Dunia Fauna, Kelinci

Bingung Bagaimana Cara Merawat Kelinci Dengan Benar? Inilah Langkah-langkahnya

animalplanet4u.wordpress.com animalplanet4u.wordpress.com

Kelinci merupakan hewan mamalia yang banyak dipelihara oleh banyak orang. Karena kelinci memiliki tingkah yang lucu dan wajah yang imut. Selain itu, kelinci juga dapat dimanfaatkan daging dan bulunya. Jenis kelinci peliharaan juga sangat banyak. Sehingga, para penggemar kelinci bisa memilih jenis kelinci peliharaan apa yang di sukai dan akan dipelihara.

Harga kelinci peliharaan juga tidak terlalu mahal. Namun, sebagian orang yang baru memelihara kelinci belum bisa merawat kelinci dengan benar. Padahal, hewan yang satu ini cukup mudah perawatannya jika kita mengetahui cara merawatnya. Berikut ini langkah-langkah dalam merawat kelinci dengan benar.

Makanan Kelinci

Makanan favorit hewan yang satu ini adalah sayur-mayur dan umbi-umbian, seperti kangkung, wortel, kol, sawi, daun ketela rambat, dan sebagainya. Namun, kebanyakan orang yang baru memelihara kelinci lebih sering memberikan kelincinya sayuran atau umbi-umbian segar. Padahal, sayuran atau umbi-umbian segar dapat mengakibatkan kelinci mencret , bahkan mati. Hal ini disebabkan sayuran atau umbi-umbian segar banyak mengandung air. So, sayuran atau umbi-umbian seperti apa yang tidak mengakibatkan kelinci mencret atau mati?

Sayuran atau umbi-umbian untuk makanan kelinci harus layu karena sayuran atau umbi-umbian yang layu pasti kadar airnya sudah menurun. Caranya agar sayuran atau umbi-umbian cepat layu adalah sayuran atau umbi-umbian dijemur terlebih dahulu sampai daun berwarna kekuning-kuningan.

Kelinci juga dapat diberi makan pelet ikan jika kita tidak punya waktu untuk menjemur sayuran atau umbi-umbian. Selain pelet ikan, pelet yang khusus untuk kelinci juga sudah banyak tersedia di supermarket atau petshop.

Jadwal Makan Kelinci

Waktu yang tepat untuk memberi makan kelinci sekitar jam 18.00-07.00. Karena kelinci lebih suka makan pada waktu malam hari. pagi harinya, kita bisa melepas kelinci peliharaan kita agar kelinci bisa bermain dan makan makanan yang ada di sekitarnya. Selain itu, kita juga bisa membersihkan kandang kelinci.

Kandang Kelinci

Salah satu hal yang penting dalam memelihara kelinci adalah kandang kelinci. Kita perlu menyediakan kandang yang cukup untuk kelinci. Hal ini bertujuan agar kelinci merasa nyaman dan betah tinggal di kandang tersebut. Karena, kelinci akan mengalami stress yang mengakibatkan gangguan pada kesehatan kelinci jika kelinci merasa tidak nyaman di kandang barunya.

Dalam membuat kandang, pastikan juga tempat untuk beristirahat, tempat makan, dan tempat minum tersedia di kandang kelinci. Biasanya, kandang yang ideal untuk kelinci berukuran 50X50 cm. Selain itu, kandang kelinci juga harus didesain sedemikian rupa agar sinar matahari dapat masuk ke dalam kandang. Hal ini berfungsi untuk menghindari kandang lembab yang dapat menyebabkan penyakit jamur pada kelinci. Bagian bawah kandang juga perlu dibuat berlubang-lubang agar kotoran kelinci bisa langsung jatuh ke tanah.

Membersihkan Kandang Kelinci

Hal yang paling membuat kita males saat memelihara kelinci adalah membersihkan kandang secara teratur. Terkadang, kita sangat rajin membersihkan kandang pada saat awal-awal memelihara kelinci. Namun, selanjutnya kita lebih sering lupa atau males untuk membersihkan kandang kelinci. Hal ini berakibat sangat fatal terhadap kesehatan kelinci.

Kelinci bisa terkena penyakit gudiken atau berjamur di badannya, terutama di bagian hidung dan telinganya. Oleh karena itu, jika kita sudah memutuskan untuk memelihara kelinci, kita wajib membersihkan kandang kelinci setiap hari secara teratur.

 Gambar Kelinci

dhuhanamutiara.wordpress.com

dhuhanamutiara.wordpress.com

animalplanet4u.wordpress.com

animalplanet4u.wordpress.com

rabbitboyolali.wordpress.com

rabbitboyolali.wordpress.com

hewan.co

hewan.co

jurnalasia.com

jurnalasia.com

kelincihias.blogdetik.com

kelincihias.blogdetik.com

id.naturewallpaperfree.com

id.naturewallpaperfree.com

imgkid.com

imgkid.com

finance.detik.com

finance.detik.com

anneahira.com

anneahira.com

woon.wordpress.com

woon.wordpress.com

ndungnoerfaizzah.wordpress.com

ndungnoerfaizzah.wordpress.com

kelincihias.blogdetik.com

kelincihias.blogdetik.com

kelincisoreangs.blogspot.com

kelincisoreangs.blogspot.com

You Might Also Like

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

You may use these HTML tags and attributes: <a href="" title=""> <abbr title=""> <acronym title=""> <b> <blockquote cite=""> <cite> <code> <del datetime=""> <em> <i> <q cite=""> <s> <strike> <strong>