Dunia Ikan, Ikan Koki

Cara Merawat Ikan Mas Koki Mutiara

indonetwork.co.id

Cara Merawat Ikan Koki Mutiara – Ikan koki mutiara atau disebut juga ikan mas koki mutiara merupakan salah satu jenis ikan koki yang memiliki keunikan tersendiri. Ikan yang berasal dari daratan cina ini termasuk salah satu ikan hias yang diminati oleh para pecinta ikan hias. Para pecinta ikan hias menyukai jenis ikan koki ini karena ikan ini memiliki keunikan di bagian tubuh dan sisiknya.

Tubuhnya membulat seperti bola dan sisiknya terlihat seperti mutiara. Selain itu, Para pecinta ikan hias menyukai jenis ikan ini karena perawatan ikan koki mutiara ini tergolong cukup mudah. Sehingga, kita tidak direpotkan dalam merawat ikan ini dan kita masih tetap bisa menikmati keindahan yang dimiliki oleh ikan koki mutiara. Bagi kamu yang baru memelihara jenis ikan ini dan belum memahami cara merawat ikan koki mutiara ini, Berikut beberapa tips untuk kamu dalam merawat ikan koki mutiara.

Menyediakan Air Pump

Merawat ikan koki mutiara sebenarnya tidak ada perbedaan secara signifikan dengan merawat ikan koki lainnya. Semua ikan koki membutuhkan gelembung udara jika di pelihara didalam akuarium, termasuk ikan koki mutiara. Oleh karena itu, sediakanlah alat penghasil gelembung udara di akuarium (air pump). Hal ini bertujuan untuk menjaga kestabilan oksigen di dalam akuarium dan menjaga kejernihan air akuarium.

Hiasan Akuarium

Memberikan berbagai ornamen, seperti pasir, batu-batuan, dan tanaman dapat menambah keindahan akuarium. Namun, terkadang ornamen-ornamen tersebut dapat mengotori air akuarium dan air yang kotor dapat menimbulkan berbagai penyakit pada ikan. Oleh karena itu, kita perlu membersihkan ornamen-ornamen tersebut sebelum memasukkan ke dalam akuarium.

Makanan Ikan Koki Mutiara

Memberikan makan kepada ikan koki mutiara juga harus diperhatikan. Kita bisa membuat jadwal untuk memberikan makan ke ikan peliharaan kita agar ikan dapat tumbuh dengan baik. Biasanya, ikan koki mutiara diberi makan pada waktu pagi dan sore. Selain itu, perhatikan juga takaran dalam memberi makan ikan. Belikanlah makan secukupnya sesuai jumlah ikan yang kita pelihara. Jangan sampai makanan tersebut tesisa di dalam akuarium. namun, hal tersebut memang cukup sulit. Oleh karena itu, periksa selalu makanan sisa ikan. Jika ada makanan yang tersisa, segera ambil sisa makanan tersebut. Hal ini bertujuan agar air akuarium tidak kotor.

Membersihkan Akuarium

Kebersihan air sangat penting untuk keberlangsungan hidup ikan koki peliharaan kita. Oleh karena itu, kita perlu mengontrol kebersihan air akuarium. Jika air akuarium sudah kotor, segeralah ganti air tersebut. Namun, biasanya air akan kotor sekitar dua minggu setelah kita menggantinya. Maka, buatlah jadwal dua minggu sekali untuk mengganti air akuarium ikan peliharaan kita.

Cara Mengganti Air Akuarium

Dalam mengganti air akuarium, ada beberapa langkah yang perlu diperhatikan. Yang pertama adalah pindahkan terlebih dahulu ikan dari akuarium dengan menggunakan jaring ke bak yang sudah terisi air. Selanjutnya, bersihkan akuarium dengan menggunakan spon dan perlengkapan pembersih lainnya. Setelah akuarium dibersihkan, isi kembali akuarium dengan air bersih. Oh ya, gunakanlah air yang sudah diendapkan selama sekitar dua hari. Kemudian, ikan koki mutiara peliharaan kita sudah bisa dimasukkan kembali di dalam akuarium. Nyalakan air pump untuk memberikan gelembung udara di dalam akuarium.

Nah…Itulah lima tips dalam merawat ikan koki mutiara peliharaan. Lakukanlah kelima tips tersebut secara rutin untuk menjaga kesehatan ikan koki mutiara peliharaan kita. Jika perlu, buatlah jadwal untuk membersihkan akuarium. Sekian postingan kali ini tentang cara Merawat Ikan Mutiara.

You Might Also Like

One comment

  1. 1

    Terimakasih gan infonya sangat bermanfaat 🙂

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

You may use these HTML tags and attributes: <a href="" title=""> <abbr title=""> <acronym title=""> <b> <blockquote cite=""> <cite> <code> <del datetime=""> <em> <i> <q cite=""> <s> <strike> <strong>