Bisnis Online, Tutorial

Cara Setting Account Adsense

Belajar Google Adsense Setting Google Adsense

Jika Anda sudah mempunyai akun adsense, hal yang perlu Anda lakukan adalah mengatur settingan akun adsense Anda. Caranya cukup mudah. Anda hanya perlu melakukan beberapa settingan pada akun adsense. Pertama, hal yang perlu Anda lakukan adalah membuka google adsense di http://www.google.com/adsense. Selanjutnya, Anda dapat log in dengan menggunakan username dan password Anda.

Setelah Anda masuk ke akun google adsense, ada beberapa tahapan untuk setting akun adsense Anda. Langkah-langkah yang berlu Anda lakukan untuk setting akun google adsense Anda, sebagai berikut:

Personal Setting

Setelah Anda masuk ke akun google adsense Anda, Anda tapat langsung setting akun google adsense Anda dengan klik gambar seperti gir yang berada di pokok kanan sebelah email Anda. Setelah itu, Anda dapat klik menu “Setting“. Perhatikan gambar berikut ini:

Personal Settings

Gambar Personal Settings di Google Adsense

Pada bagian menu “Settings” Anda akan melihat bagian Personal Settings, Account Information, site management, add display, dan Access and  authorization. Pertama yang perlu disetting adalah “Personal Settings“.  Pengaturan “Personal settings” ini merupakan data yang akan digunakan oleh pihak Google Adsense bila sewaktu-waktu akan berkomunikasi dengan Anda, misalnya jika tim Google Adsense akan memberi pesan pada Anda melalui email, maka pesan tersebut akan dikirim ke email Anda yang ada pada setting ini yaitu pada bagian “Contact Email”.

Untuk merubah pengaturan “Personal Settings” ini, isi “Contact name” dengan nama Anda jika nama Anda terdiri dari 3 suku kata isi pada bagian “First name” dengan nama pertama dan pada bagian “Last name” dengan nama terakhir Anda.

Contoh:

Jika nama Anda terdiri dari 1 kata misalnya “Beni”, maka Anda bisa menambahkan kata tambahan seperti ini:

“First name: Beni”

“Last name: Agus”

Jika nama Anda hanya terdiri dari 2 suku kata misalnya “Beni Agus” maka tulis saja seperti ini:

“First name: Beni”

“Last name: Agus”
Jika nama Anda hanya terdiri dari 3 suku kata maka Anda bisa tulis seperti ini:

“First name: Bapak/Ibu”

“Last name: Beni”

Sehingga menjadi “Bapak Beni”.

Untuk “Contact email” kami sarankan menggunakan email yang sama dengan email log in Anda, jadi pilihlah “Use log in email”. Untuk “Contact Phone” isi dengan nomor telepon/handphone Anda. Pada bagian “Display language” Anda bisa memilih bahasa yang Anda inginkan. Setelah semuanya diisi jangan lupa klik “Save”.

Account Information

Setelah Anda setting “Personal Settings”, maka langkah selanjutnya yang perlu disetting adalah “Account Information”. perhatikan contoh informasi akun pada gambar dibawah ini:

Informasi Akun

Gambar Account Information di Google Adsense

Publisher ID” adalah keterangan mengenai nomor identitas publisher, setiap publisher Adsense memiliki Publisher ID yang berbeda-beda. “Customer ID” adalah identitas Anda sebagai pelanggan Google Adsense dalam menerima pembayaran komisi. “Time Zone” pilih saja pada waktu standar Indonesia (+07:00) Jakarta. “Active products” berisi tentang “Content 68% publisher revenue share” artinya bahwa dalam program Google Adsense ini publisher mendapatkan keuntungan sebesar 68% dari setiap klik yang dihasilkan dan sisanya yaitu 32% adalah keuntungan bagi Google.

Payment settings

Payment setting ini berfungsi untuk mengatur pembayaran komisi dari program Google Adsense. Caranya adalah klik gambar seperti gir yang berada di pokok kanan sebelah email Anda. Setelah itu, Anda dapat klik menu “Payments“. Perhatikan gambar berikut ini:

Cara Google Adsense

Gambar Payment pada Google Adsense

Pada bagian menu “Payments” Anda akan melihat bagian Payee name dan Form of Payment. Payee name adalah nama Anda yang digunakan untuk menerima pembayaran dari Adsense nantinya. Form of Payment adalah untuk mengatur mengenai bagaimana cara Anda akan mendapatkan pembayaran. Klik “edit” maka Anda akan melihat tampilan seperti gambar dibawah ini:

cara membuat google adsense

Gambar Payment Satting pada Google Adsense

Lalu klik “Add a new form of payment”, dan akan muncul tampilah berikut:

penghasilan dari google adsense

Pilihan Cara Pembayaran Komisi Google Adsense

Pada bagian “Payment settings” ini Anda memiliki tiga pilihan cara pembayaran komisi Google Adsense, yaitu: Wire Transfer, check, dan Western Union. Anda dapat memilih salah satu dari ketiga cara dalam pembayaran dari google adsense. Terserah Anda cara yang mana dari ketiga cara pembayaran tersebut yang Anda anggap lebih mudah.

