Dunia Fauna

Daftar Jenis dan Harga Bebek Pedaging

http://duniaternak.com/ http://duniaternak.com/

Bebek atau lebih akrab disebut itik adalah termasuk dalam jenis unggas yang dibudidayakan atau diternakkan dan dimanfaatkan untuk dikonsumsi maupun dijual dipasaran. Bebek biasanya lebih senang berada di perairan air tawar.

Beberapa jenis bebek dapat melakukan kawin silang sehingga menghasilkan spesies baru dari bebek tersebut. Secara keseluruhan tubuhnya berlekuk dan lebar dengan ukuran leher yang relatif panjang namun tidak sepanjang leher angsa.

Bebek memiliki bentuk tubuh bervariasi dan kebanyakan membulat denga paruh lebar serta mengandung lamellae yang digunakan sebagai penyaring makanan. Pada bebek jenis spesies pemakan ikan, paruh yang dimiliki bebek jenis demikian ini biasaya memiliki paruh lebih panjang dan kuat jika dibandingkan dengan paruh jenis bebek lainnya.

Bebek biasanya memakan makanan yang beragam mulau dari rumput, tanaman air, ikan, serangga, amfibi kecil, cacing dan kadang juga moluska kecil. Pada umumnya, bebek berkembang biak selama satu kali dalam satu tahun sesuai dengan kondisi lingkungan (musim panas, musim semi atau musim hujan).

Ada beberapa jenis bebek yang akrab dijumpai di indonesia, berikut ini adalah jenis-jenis bebek.

Bebek Jenis Lokal

http://duniaternak.com/

http://duniaternak.com/

Bebek lokal adalah salah satu jenis bebek yang biasa dipelihara atau diternakkan untuk dikonsumsi daging atau diambil telurnya. Bebek lokal ini biasanya memiliki ciri-ciri berwarna kecoklatan agak merah. Bebek jenis lokal banyak diminati oleh para penikmat daging bebek, dikarenakan jenis bebek ini memiliki daging dengan kandungan lemak lebih besar jika dibadingkan dengan daging ayam.

Bebek Peking

http://www.livestockreview.com/

http://www.livestockreview.com/

Bebek peking adalah bebek yang awalnya berasal dari china dengan ciri-ciri memiliki bulu yang didominasi warna putih dengan paruh dan kaki berwarna kuning. Bebek jenis ini biasanya memiliki pertumbuhan yang terhitung cepat. Jika dilihat secara sekilas, bebek jenis peking ini lebih mirip dengan mentok.

Bebek jenis ini jika digolongkan adalah jenis bebek pedaging unggulan, dengan bobot yang paling cepat meningkat. Dalam waktu hanya 45 hari bebek jenis ini dapat mencapai berat sekitar 1,3 kg. Bebek peking memiliki tingkat ketahanan tubuh yang tinggi jika dibandingkan dengan jenis bebek yang lain.

Harga jualnya yang tinggi membuat kamu tidak akan rugi jika memilih untuk memelihara bebek jenis yang satu ini. Untuk metode pemeliharaannya sama dengan metode pemeliharaan bebek pada umumnya. Tidak memerlukan perlakuan khusus karena rata-rata jenis bebek peking ini sudah mampu beradaptasi dengan lingkungan dan kondisi alam indonesia.

Bebek Raja

Bebek raja adalah hasil persilangan antara bebek jenis bebe alabio dengan bebek mojosari. Untuk bebek raja jenis jantan biasanya memiliki ciri khas berwarna cokelat kehitaman dengan bulu suri pada sayap berwarna biru kehitaman.

Sedangkan jenis betina berwana cokelat kemerahan. Biasanya bebek pedaging jenis ini bisa menghasilkan telur sekitar 250 butir per tahunnya. Bobotnya siap untuk dipotong ketika bebek jenis ini sudah berumur 6 bulan dengan bobot rata-rata sekitar 1,37 kg.

Bebek PMp

http://www.bebeja.com/

http://www.bebeja.com/

Bebek jenis ini merupakan golongan bebek jenis bibit bebek pedaging yang sedang dikembangkan oleh Balai Penelitian Ternak. Bebek jenis ini adalah jenis bebek hasil persilangan dari bebek peking dengan mojosari putih. Bebek jenis yang satu ini mampu menghasilkan karkas ukuran sedang ataupun besar dengan kualitas daging yang tinggi.

Bebek jenis ini apabila dikawinkan dengan jenis entong akan menghasilkan bebek serati dengan kualitas yang lebih bagus jika dibandingkan dengan jenis serati pada umumnya. Bobot hasil persilangan ini bisa mencapai bobot hingga 3 kg. Untuk harga bebek sebanrnya beragam disetiap kotanya, tetapi rata-rata memiliki nilai jual yang luamayan.

Bebek muda biasanya dibandrol dengan harga sekitar 35.000 rupiah per kilogram, bebek dewasa biasanya dibandrol dengan harga sekitar 45.000 rupiah per kilogram, sedangkan bebek tua kisaran harganya sekitar 55.000 rupiah per kilogramnya.

Daging bebek memang tidak sefenomenal daging ayam, tetapi masih bisa disetarakan untuk masalah penikmat daging bebek ini. Dagingnya yang memang gurih sehingga tidak sedikit orang yang bersedia merogeh kocek demi untuk menikmati sajian nikmat dari daging unggas yang satu ini. Sedangkan jika bebek yang sudah dalam bentuk siap makan biasanya harganya berbeda lagi, harganya beragam mulai dari 25.000 rupiah hingga 50.000 rupiah.

You Might Also Like

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

You may use these HTML tags and attributes: <a href="" title=""> <abbr title=""> <acronym title=""> <b> <blockquote cite=""> <cite> <code> <del datetime=""> <em> <i> <q cite=""> <s> <strike> <strong>