Dunia Fauna

Ciri-ciri dan Fakta Mengenai Bintang Laut

id.up-wallpaper.com id.up-wallpaper.com

Bintang laut merupakan hewan tak bertulang belakang atau invertebrate yang hidup di laut dengan poster tubuh menyerupai bintang atau memiliki lima lengan. Bintang laut termasuk filum Echinodermata dan kelas Asteroidea. Meskipun tak bertulang belakang, namun bintang laut memiliki rangka yang berfungsi sebagai perlindungan diri. Sedangkan kaki-kaki bintang laut berfungsi untuk merayap.

Ciri-ciri Bintang Laut

www.digaleri.com

www.digaleri.com

Bintang laut merupakan hewan detrivor atau pemakan materi organik semacam kotoran dan bangkai laut. Bintang laut memiliki ciri-ciri yaitu:

  1. Tubuhnya memiliki 5 lengan yang masing-masing ujung lengan memiliki sensor
  2. Ujung tentakel terdapat bintik merah yang peka terhadap cahaya
  3. Permukaan tubuh pada bagian atas tertutup duri-duri tumpul
  4. Anus bintang laut justru terletak di bagian atas, sedangkan mulutnya terletak di bagian bawah (permukaan oral)
  5. Tentakel terletak pada permukaan oral
  6. Tubuh bintang laut pada umumnya berwarna biru, ungu, hijau tua, atau campuran antara warna-warna tersebut.
  7. Banyak dijumpai di daerah pasang surut pantai
  8. Memiliki kemampuan autotomi atau memustuskan bagian tubuh sebagai upaya perlindungan diri
  9. Memiliki kemampuan regenerasi atau mampu melakukan pemulihan tubuh yang rusak dengan cepat.

Bagaimana Cara Bintang Laut Bergerak?

pixabay.com

pixabay.com

Bintang laut memiliki lempeng dorsal yang berlubang-lubang dan saluran cincin yang memiliki cabang ke lima kakinya atau biasa disebut saluran radial. Di bawah lengan bintang laut terdapat alur yang cukup dalam yang dimulai dari mulut sampai ujung lengan.

Alur ini disebut dengan celah ambulakral. Di dalam celah ambulakral terdapat kaki tabung dengan ujung lengket yang berfungsi sebagai alat penggerak. Kaki tabung pada setiap lengan bintang laut berpasangan dengan gelembung berotot atau disebut ampula.

Dari saluran radial air masuk menuju ampula. Ketika ampula berkontraksi, maka air akan masuk ke kaki tabung, akibatnya kaki tabung menjulur. Proses menjulurnya kaki tabung inilah proses bintang laut bergerak dari satu tempat ke tempat yang lain.

Fakta Unik Tentang Bintang Laut

www.digaleri.com

www.digaleri.com

Bintang laut merupakan hewan unik yang memiliki duri di permukaan tubuhnya yang halus. Ada beberapa hal unik yang menjadikan bintang laut kian menarik yaitu:

Tidak semua bintang laut memiliki 5 lengan

Ternyata meskipun ia dijuluki bintang laut yang identik dengan 5 bagian tubuh, namun tak semua bintang laut memilikinya, misalnya bintang matahari yang sejenis dengan bintang laut memiliki 40 lengan.

Bintang laut bukan termasuk bangsa ikan

Dikatakan bangsa ikan jika hewan tersebut bernapas dengan insang dan hidup di laut. Meskipun bintang laut hidup di laut, namun ia tak bernapas dengan insang. Bintang laut juga tak memiliki sirip untuk berenang. Jika ikan bergerak dengan cara mendorong tubuhnya, maka bintang laut bergerak dengan cara menjulurkan kaki tabungnya.

Lengan bintang laut dapat tumbuh kembali

Bintang laut memiliki kemampuan autotomi layaknya cicak, sehingga ketika salah satu lengannya putus, ia akan mampu tubuh kembali. Pemutusan lengan berfungsi untuk melindungi diri dari predator laut. Proses pertumbuhan lengan ini biasanya berlangsung sekitar satu tahun.

Ada ribuan spesies bintang laut

Ternyata jenis bintang laut tak hanya satu seperti yang kita ketahui, namun ada sekitar 2.000 spesies bintang laut. Masing-masing spesies berada di zona-zona tertentu seperti zona interdial, di perairan yang dalam, perairan di daerah tropis maupun daerah yang dingin.

Bintang laut merupakan Echinodermata

Termasuk dalam filum Echinodermata karena bintang laut termasuk hewan simetris radial atau memiliki lima titik simetris.

Sistem Pencernaan dan Ekologi Bintang Laut

sinar-fals.blogspot.com

sinar-fals.blogspot.com

Mulut bintang laut terletak di tengah cakram di bawah tubuhnya. Mulut tersebut terletak di sebelah kerongkongan pendek yang berhubungan dengan lambung besar. Lambungnya memiliki lima cabang. Makanan yang masuk dicerna oleh getah lambung, lalu dikirimkan kelima cabang usus yang kemudian sisanya akan dibuang melalui anus.

Secara ekologi, bintang laut masuk dalam ekosistem terumbu karang tertentu, pemakan detritus dan predator. Habitat bintang laut sendiri biasanya berada di daerah lamun dan daerah rumput laut.

You Might Also Like

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

You may use these HTML tags and attributes: <a href="" title=""> <abbr title=""> <acronym title=""> <b> <blockquote cite=""> <cite> <code> <del datetime=""> <em> <i> <q cite=""> <s> <strike> <strong>