukan

azizah-hapsari.blogspot.com

azizah-hapsari.blogspot.com

Untuk peralatan dan bahan, kamu hanya membutuhkan beberapa saja dan tidak terlalu susah untuk didapatkan seperti saat kamu akan melukis. Kebanyakan seniman menggunakan beberapa jenis pensil dengan karakter yang berbeda untuk bisa menghasilkan suatu gambar yang bernilai seni tinggi. (Baca juga: Perkembangan Seni Rupa dari Masa ke Masa)

Setelah memilih beberapa pensil, selanjutnya memilih medium gambar. Untuk media, ada banyak jenis kertas gambar namun untuk hasil yang lebih bagus maka pilihlah kertas gambar yang mampu menampilkan warna dengan jelas.

Mulai Menggambar

http://1.bp.blogspot.com/

http://1.bp.blogspot.com/

Tentukan dahulu objek yang akan kamu gambar. Perlu juga untuk kamu perhatikan adalah bagaimana cara memegang pensil, karena caramu memegang pensil adalah salah satu keahlian yang perlu dimiliki oleh seorang seniman. Hal ini sangat menentukan bagaimana hasil goresan diatas kertas nanti. Jika cara memegang pensilmu seperti saat sedang menulis, hasil garisnya akan menjadi pendek dan lebih detail.

Lain lagi jika kamu memegangnya sampai bagian belakang pensil, hasil garisnya akan menjadi lebih panjang. Nah, kalau kamu memegang pensil dengan telunjuk dan ibu jari, garisnya akan jadi lebih panjang lagi. Mari kita coba langsung menggambar dengan menggunakan objek sederhana seperti di bawah ini.

Baca Juga: Pengertian, Fungsi, dan Jenis Seni Rupa Terapan

Minion

twimg.com

twimg.com

Seperti yang bisa kamu lihat pada gambarnya. Pada dasarnya cara menggambar rata-rata menggunakan garis bantu, karena nantinya akan memudahkan kamu untuk menyempurnakan gambar kamu. Pertama buatlah sebuah lingkaran dengan memberikan garis vertikal dan horizontal yang memotong lingkaran tersebut.

Kemudian tambahkan lagi garis dibawah lingkaran sehingga membentuk tubuh bagian bawah seperti nampak seperti pada gambar. Langkah selanjutnya, tebalkan pada bagian kepala dengan memberikan sedikit hiasan yang nampak seperti rambut, selanjutnya turun lagi ke bawah yakni dengan membentuk kacamata dan bibirnya.

Tambahkan lingkaran kecil seperti gambar sehingga membentuk seperti pada gambar. Setelah bagian kepala selesai, lanjutkan dengan tubuh bagian bawahnya, bisa kamu ikuti instruksi langsung dari gambarnya sehingga nantinya akan mendapatkan hasil gambar seperti hasilnya.

Tidak perlu kamu sempurnakan dahulu, karena penyempurnaan ada pada tahap akhir nanti. Jangan lupa untuk garis bantu pada awal tadi dihapus untuk memberikan kesan bahwa kamu professional dengan tidak menggunakan garis bantu.

Bunga Matahari

http://www.myindischool.com/

http://www.myindischool.com/

Pada dasarnya untuk gambar bunga matahari ini juga terhitung mudah. Langkah pertama yakni dengan menggambar 2 buah lingkaran dengan ukuran yang berbeda. Untuk nantinya digunakan sebagai inti bunga yakni lingkaran dengan ukuran yang kecil, sedangkan untuk ukuran yang besar digunakan untuk tempat menggambar kelopak bunga nantinya.

Langkah berikutnya tambahkan garis membentuk layaknya batang dan daun pada bagian bawah lingkaran dengan tumpuan utama lingkaran dengan ukuran yang besar. Setelah selesai lanjutkan dengan menggambar kelopak bung, usahakan panjang kelopak tidak keluar dari lingkarang besar.

Jangan lupa tambahkan sedikit garis-garis yang berlawanan pada lingkaran kecilnya untuk menambah detail kalau lingkran kecil tersebut adalah bagian inti bunga. Berikan sedikit garis melngkung pada bagian gambar yang digunakan sebagai daun.

Tahap Penyempurnaan

dianmeliantari.blogspot.com

dianmeliantari.blogspot.com

Pada tahap ini, seorang seniman dituntut untuk mampu membayangkan bagaimana hasil karyanya ketika diberikan warna, apakah itu bernilai seni ataukah hanya seperti gambar biasa. Sebenarnya untuk tahap belajar tidak diperlukan tahap penyempurnaan. (Baca Juga: 11 Alat Musik Tradisional)

Namun pada dasarnya tahap penyempurnaan adalah tahap memeriksa kembali gambar yang sudah selesai kita buat kemudian menambahkan gambar ketika ada detail gambar yang dirasa masih kurang. Tetapi akan lebih bagus lagi jika seorang seniman memberikan sentuhan warna, arsir maupun sedikit bayangan sebagai tahap final dalam menggambar.

You Might Also Like

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

You may use these HTML tags and attributes: <a href="" title=""> <abbr title=""> <acronym title=""> <b> <blockquote cite=""> <cite> <code> <del datetime=""> <em> <i> <q cite=""> <s> <strike> <strong>