Dunia Fauna, Kelinci

Contoh Kandang Kelinci

hewan.co

Memelihara kelinci merupakan hal yang paling menyenangkan. Karena kelinci memiliki wajah dan tingkah laku yang lucu. Selain itu, kelinci juga memiliki banyak jenis dan setiap jenis kelinci peliharaan memiliki keunikan masing-masing. Untuk memelihara kelinci, hal yang harus kita siapkan dalam memelihara kelinci adalah kandang kelinci.

Kandang kelinci ini memiliki desain dan ukuran yang sangat beragam. Hal ini tergantung pada tujuan dan lokasinya. Jika kita bertujuan untuk memelihara kelinci hanya sebagai hewan peliharaan kita saja, kita bisa membuat kandang kelinci dengan ukuran yang kecil atau biasa disebut kandang kelinci minimalis dan tentunya tidak memerlukan lahan yang luas. Namun, jika kita ingin memelihara kelinci dengan tujuan untuk hewan ternak, maka kita memerlukan kandang yang cukup besar dan lahan yang luas.

Untuk memelihara kelinci sebagai hewan peliharaan kita saja, kita bisa meletakkan kandang di sekitar rumah kita. Namun, untuk memelihara kelinci sebagai hewan ternak, kita membutuhkan lahan khusus untuk kandang kelinci ini. Selain itu, kita juga harus membuat kandang sebaik mungkin agar kita mudah dalam perawatannya. Berikut beberapa contoh kandang kelinci, baik untuk kelinci peliharaan maupun kelinci peternakan.

Kandang Kelinci untuk Kelinci Peliharaan

Kandang kelinci untuk kelinci peliharaan merupakan kandang kelinci yang digunakan untuk memelihara kelinci dalam jumlah yang sedikit. Karena tujuan dari memelihara kelinci hanya sebagai hewan peliharaan saja. Kandang kelinci ini tentu saja memiliki ukuran yang kecil dan kita bisa meletakkannya di sekitar rumah, baik di halaman, di belakang rumah, maupun yang bisa dipindah-pindah. Berikut beberapa contoh kandang kelinci untuk kelinci peliharaan.

Kandang Kelinci yang Bisa di Pindah

alexbambam.wordpress.com

alexbambam.wordpress.com

Nah, kalau kandang kelinci yang seperti ini biasanya yang paling banyak digunakan untuk memelihara kelinci di rumah. Selain kandang kelinci ini praktis, kandang kelinci ini juga memudahkan kita membersihkan kotoran kelinci dan  bisa dipindah-pindah. Model kandang kelinci seperti ini bisa kita gunakan jika kita memiliki kelinci sekitar dua ekor.

Kandang Kelinci di Halaman Rumah

 

http://hewan.co

http://hewan.co

Desain kandang kelinci ini sangat cocok diletakkan di depan rumah atau di pekarangan rumah kita. Selain memberikan kesan indah di halaman depan rumah kita, model  kandang kelinci ini juga memudahkan kita dalam merawat kelinci.

Kandang Kelinci di Belakang Rumah

KANDANG KELINCI UNTUK BELAKANG RUMAH

cikampekrabbit.blogspot.com

Kandang kelinci ini terbuat dari kayu dan kawat. Model kandang kelinci seperti ini sangat cocok diletakkan di belakang rumah. Jika kita memiliki lahan yang kosong di belakang rumah, lebih baik menggunakan model kandang kelinci seperti ini.

Kandang Kelinci Ternak

Kandang kelinci ternak merupakan model kandang kelinci yang digunakan untuk memelihara kelinci dalam skala besar. Biasanya, kelinci ini akan dikembangbiakkan dan dijual guna dimanfaatkan untuk daging atau untuk kelinci peliharaan di rumah-rumah. Kandang kelinci ternak umumnya terbuat dari bambu dan kayu. Namun, ada juga kandang yang terbuat dari kawat. Ukurannya bervariasi sesuai dengan jumlah kelinci yang dipelihara. Namun, biasanya berbentuk memanjang dan setiap kandang memiliki ukuran tiga kali ukuran kelinci. kandang dibuat seperti kost-kostan dan terdapat tempat minum dan makanan kelinci.

Untuk menjaga kebersihan kandang, kandang kelinci ini biasanya di desain sedemikian rupa untuk mempermudah dalam membersihkannya. Namun, kandang juga tetap harus dibersihkan setiap hari, karena memelihara kelinci dalam skala besar tentu membuat kandang kelinci cepat kotor. Untuk melihat seperti apa kandang kelinci yang digunakan untuk ternak, berikut beberapa contohnya.

hewan.co

hewan.co

seribukelinci.blogspot.com

seribukelinci.blogspot.com

perkelincian.wordpress.com

perkelincian.wordpress.com

Beberapa contoh kandang kelinci ternak memperlihatkan kita bahwa bagian bawah kandang dibuat jarang-jarang atau tidak rapat. Hal ini berguna untuk mempermudah kita dalam membersihkan kandang. Kotoran dan sisa makanan secara otomatis akan jatuh. Selain itu, setiap ruangan kandang kelinci terdapat tempat makanannya masing-masing.

 

You Might Also Like

2 Comments

  1. 1

    mau tanya kandang kelinci ternak 2 tingkat tanpa pintu..apa kelinci tidak akan lompat ke bawah..??

  2. 2

    Sebaiknya make kandang ada pintunya. Bakalan lepas itu kelinci kalo nggak ada pintunya meskipun sudah 2 tingkat kandangnya.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

You may use these HTML tags and attributes: <a href="" title=""> <abbr title=""> <acronym title=""> <b> <blockquote cite=""> <cite> <code> <del datetime=""> <em> <i> <q cite=""> <s> <strike> <strong>