Dunia Ikan, Ikan Hias

Inilah 7 Nama Ikan Hias Air Tawar

Foto Ikan Hias Gambar Ikan Hias

Ikan Hias Air Tawar – Ikan hias merupakan hewan yang paling banyak dibudidayakan dan dipelihara oleh orang. Ikan hias menjadi sangat menarik karena ikan ini pada umumnya memiliki warna sisik yang sangat cantik. Selain itu, ikan hias ini juga dapat digunakan sebagai hiasan di ruang tamu rumah dan menambah nuansa alami di ruang tamu rumah.

Ikan hias memiliki banyak sekali jenisnya. Ada ikan hias yang diletakkan di dalam akuarium dan ada pula ikan hias yang lebih terlihat bagus jika diletakkan di dalam kolam, ada ikan hias yang harus dipisahkan dari yang lainnya (satu akuarium, satu ikan) dan ada pula ikan hias yang dapat dikumpulkan dalam satu akuarium atau kolam. Berikut ini 7 nama ikan hias air yang paling banyak di gemari dan dipelihara dirumah, antara lain:

Ikan Arwana

Ikan Arwana Red

Gambar Ikan Arwana Super Red

Ikan arwana memiliki nama latin Scleropages sp. Ikan yang termasuk dalam jenis ikan purba ini banyak dicari oleh para penggemar ikan hias. Hal ini karena ikan arwana memiliki warna sisik yang sangat indah dan beragam. Selain itu, ada minos yang beredar di masarakat sampai sekarang yaitu jika memelihara ikan arwana, pemiliknya akan diberikan kelancaran rezeki. (Baca Juga: Inilah 7 Jenis Ikan Hias Arwana)

Ikan arwana ini banyak dijumpai di perairan air tawar kalimantan dan papua. Namun, saat ini sudah banyak sekali orang yang membudidayakan ikan arwana ini. Karena ikan arwana ini banyak sekali peminatnya dan ikan arwana ini memiliki harga yang cukup tinggi.

Ikan Koi

ikan hias koi

Foto Ikan Koi

Ikan koi merupakan salah satu ikan hias yang paling populer dari masa ke masa. Ikan koi ini pertamakali diperkenalkan pada tahun 1820-an di Jepang. Ikan ini termasuk hasil dari persilangan beberapa strain ikan mas denga warna merah dan putih. Ikan hasil persilangan tersebut dikenal dengan nama ikan koi. Persilangan ikan terus dilakukan dan saat ini sering kita jumpai ikan koi dengan berbagai warna yang sangat menarik.

Ikan koi ini sangat cocok dipelihara di kolam yang cukup luas. Karena daya tarik dari ikan koi ini adalah warna-warni ikan yang sangat indah dan terlihat cantik jika di lihat dari atas kolam. Selain itu, ikan koi ini membutuhkan manyak ruang untuk bergerak.

Ikan Oscar

Foto Ikan Oskar

Gambar Ikan Oskar

Salah satu jenis ikan yang disukai para pencinta ikan, baik dalam negeri maupun luar negeri adalah ikan oskar. Ikan oskar ini jika diperhatikan sangat mirip dengan ikan yang biasa dikonsumsi yaitu ikan gurame. Bentuk ikannya yang lebar serta siripnya yang menjadikan ikan ini sangat mirip dengan ikan gurame. namun, ada hal yang membedakan dari kedua ikan tersebut, yaitu warna yang dimiliki ikan oskar lebih bervariasi dan kombinasi warna-warna tersebut jauh terlihat lebih indah dibandingkan dengan ikan gurame. Selain itu, kombinasi warna sisik ikan oskar ini terlihat seperti batik yang menghiasi tubuh ikan oskar ini.

Ikan Cupang

Foto Ikan Cupang

Gambar Ikan Cupang

Nama ikan ini sudah tidak asing lagi di telinga masyarakat. Kita sering menjumpai ikan ini di pasar tradisional. banyak para pencinta ikan hias, khususnya mereka yang masih muda memelihara ikan ini. Jenis ikan cupang ini memiliki daya tarik tersendiri karena ikan ini biasanya digunakan untuk aduan sesama ikan cupang. Jadi, jika kamu memiliki ikan cupang lebih dari satu, jangan sekali-kali ikan tersebut di letakkan dalam satu tempat. Letakkanlah ikan-ikan cupang di tempat yang berbeda-beda. Kamu dapat menggunakan toples sebagai medianya. Selain itu, ikan ini juga memiliki banyak sekali jenis dan variasi warna yang menjadikan ikan ini terlihat sangat indah.

Ikan Koki

Foto Ikan Koki

Gambar Ikan Koki

Jenis ikan koki termasuk dalam keluarga ikan mas. Ikan ini pertama kali dikenal di cina sebagai ikan hias masyarakat Cina. Namun, ikan ini dipopulerkan oleh masyarakat Jepang. Masyarakat Jepang mengembangkan ikan ini menjadi banyak variasi warna dan bentuk yang jauh lebih cantik dari sebelumnya.

Ikan Guppy

Foto Ikan Guppy

Gambar Ikan guppy

Ikan guppy merupakan ikan yang berasal dari wilayah Amerika tengah. Ikan ini sangat mudah beradaptasi dengan lingkungannya. Sehingga, ikan guppy ini sangat cepat perdarannya di dunia. Di indonesia, kita sangat mudah untuk mendapatkan ikan jenis ini. karena banyak orang yang membudidayakannya dan menjualnya. Biasanya, anak-anak kecil sangat senang sekali memelihara ikan ini. Selain harganya yang murah, ikan guppy ini juga memiliki ukuran yang kecil. Sehigga sangat cocok untuk dijadikan ikan peliharaan anak-anak kecil.

Ikan Louhan

Foto Ikan Louhan

Gambar Ikan Louhan

Jenis ikan louhan ini dulu sangat populer di Indonesia. Banyak orang yang sebelumnya belum bernah memelihara ikan, akhirnya mencoba untuk memelihara ikan dan ikan yang dipelihara saat itu adalah ikan louhan. Mereka secara “tiba-tiba” menjadi pencinta ikan hias. Hal ini karena sangat terkenalnya ikan louhan pada saat itu.

hal yang menjadikan ikan ini terkenal adalah warna ikan yang cantik. Selain itu, terkadang kombinasi warna sisik ikan louhan dapat membentuk seperti sebuah tulisan serta benjolan yang terdapat dikepalanya menjadikan daya tarik tersendiri bagi ikan louhan ini. Semakin besar benjolan yang di kepala, semakin mahal harga ikan ini.

Video Ikan Hias Air Tawar


You Might Also Like