Dunia Fauna

Ciri-ciri dan Jenis Beruang yang Masih Tersisa

ivanildosantos.blogspot.com ivanildosantos.blogspot.com

Mungkin akan menjadi realitas sulit dalam menemukan beruang di Indonesia, selain karena beruang memang tidak berhabitat di Indonesia, tapi juga karena kelangkaan spesies beruang yang mulai menyita perhatian. Ada begitu banyak jenis beruang di dunia.

Namun, tahukah Anda? Dari sekian banyak jenis beruang yang ada di dunia ini, kini hanya tersisa delapan jenis beruang yang tersebar di Asia, Amerika, dan Eropa.

Ciri-ciri Beruang

Beruang merupakan hewan Soliter atau hidup menyendiri, dan akan benar-benar berkumpul hanya dalam masa kawin saja. Tergolong hewan pemanjat pohon dan memiliki indra penciuman yang baik. Tak hanya itu, bahkan beruang mampu berenang dan berlari dalam kecepatan yang fantastis.

Tubuhnya yang besar tak membuat kemampuan berlarinya kalah dari hewan predator yang lain. Beruang mampu berlari hingga kecepatan 35 meter/jam. Beruang memiliki otot bahu yang kuat, juga lengan besar dan kuat yang biasa digunakan untuk menggali tanah, mematahkan tulang dan mengangkat beban seperti batang pohon.

Keunikan inilah yang membuat beruang banyak diburu. Populasinya kian berkurang. Ancaman perburuan tak hanya pada manusia, tapi juga sesama predator lain seperti puma dan srigala yang biasa menangkap anak beruang.

Delapan Jenis Beruang yang Masih Tersisa

Beruang Hitam atau Ursus Americanus

www.klausbrodersen.dk

www.klausbrodersen.dk

Beruang hitam terbagi menjadi dua spesies yaitu Cinnamon Bear dan Kermode Bear. Mereka berhabitat di benua Amerika Utara, mulai dari Meksiko hingga Kanada. Beruang hitam Amerika memiliki berat antara 75 sampai 225 kg. Ia juga termasuk keempat terbesar dari delapan spesies beruang di dunia.

Beruang Hitam Asia atau Asiatic Black Bear

pgcpsmess.wordpress.com

pgcpsmess.wordpress.com

Beruang Hitam Asia memiliki dua supspesies yaitu Formosan Blcak Bear dan Beruang Hitam Pakistan atau Pakistan Black Bear. Beruang Hitam Asia sendiri memiliki nama latin Selenarctos thibetanus, yang merupakan jenis beruang pemakan segala atau Omnivora, selain itu beruang ini juga memiliki bentuk tubuh berupa medium.

Untuk penyebaran habitat meliputi Iran, Afganistan, Pakistan, hingga Himalaya. Tak hanya itu, ia juga dapat ditemui di Bangladesh, Laos, dan Shikoku Jepang.

Beruang Coklat atau Ursus arctos

www.bearsoftheworld.net

www.bearsoftheworld.net

Beruang ini memiliki banyak supspesies, di antaranya beruang gobi, beruang grizzly, beruang hokaido, beruang coklat hokaido, dan beruang coklat Siberia.

Beruang Kutub

ivanildosantos.blogspot.com

ivanildosantos.blogspot.com

Beruang yang paling terkenal lantaran hanya mampu ditemui dan hidup di daerah bersuhu rendah. Selain itu warna bulu tubuh pun berbeda dengan beruang pada umumnya. Warnanya keputihan. Beruang kutub memiliki nama latin Ursus maritimus. Merupakan hewan karnivora, mahir berenang dalam lautan es yang dingin.

Beruang kutub berupakan salah satu predator darat terbesar yang masih tersisa. Beruang kutub dewasa dapat berukuran sampai 3 meter. Selain beruang kutub, beruang grizzly juga dapat tumbuh sepanjang 3 meter. Namun kondisi jarang terjadi, kecuali beruang kutub yang memang merupakan jenis beruang terbesar.

Beruang Madu

arioputra99.blogspot.com

arioputra99.blogspot.com

Memiliki nama latin Helarctos malayanus. Merupakan jenis beruang yang berukuran paling kecil di antara jenis beruang yang lain. Beruang madu dewasa hanya berukuran 1 meter, dan hanya dapat ditemukan di Asia Tenggara dan merupakan jenis beruang langka. Di indonesia, beruang ini dapat ditemukan di pulau Kalimantan dan Sumatera.

Beruang Spectacled atau Spectacled Bear

www.animalspot.net

www.animalspot.net

Memiliki nama latin Tremarctos Ornatus. Beruang jenis ini dapat ditemukan di pulau Amerika bagian Selatan yang meliputi Kolombia, Venezuela, Peru, Bolivia, sampai Ekuador. Beruang Spectacled merupakan beruang yang aktif di malam hari.

Beruang Sloth

id.wikipedia.org

id.wikipedia.org

Beruang Sloth memiliki nama latin Melursus ursinus. Habitat di hutan yang berada di sekitar Katulistiwa. Beruang jenis ini dapat ditemukan di Sri Langka, Nepal, Bangladesh, India, hingga masuk wilayah Asia Tenggara yaitu Burma. Jenis beruang ini memiliki bentuk tubuh yang berbeda dengan beruang pada umumnya, dan termasuk salah satu dari hewan paling berbahaya di dunia.

Panda

www.worldwildlife.org

www.worldwildlife.org

Panda merupakan jenis beruang, yang hanya ditemukan di dataran tinggi Tibet. Panda merupakan jenis beruang yang paling mudah dikenali dari warna bulunya. Panda termausk herbivora, tapi hanya tumbuhan tertentu saja yang mereka makan, seperti bambu.

You Might Also Like

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

You may use these HTML tags and attributes: <a href="" title=""> <abbr title=""> <acronym title=""> <b> <blockquote cite=""> <cite> <code> <del datetime=""> <em> <i> <q cite=""> <s> <strike> <strong>