Kecantikan, Kesehatan

Hubungan Kebersihan Kulit dan Jerawat

temancantik.com temancantik.com

Hubungan Kebersihan Kulit dan Jerawat – Hal yang pertama kali muncul di benak kita saat berjerawat adalah kebersihan kulit yang kurang terjaga. Saat kita belajar bagaimana terjadinya jerawat kita akan paham bahwa kebersihan kulit bukan faktor utama penyebab timbulnya bintik-bintik jerawat tak diundang di wajah kita.

Sekalipun demikian topik kebersihan kulit dan jerawat di tubuh perlu dibahas dalam solusi jerawat karena perawatan kulit yang tepat sangat penting untuk menjaga kesehatan kulit pada umumnya termasuk mengatasi jerawat yang membandel.

Bila anda termasuk orang yang tidak beruntung karena mudah dihinggapi jerawat, terimalah kenyataan ini dan upayakan cara yang tepat untuk mengatasinya. Panik atau mengutuk keadaan hanya akan menambah stress. Bersabarlah saat menjalani terapi jerawat karena jerawat tidak mungkin hilang dalam sekejap mata.

Daripada bete memikirkan jerawat yang masih nangkring setelah diolesi obat jerawat, lebih baik anda fokus pada apa yang akan anda lakukan bila jerawat dah lenyap dari wajah anda, misal bikin foto close up or beli cermin besar untuk dipasang di kamar.

Hal-Hal yang Bisa Memicu Jerawat

deliriointensodossentidos.blogspot.com

deliriointensodossentidos.blogspot.com

Timbulnya jerawat karena hormon yang mempengaruhi aktivitas kelenjar minyak telah dibuktikan secara ilmiah. Sebum yang berlebihan di permukaan kulit perlu dibersihkan dengan benar agar tidak menyumbat pori-pori kulit. Berkaitan dengan topik kebersihan kulit dan jerawat di wajah, beberapa hal berikut bisa memicu terbentuknya komedo atau jerawat:

  1. Kosmetik yang berlebihan dan menempel di kulit untuk waktu yang cukup lama.
  2. Berangkat tidur tanpa membersihkan wajah.
  3. Kebersihan rambut yang kurang terjaga terutama bila sebagian rambut sering mengenai daerah wajah.
  4. Cara sikat gigi yang kurang tepat sehingga busa dari pasta gigi sebagian mengenai kulit wajah.
  5. Sering menyentuh daerah wajah terutama dengan tangan, terutama bila tangan kita kotor.
  6. Kebersihan pakaian dan perlengkapan tidur (sprey, sarung bantal/guling, selimut) yang kurang terjaga.

Bagaimana Menjaga Kebersihan Kulit yang Tepat

www.gregetan.com

www.gregetan.com

Membersihkan wajah dengan tepat memegang peranan yang penting dalam menjaga kulit kita tetap sehat dan terhindar dari masalah kulit seperti jerawat. Bagi yang kulit wajahnya terlanjur “dijajah” jerawat perlu lebih berhati-hati dalam merawat kulit karena tidak sedikit yang jerawatnya makin parah setelah menggunakan produk kebersihan kulit dan jerawat tertentu. Berikut ini tips cara membersihkan wajah yang tepat:

Gunakan produk yang sesuai dengan jenis kulit anda

mahmudahnubuwwatisci.wordpress.com

mahmudahnubuwwatisci.wordpress.com

Kenali jenis kulit anda (normal, kering, berminyak, kombinasi, atau sensitif) terlebih dahulu sebelum membeli produk perawatan kulit atau obat jerawat. Pastikan anda memilih produk pembersih wajah yang lembut dan tidak mengandung bahan-bahan yang dapat mengiritasi kulit terutama bagi anda yang memiliki kulit sensitif.

Bersihkan wajah dengan benar 2 kali sehari

Mencuci Muka

Membersihkan wajah pada pagi dan malam hari sebelum tidur akan membersihkan minyak yang berlebih, sisa make up, dan kotoran yang menempel di wajah. Mencuci muka terlalu sering justru dapat merangsang aktivitas kelenjar minyak dan memperbesar resiko terbentuknya jerawat.

Basuh wajah denganair hangat untuk membuka pori-pori kulit. Pastikan air tidak terlalu panas karena justru memacu kelenjar minyak berproduksi lebih banyak. Gunakan pembersih merata pada kulit wajah dengan gerakan melingkar. Bilas sampai bersih dengan air dingin untuk menutup pori-pori kulit, lalu keringkan dengan kain lembut yang bersih dan kering.

Pertimbangkan manfaat dan efek negatif dari scrub

adeide.com

adeide.com

Hindari penggunaan scrub pada jerawat yang tengah meradang atau bila kulit anda cenderung sensitif. Menggosok kulit wajah terlalu keras dengan scrub justru dapat menimbulkan dampak negatif bagi kulit.Lakukan tips ini sebagai perawatan dasar bagi kulit secara konsisten.

Semoga tips ini dapat membantu anda mencegah dan mengatasi jerawat yang menjengkelkan.

You Might Also Like

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

You may use these HTML tags and attributes: <a href="" title=""> <abbr title=""> <acronym title=""> <b> <blockquote cite=""> <cite> <code> <del datetime=""> <em> <i> <q cite=""> <s> <strike> <strong>