Ukuran Lapangan

Gambar dan Ukuran Lapangan Sepak Bola Sesuai Aturan FIFA

ekojuniorsaputra.wordpress.com ekojuniorsaputra.wordpress.com

Sepak bola menjadi olahraga yang paling banyak diminati, bahkan popularitasnya sudah menggema di kalangan anak-anak SD yang tak sedikit bercita-cita menjadi pemain sepak bola. Sepak bola merupakan permainan beregu yang terdiri dari 11 orang termasuk 1 orang sebagai penjaga gawang.

Olahraga ini telah berkembang di 200 negara dan telah dimainkan lebih dari 250 juta orang. Sebagai olahraga nomer satu di dunia, tentunya ada sebuah organisasi internasional yang menaungi olahraga ini. Organisasi tersebut bernama FIFA.

Agar permainan sepak bola di berbagai negara memiliki standar yang sama, maka FIFA mengeluarkan peraturan dalam permainan dan ukuran lapangan sepak bola. Berikut ini ukuran sepak bola yang sudah ditentukan oleh FIFA.

Ukuran Lapangan Sesuai Aturan FIFA

ekojuniorsaputra.wordpress.com

ekojuniorsaputra.wordpress.com

Permainan sepak bola dapat di lakukan di lapangan terbuka maupun tertutup. Sepak bola pun telah menjadi olah raga terpopuler di dunia, sehingga mempunyai peraturan-peraturan yang telah disusun secara gamblang dan jelas oleh FIFA atau organisasi sepak bola dunia. FIFA telah mengatur sistem permainan hingga berapa ukuran lapangan sepak bola yang seharusnya digunakan.

Meskipun pada umumnya setiap lapangan memiliki peraturan tertentu. Namun semua tetap pada range yang telah ditentukan FIFA. Berikut adalah ukuran lapangan sepak bola yang telah ditentukan oleh FIFA untuk ukuran keseluruhan lapangan.

  1. Panjang lapangan maksimum 120 meter
  2. Panjang lapangan minimum 90 meter
  3. Lebar lapangan maksimum 90 meter
  4. Lebar lapangan minimum 45 meter

Untuk pertandingan level internasional ukuran lapangan sudah ditentukan sendiri, yaitu:

  1. Panjang lapangan minimum 100 meter sampai 120 meter
  2. Lebar lapangan minimum 75 meter sampai 90 meter
  3. Area gawang dengan lebar 7,32 meter dan tinggi 2,44 meter
  4. Area pinalti 16,5 meter dari gawang
  5. Lingkaran tengah lapangan memiliki ukuran radius 9,15 meter

Ukuran Lapangan Sepak Bola Nasional

www.pojokilmu.com

www.pojokilmu.com

  1. Panjang garis samping 90 – 110 meter
  2. Lebar 45 – 90 meter
  3. Jari-jari lingkaran tengah 9,15 meter
  4. Daerah gawang 18,3 x 5,5 meter
  5. Tinggi gawang 2,4 meter
  6. Lebar gawang 7,3 meter
  7. Jarak titik tendangan saat hukuman pinalti dengan garis gawang adalah 11 meter

Ukuran Tiang Gawang

singoedanews.wordpress.com

singoedanews.wordpress.com

Tiang gawang didesain tinggi dan panjang, sehingga dibutuhkan strategi khusus bagi seorang penjaga gawang untuk mempertahankan posisi gawang agar tidak ditembus lawan. Untuk ukuran tiang gawang sendiri memiliki perbandingan 3:2 berbentuk persegi panjang. Lebar gawang 7 – 7,5 meter dengan tinggi 2,5 meter.

Melihat ukuran tinggi gawang, maka idealnya penjaga gawang harus memiliki postur tubuh yang tinggi agar mudah untuk menghalau bola yang akan masuk.

Gol Area Gawang

muhrosyida.blogspot.com

muhrosyida.blogspot.com

Jika pemain inti bermain dengan bola, maka penjaga gawang lebih banyak bermain dengan tangan. Ia harus memiliki strategi khusus untuk mampu mempertahankan gawangnya yang memiliki panjang 16,5 meter dan luas 40 meter. Pada area inilah penjaga gawang dapat menggunakan tangan untuk mengambil bola. Namun jika di luar batas yang sudah ditentukan maka penjaga gawang pun akan terkena sangsi berupa kartu kuning. Sedangkan Gol Area merupakan daerah milik penjaga gawang.

Penalti Area dan Area Tendangan Sudut

aridarmika.blogspot.com

aridarmika.blogspot.com

Sebuah garis berbentuk persegi panjang yang biasa disebut kotak pinalti. Memiliki panjang 40 meter dengan lebar 16,5 meter. Tendangan pinalti dilakukan dengan jarak 11 meter dari titik putih atau dari gawang. Ada istilah kotak pinalti besar dan kotak pinalti kecil.

Kotak pinalti besar memiliki panjang 40 – 45 meter dengan lebar 16 – 19 meter. Sedangkan kotak pinalti kecil memiliki panjang 18 meter dan lebar 5,5 meter. Merupakan kotak pinalti mutlak yang tidak bisa diganggu oleh pemain lain.

Pada pinggir lapangan di setiap sudutnya terdapat bendera dengan tinggi 1,5 meter. bendera inilah yang disebut dengan flag post yang menunjukkan area tendangan sudut. Flag post juga dapat ditempatkan di akhir garis tengah. Tidak kurang dari 1 meter dari luar garis sentuh.

Lamanya Permainan

mynameisadams.wordpress.com

mynameisadams.wordpress.com

Normal lama permainan untuk sepak bola adalah 2 x 45 menit, ditambah 15 menit waktu istirahat. Jika kedudukan antara pemain seimbang maka diadakan perpanjangan waktu 2 x 15 menit, hingga didapatkan pemenang dengan nilai yang lebih unggul. Gol yang dicetak selama perpanjangan waktu akan dinilai sebagai poin akhir pertandingan. Namun jika sama-sama kuat, maka dapat diadakan pinalti.

Video Lapangan Sepak Bola

You Might Also Like

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

You may use these HTML tags and attributes: <a href="" title=""> <abbr title=""> <acronym title=""> <b> <blockquote cite=""> <cite> <code> <del datetime=""> <em> <i> <q cite=""> <s> <strike> <strong>