Dunia Ikan, Ikan Koi

Ikan Koi Termahal di Dunia

kumpulangambarbaru.blogspot.com kumpulangambarbaru.blogspot.com

Ikan Koi pertama kali ditemukan oleh petani Jepang di sawahnya. Petani tersebut menemukan beberapa ikan yang mempunyai warna berbeda-beda. Kemudian, beberapa ikan tersebut dibawa pulang dan dipeliharanya. Dari beberapa ikan tersebut, berkembanglah menjadi banyak dan mulai diperkenalkan pertama kali pada tahun 1914 dalam sebuah pameran. Sejak saat itu, ikan ini mulai terkenal dan para pecinta ikan mulai memelihara jenis ikan ini.

Seiring berjalannya waktu, ikan ini sangat banyak peminatnya dan kontes-kontes ikan koi pun mulai banyak diselenggarakan. Di Jepang sendiri, terdapat sebuah kontes bergengsi bagi para pecinta ikan Koi yang bernama Supreme Championship. Dalam kontes Supreme Championship tersebut, terdapat satu jenis ikan yang menjadi juara pada tahun 1976, 1977, dan 1979, yaitu jenis ikan Koi Girin Showa. Karena ikan ini sudah beberapa kali memenangkan kontes, seseorang yang bernama Derry Evans, pemilik Kent Koi Center di Inggris, membeli ikan yang mempunyai panjang 76 cm ini dengan harga 50.000 Poundsterling pada tahun 1986. Namun, ikan koi ini mati setelah 5 tahun dipelihara oleh Derry Evans di Inggris.

Harga ikan Koi Girin Showa yang dibeli oleh Derry Evans bukan satu-satunya ikan Koi termahal di dunia. Masih terdapat ikan Koi yang memiliki harga jauh lebih mahal dibandingkan dengan ikan Koi Girin Showa. Ikan Koi tersebut bernama ikan Koi Black Dragon. Ikan Koi Black Dragon ini berusia sekitar dua tahun dan jenis kelaminnya betina. Ikan ini mampu dijual dengan harga yang sangat fantastis, yaitu 26 juta yen atau setara dengan 2,68 Milyar Rupiah dalam sebuah lelang ikan Koi di Momotaro Farm, Okayama, Jepang.

Ikan Black Dragon mampu terjual dengan harga yang sangat fantasis karena beberapa hal, antara lain:

Faktor Breeder

Ikan Koi Black Dragon merupakan hasil dari budidaya perusahaan ternama di Jepang, yaitu Momotaro Farm. Momotaro Farm ini sudah tidak dapat diragukan lagi kemampuannya dalam membudidayakan ikan. Dengan berbagai pengalaman yang dimiliki oleh perusahaan ini dan fasilitas yang mumpuni serta ditangani oleh para tenaga kerja yang sangat ahli, ikan-ikan yang dilelang tidak dapat diragukan lagi kualitasnya.

Faktor Ikan Itu Sendiri

Jika kamu ingin membeli ikan Koi, kamu sebaiknya mengetahui ciri-ciri ikan Koi yang berkualitas. Ada beberapa faktor yang perlu diperhatikan dari seekor Koi sehingga ikan tersebut dikatakan memiliki kualitas yang bagus. Faktor-faktor tersebut, antara lain:

Faktor Genetis

Ikan Koi memiliki kualitas yang bagus karena indukan ikan Koi tersebut biasanya memiliki kualitas yang bagus pula. Oleh karena itu, kamu bisa memperhatikan indukannya juga jika ingin memilih ikan Koi yang berkualitas.

Faktor Fisik

Ikan Koi dapat dikatakan bagus jika ikan Koi tersebut memiliki bentuk tubuh seperti torpedo. Selain itu, ikan Koi juga dalam tubuhnya atau sisiknya tidak ada cacat sedikitpun atau bisa dikatakan memiliki tubuh yang hampir sempurna.

Faktor Corak

Ikan Koi dikatakan berkualitas jika ikan Koi ini memiliki corak yang bagus, rapih, teratur, dan tidak acak-acakan. Corak ikan Koi akan selalu berkembang menjadi lebih bagus seiring dengan bertambahnya usia ikan Koi tersebut. Bisa dikatakan corak ikan Koi ini seperti sebuah ungkapan, yaitu tua-tua keladi, makin tua makin jadi.

Faktor Kolam

Ikan Koi yang berkualitas memerlukan perawatan yang berkualitas juga. Salah satu perawatannya adalah memperhatikan kualitas air. Air ini dapat mempengaruhi perkembangan ikan itu sendiri, terutama pada corak ikan. Hal tersebut juga sangat diperhatikan oleh para breeder Jepang, khususnya perusahaan Momotaro Farm. Bahkan, para breeder Jepang memiliki sarana pengolahan air sendiri dimana membutuhkan biaya yang cukup banyak.

Faktor Operasional

Ikan yang memiliki kualitas yang bagus tentu saja membutuhkan biaya operasional yang tidak sedikit. Hal yang dibutuhkan oleh ikan adalah nutrisi dan perawatan terbaik yang dilakukan oleh orang-orang terbaik.

You Might Also Like

One comment

  1. 1

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

You may use these HTML tags and attributes: <a href="" title=""> <abbr title=""> <acronym title=""> <b> <blockquote cite=""> <cite> <code> <del datetime=""> <em> <i> <q cite=""> <s> <strike> <strong>