Dunia Ikan, Ikan Arwana

Wow, Harga Ikan Arwana Bisa Mencapai 1 Milyar

akuariumikanhiasku.blogspot.com akuariumikanhiasku.blogspot.com

Sebagian orang percaya bahwa memelihara ikan bisa memperlancar rezeki. Apalagi, jika kita memelihara ikan arwana, ikan hias yang memiliki tubuh yang panjang. Namun, kepercayaan tersebut hanya mitos belaka. Disisi lain, ikan yang paling populer di antara ikan hias ini sudah tidak bisa diragukan lagi keindahannya. Maka, tidak heran jika ikan ini mempunyai harga yang sangat fantastis.

Apa yang menjadikan harga ikan arwana sangat mahal? Salah satu penjual ikan arwana, Johny, menyatakan bahwa hal yang menjadikan ikan arwana mempunyai harga yang sangat mahal adalah perawatan ikan arwana sangat sulit. Hal yang perlu diperhatikan dalam memelihara ikan arwana adalah air dan lampu.

Air dan lampu dapat mempengaruhi perkembangan ikan arwana. Jika air sudah terlihat kotor, maka air tesebut harus segera diganti dan jika menggunakan air PAM atau air sumur, sebaiknya air disaring atau filter terlebih dahulu. Namun, jika menggunakan air gunung, maka air tidak usah disaring dan bisa langsung digunakan. Sedangkan, lampu yang harus digunakan adalah lampu LAN atau LED untuk viewing dan lampu bohlam jenis 827 untuk tanning.

Lalu, Bagaimana cara memilih ikan arwana dengan kualitas terbaik? Arwana yang berkualitas dapat diketahui dari bentuk anotomi, sirip dan ekornya, serta keaktifan berenang. Jika arwana diam saja dipojokam aquarium, maka kemungkinan ikan arwana tersebut stress. Hal tersebut kemungkinan besar karena kondisi airnya atau ikan dipindahkan ke tempat lain.

Ikan arwana memerlukan adaptasi yang cukup lama yaitu sekitar dua minggu jika dipindahkan ke tempat lain. Oleh karena itu, jangan terlalu sering memindahkan ikan arwana. Bahkan, jika kamu ingin mengganti air aquarium yang sudah kotor, kamu tidak perlu untuk memindah ikan arwana ke tempat lain agar ikan arwana tidak stress. Maka, tidak heran jika harga ikan arwana sangat mahal.

Berapa kisaran harga ikan arwana yang mempunyai kualitas terbaik? Menurut Humas Asosiasi Penakaran Pedagang Ikan Arwana Kalimantan Barat, Yudi Setiawan menyatakan bahwa permintaan ikan arwana sangat tinggi, khususnya permintaan pasar luar negeri yang meliputi Hongkong, Thailand, Singapura, Filipina, India, dan China.

Permintaan dari negara-negara tersebut setiap tahun meningkat hingga 60% dan ikan arwana yang paling diminati di pasar luar negeri adalah ikan arwana super red yang berasal dari Kalimantan Barat. Harga jenis ikan arwana ini bisa mencapai sekitar 150 juta sampai dengan 500 juta rupiah. Bahkan, jika ikan arwana super red di jual di China, harganya bisa mencapai 1 milyar/ekor. Namun, harga secara umum untuk ikan arwana super red dengan ukuran antara 12-15 cm adalah 3,5 juta rupiah dan ikan arwana super red yang mempunyai ukuran lebih dari 16 cm mempunyai harga sekitar 10 juta rupiah.

You Might Also Like

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

You may use these HTML tags and attributes: <a href="" title=""> <abbr title=""> <acronym title=""> <b> <blockquote cite=""> <cite> <code> <del datetime=""> <em> <i> <q cite=""> <s> <strike> <strong>