Pada setting standar, pembayaran komisi Google Adsense akan bisa dicairkan setiap bulan jika penghasilan Adsense sudah mencapai $100 atau lebih. Jika dalam suatu bulan penghasilan Anda belum mencapai $100 maka Anda belum bisa memperoleh pembayaran komisi Adsense pada bulan tersebut, tetapi akan di akumulasikan atau ditambahkan ke bulan berikutnya, dan akan dibayarkan jika sudah mencapai batas minimal pembayaran (payment threshold) yaitu $100. Untuk pengaturan setting lainnya seperti setting “Site management”, “Ad display” dan “Acceess and authorization”, biarkan saja dalam keadaan standar tidak perlu di edit.

Ok, sampai disini semua setting utama akun Google Adsense telah selesai. Semoga artilel ini mennambah pengetahuan Anda tentang google adsense dan semoga bermanffat bagi Anda.

You Might Also Like

19 Comments

  1. 1

    makasih gan.tp gajian saya masih lama.huhu

  2. 2

    google sudah ngasih akun adsense ke saya, habis itu nyuruh ngasih iklan di web saya dengan pesan judul aja tanpa isi, trus iklannya ndak muncul, saya perhatikan sebelum alamat email pada akun adsense ada tulisan hostet warna merah, kok tempat say ndak muncul ya gan ?

  3. 3

    akunnya tu dri youtube ya & mas danu upgrade k non-hosted?
    kl kya gtu brrt google blm approve akun mas danu. nnt kl dah full approve, iklannya bakalan muncul

  4. 4

    Baru punya adsense mampir kesini pas bgt kebantu sama artikelnya makasih ya

  5. 5

    Baru buat akun youtube adsense ko balance masih nol ya? Rp.0,- padahal iklannya udah muncul gmn solusinya?

  6. 6

    saya sudah daftar/ buat akun adsensse, cuma mau setting seperti langkah diatas kok saat mau pilih “Add a new form of payment”, tidak muncul gan? apakah akun saya belum di approve ?

  7. 7

    kemungkinannya ada dua
    1. belum di approve
    2. nunggu pin atau penghasilan $10

  8. 8

    saya sudah daftar adsense dan sudah dapat pin, tapi kok waktu mau setting payment method yang ada cuma via bank, kok via western union sama via check gak ada, kenapa ya mas bos ??

  9. 9

    kalo tulisannya kyk gini kenapa ya

    Payment settings

    Your selections

    Payment schedule
    Monthly ($100.00 threshold)Configure
    Payment method
    None selected
    You can only select a payment method after the finalized earnings in your transaction history have reached at least $10.00 or your local currency equivalent. Learn more about payment method threshold
    Available payment methods

    No payment methods have been added yet.

  10. 10

    Nanti kalo penghasilan adsense udah $10, kamu baru bisa nentuin cara pembayarannya (gajian). Kalo saldo adsense nya udah $100, uangnya baru bisa cair. tp itu bisa di setting juga sih, lebih dari $100 juga bisa.

  11. 11

    mas masalah saya sama dengan Mas Danu di atas, jadi ada tulisan bahwa “Akun AdSense Anda hanya diizinkan untuk menampilkan iklan di YouTube. Jika Anda ingin menampilkan iklan di situs lain, Anda perlu memberi kami URL situs yang ingin dimonetisasi” lalu maksud dengan upgrade k non-hosted berarti blog saya yang sebelumnya blogspot.com harus dirubah menjadi .com tanpa Blogspot.com mas? misalkan begitu kenapa saya harus buat blogspot jika adsense tidak mau menampilkan iklan di Blogspot, mohon maaf jika pertanyaan saya terlalu panjang. mohon bimbingannya mas.

  12. 12

    iya, kalo mau akun adsense nya non-hosted harus di upgrade menggunakan domain TLD. dulu saya daftarnya make .tk yang gratisan. Jadi, dari blogspot saya ganti jadi .tk. emang akun edsense yang hosted bisanya cuma iklan d youtube. dulu sih blogspot bisa di adsense hosted.

  13. 13

    adsense ane udah 100$ lebih gan, tapi metode pembayaranya belum bisa di ubah. solusinya doang gan

  14. 14

    harusnya sih udah. coba ubah dulu min. payout k $100

  15. 15

    Okelah settingnya anggap aja mudah.
    Ngisi earningnya gan yg susah, haha..

  16. 16

    mas…kok adsense ane pake rupiah ya? bukan dollar

  17. 17

    mau tanya mas…knapa mata uang di adsense sya pake rupiah bukan dollar

  18. 18

    tuk akun baru d sesuaikan dengan mata uang negaranya.

  19. 19

    mas,,cara memasang beberapa iklan dalam satu video gmna y mas? mohon petunjuk ny mas,

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

You may use these HTML tags and attributes: <a href="" title=""> <abbr title=""> <acronym title=""> <b> <blockquote cite=""> <cite> <code> <del datetime=""> <em> <i> <q cite=""> <s> <strike> <strong>