Dunia Ikan, Ikan Louhan

Cara Ternak Ikan Louhan

indobettafish.com

Ingin berternak ikan louhan? Berternak atau membudidayakan ikan louhan ternyata tidak sesulit mencerahkan warna ikan louhan. Bahkan, beternak ikan louhan bisa dilakukan oleh semua orang asalkan mereka tahu caranya dan caranya sangat mudah sekali. Berikut ini cara beternak ikan louhan.

Menyediakan Akuarium dan Perlengkapannya

Hal pertama yang perlu kita lakukan dalam beternak ikan louhan adalah menyiapkan akuarium dan perlengkapan lainnya. Kita harus menyediakan akuarium yang memiliki ukuran sekitar 40 cm untuk lebarnya, 70 cm untuk panjangnya, dan 40 cm untuk tingginya. Namun, jika ada akuarium yang panjangnya sekitar 1 meter, itu lebih baik.

Setelah itu, kita juga harus menyediakan berbagai perlengkapan akuarium untuk ikan louhan. Selain itu, kita juga harus menyediakan sekat kaca yang dipasang di tengah-tengah akuarium. Sekat kaca ini berfungsi untuk menghindari agar ikan louhan tidak berkelahi. Karena ikan louhan memiliki kebiasaan mempertahankan wilayahnya.

Air Akuarium

Masalah yang perlu diperhatikan adalah masalah tentang air untuk akuarium. Karena setiap daerah memiliki kadar ph yang berbeda-beda. Untuk itu, kita bisa menyiasatinya dengan cara mengendapkan air terlebih dahulu selama beberapa jam sebelum air dimasukkan di dalam akuarium.

Cara ini berfungsi untuk mengurangi kadar ph yang terkandung dalam air. Selain itu, kita juga dapat menambahkan garam yang khusus untuk ikan (garam ini biasanya banyak dijual di toko ikan hias). (Baca Juga: Cara Merawat Ikan Louhan)

Makanan Untuk Ikan Louhan

Ikan yang akan diternakkan perlu diperhatikan makanannya, terutama pada saat 2 minggu sebelum ikan louhan mulai diternakkan. Hal ini bertujuan agar ikan louhan mampu menghasilkan bibit-bibit yang berkualitas. (Baca Juga:

Usahakan pakan yang akan diberikan ke ikan louhan merupakan pakan alami yang mengandung banyak protein dan gizi, seperti cacing, jangkrik, udang, dan lainnya. Jangan memberikan ikan louhan makanan buatan saat ikan louhan akan diternakkan. Karena makanan buatan seperti pelet biasanya mengandung pewarna yang dapat mempengaruhi kesuburan ikan louhan.

Memilih Indukan yang Berkualitas

Pemilihan indukan yang akan diternakan sangat mempengaruhi kualitas anakan ikan. Jika indukan ikan louhan memiliki kualitas yang baik, kemungkinan besar anakan ikan nantinya akan memiliki kualitas yang baik pula, begitu juga sebaliknya. Oleh karena itu, kita perlu memilih indukan yang memiliki kualitas terbaik. Selain itu, pilihlah jenis ikan louhan yang memiliki harga cukup mahal di pasaran agar kita mendapatkan keuntungan yang besar jika kita berniat menjual hasil ternak.

Menjodohkan Ikan Louhan

Setelah perlengkapan dan ikan dipilih, kita saatnya menjodohkan ikan louhan. Masukkan ikan louhan di dalam akuarium yang sama. Namun, akuarium masih dibatasi dengan sekat kaca di bagian tengahnya. Amatilah gerak-gerik kedua ikan louhan tersebut. Jika ikan louhan bertengkar, jangan membuka sekat kacanya terlebih dahulu hingga keduanya saling mengenal. Jika kedua ikan louhan sudah saling mengenal dan akrab, saatnya sekat kaca bisa dibuka.

Sekat kaca dilepas secara berlahan. Amati kembali kedua ikan louhan tersebut. Jika kedua ikan tersebut berkelahi, kita perlu memasang sekat kacanya kembali. Namun, jika kedua ikan tidak berkelahi, berarti kedua ikan sudah bersedia untuk dijodohkan. Biasanya ikan louhan yang sudah cocok akan saling menggesek-gesekkan badannya sambil menggoyang-goyangkan ekornya.

Langkah selanjutnya adalah menutup akuarium dengan kertas yang berwarna gelap agar ikan bisa menikmati bulan madunya dengan tenang. he……. Tapi jangan sampai lupa, sebelum menutup akuarium dengan kertas gelap,berikan makanan yang agak banyak agar kedua ikan tidak kelaparan.

Ikan Louhan Mengeluarkan Telurnya

Setelah ikan louhan berbulan madu, biasanya sekitar 1-2 hari kemudian, dasar akuarium akan dipenuhi oleh telur ikan. Telur yang memiliki warna putih susu merupakan telur yang gagal dibuahi. Sedangkan, telur yang memiliki warna bening dan terdapat bintik-bintik spot hitam merupakan telur yang berhasil dibuahi.

Kedua induk akan berusaha menjaga telurnya dengan cara mengipas-ngipasi telurnya dengan sirip dengan tujuan memberikan sirkulasi udara pada telur. Pada tahap ini, biarkan kedua ikan tetap di dalam satu akuarium berserta telurnya. Berikanlah makanan yang banyak. Karena ikan louhan akan memakan telurnya jika tidak ada makanan.

Semua telur akan menetas sekitar 48 jam setelah telur dikeluarkan dari perut ikan louhan betina. Setelah telur-telur tersebut menetas, saatnya kita memisahkan anakan ikan louhan dengan induknya agar tidak terjadi suatu hal yang tidak kita inginkan.

Gambar Ikan Louhan

Ikan louhan memiliki banyak jenisnya. Ada jenis ikan louhan cencu, ikan louhan kamfa, ikan louhan golden red, ikan louhan strom, dan sebagainya. Berikut ini beberapa gambar ikan louhan yang mungkin salah satunya mirip dengan ikan louhan kamu.

kaskus.co.id

kaskus.co.id

indobettafish.com

indobettafish.com

farrayroom.blogspot.com

farrayroom.blogspot.com

oetzoe.blogspot.com

oetzoe.blogspot.com

f15louhan.blogspot.com

f15louhan.blogspot.com

farrayroom.blogspot.com

farrayroom.blogspot.com

hargakaskuser.blogspot.com

hargakaskuser.blogspot.com

farrayroom.blogspot.com

farrayroom.blogspot.com

kaskus.co.id

kaskus.co.id

severelic.wordpress.com

severelic.wordpress.com

anekaikanhias.com

anekaikanhias.com

You Might Also Like

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

You may use these HTML tags and attributes: <a href="" title=""> <abbr title=""> <acronym title=""> <b> <blockquote cite=""> <cite> <code> <del datetime=""> <em> <i> <q cite=""> <s> <strike> <strong>