Seni

Gambar Ilustrasi Paling Popular Dikalangan Anak-anak Indonesia

http://gambar.co/ http://gambar.co/

Sebelum membahas lebih detail mengenai gambar ilustrasi apa saja yang paling popular dikalangan anak-anak Indonesia. Pada dasarnya tidak hanya anak-anak saja yang menyukai jenis karya yang satu ini, bisa dikatakan bahwa jenis karya satu ini memiliki penikmat dari semua umur. Ilustrasi itu sendiri adalah gambar yang memperjelas ide dari cerita ataupun narasi.

Tujuan dari gambar ilustrasi ini adalah demi memperkuat, memperjelas, memperindah, mempertegas dan memperkaya cerita maupun narasi. Dengan kata lain, ilustrasi bisa disimpulkan sebagai visualisasi dari sebuah ide dengan teknik drawning (menggambar), fotografi, atau dengan menggunakan teknik sejenisnya yang lebih menekankan pada hubungan subjek dengan ide yang dimaksud daripada bentuk.

Ada banyak sekali fungsi serta manfaat dari gambar ilustrasi, tetapi sebagian besar karya jenis ini digunakan sebagai media untuk menghidupkan cerita. Gambar ilustrasi yang baik adalah gambar ilustrasi yang mampu membuat pembacanya merasa masuk dan meresapi cerita, narasi serta pesan yang tersirat dalam gambar ilustrasi tersebut. Dengan meningkatkan kemampuan pembaca untuk berimajinasi tentang cerita, maka gambar ilustrasi ini akan sangat membantu dalam hal pengembangan imajinasi serta menambah kepekaan pembaca dalam memahami narasi. Pernahkah kamu berpikir bahwa anak-anak lebih suka melihat gambar daripada membaca tulisan yang panjang? Itulah sebabnya dalam beberapa buku yang memang didesain untuk anak-anak rata-rata memiliki perbandingan gambar dengan tulisan sekitar 3:1, namun hal itu juga akan diikuti dengan tingkatan dan kemauan dari anak pada umumnya.

Berikut ini beberapa jenis gambar ilustrasi yang paling popular dikalangan anak-anak Indonesia.

Kartun

http://1.bp.blogspot.com/

http://1.bp.blogspot.com/

Kartun adalah gambar yang berfungsi menghibur, karena biasanya berisi humor. Gambar kartun pada umumnya menggunakan tokoh binatang atau manusia. William Hogart merupakan tokoh yang dikenal sebagai Bapak Kartun Modern. Kartunis yang terkenal di Indonesia adalah Hari Pede, Gunawan Raharjo, Itos Budi Santosa, dan masih banyak lagi yang lainnya.

Karikatur

http://gambar.co/

http://gambar.co/

Karikatur berasal dari bahasa Italia caricature yang berarti melebih-lebihkan atau mengubah bentuk (deformasi). Gambar karikatur menampilkan objek manusia atau binatang dengan karakter yang aneh dan lucu serta mengandung kritikkan dan sindiran

Komik

http://www.neohoster.com/

http://www.neohoster.com/

Komik berasal dari kata komik yang berarti lucu atau jenaka. Dalam penyajiannya, komik terdiri dari rangkaian gambar yang satu dengan lainnya saling melengkapi dan mengandung suatu cerita atau disebut comic strip. Seiring dengan perkembangan zaman, komik yang beredar diindonesia kini tidak hanya menyajikan gambar-gambar yang lucu saja, misalkan saja komik-komik jepang yang beredar. Tidak hanya tingkah lucu dari karakter dalam gambar namun jika sifatnya yang sudah layaknya dalam dunia dongeng. Namun berbeda dengan komik-komik pada umumnya, komik dari Jepang biasanya disebut sebagai manga.

Ilustrasi Karya Sastra

buihkata.blogspot.com

buihkata.blogspot.com

Karya sastra biasanya berupa cerita pendek ataupun puisi, namun dengan menambahkan sedikit bumbu sehingga akan mampu membuat bahkan menarik minat para pembaca untuk menikmati karya sastra yang disajikan. Bumbu yang dimaksudkan adalah dengan memanfaatkan gambar sebagi media penyampain pesan dari sebuah karya sastra tersebut. Ada 2 jenis ilustrasi yang digunakan dalam karya sastra yakni bisa sesuai dengan keadaan sebenarnya atau malah sebaliknya. Hal ini tetap bertujuan untuk menghibur serta menarik minat pembaca.

Dekorasi

aquariusdecoration.wordpress.com

aquariusdecoration.wordpress.com

Dekorasi bisa diartikan sebagai gambar ilustrasi berbentuk penghias atau hiasan yang berfungsi sebagai pengisi bidang kosong dalam sebuah kertas narasi. Sebagai pengisi dari sebuah cerita atau narasi akan lebih menarik tentunya apabila disisipkan dengan gambar ilustrasi.

Unsur-unsur utama dalam sebuah gambar ilustrasi sebenarnya tidak jauh berbeda dengan jenis gambar-gambar pada umumnya. Yakni menggunkan unsur gambar manusia, binatang serta tumbuhan sebagai tokoh atau objek dari gambar yang ditampilkan. Gambar-gambar dengan objek yang telah disebutkan tadi bisa saja berdiri sendiri atau merupakan gabungan dari beberapa objek sesuai dengan tema apa yang akan disampaikan oleh seorang illustrator tersebut.

Pada umumnya sebuah gambar ilustrasi digambarkan dengan 3 teknik yaitu penyampaian hanya berupa sketsa, media hitam putih ataupun dengan menambahkan sentuhan warna pada gambar tersebut. Media penyampaian dengan sketsa biasanya hanya berupa coretan-coretan kasar namun membentuk gambar seutuhnya, namun ada baiknya untuk mempercantik tampilan dan penyampaian pesan pada ilustrasi digunakan media pewarnaan.

You Might Also Like

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

You may use these HTML tags and attributes: <a href="" title=""> <abbr title=""> <acronym title=""> <b> <blockquote cite=""> <cite> <code> <del datetime=""> <em> <i> <q cite=""> <s> <strike> <strong>