Dunia Ikan, Ikan Cupang

Indahnya Ikan Cupang Serit

firdausfarm.blogspot.com

Ikan cupang serit merupakan jenis ikan cupang yang berasal dari Indonesia. Jenis ikan cupang ini merupakan hasil dari perkawinan silang yang dilakukan oleh breeder Indonesia. Namun, informasi mengenai siapa yang melakukan persilangan masih simpang siur.

Dari beberapa sumber yang valid, ikan cupang serit pertama kali lahir dari hasil persilangan yang dilakukan oleh Ahmad Yusuf atau Bang Yus. Namun, ekor ikan cupang serit milik Bang Yus masih seperti gir dan sobekannya masih belum teratur. Sehingga, beberapa ikan cupang serit milik Bang Yus nasibnya sangat tragis. Ikan serit ini menjadi bahan tertawaan para peserta kontes ikan cupang yang diadakan di Bali. Mereka menganggap ikan cupang ini produk gagal atau apkir. Bahkan, beberapa orang menyebut bahwa Bang Yus kurang kerjaan.

Meskipun tahap pertama respon para pecinta ikan cupang negatif, Bang Yus masih belum menyerah untuk mengembangkan ikan cupang serit ini. Akhirnya, ikan cupang serit ini dikembangkan bersama-sama dengan temannya yang berada di Slipi, Jakarta dan menghasilkan ikan cupang serit yang lebih baik yakni bentuk seritnya sudah terlihat, namun bentuk seritnya masih serit tunggal dan masih berantakan. hal ini ternyata disebabkan media yang digunakan oleh para breeder di Slipi masih menggunakan botol.

Seorang breeder yang bernama Subur Juliani alias Koh Asiung mencoba mengembangkan ikan cupang ini di dalam akuarium. Hasilnya adalah terdapat perubahan yang signifikan di bagian ekornya. Bentuk pecahan ekornya semakin rapih dan seritnya semakin dalam. Akhirnya, peminat ikan cupang serit bertambah dan ikan cupang serit ini menjadi sangat popeler ketika seorang yang bernama Henry Gunawan memposting ikan cupang serit yang diberi nama Crowntail di forum cupang hias. Pemberian nama tersebut dikarenakan ekor cupang serit mirip dengan mahkota.

Jenis Ikan Cupang Serit

Ikan cupang serit saat ini menjadi primadona di kalangan para pecinta ikan cupang. Oleh karena itu, banyak breeder yang berusaha untuk mengembangkan jenis atau varian ikan cupang serit ini dan saat ini sudah terdapat beberapa jenis ikan cupang serit. Berikut beberapa jenis ikan cupang serit yang populer di Indonesia.

Ikan Cupang Serit Tunggal

Ikan cupang serit tunggal merupakan ikan cupang serit yang pertama kali muncul. Ikan cupang ini memiliki satu serit dan saat ini sudah jarang ditemui atau sudah langka karena jenis ikan cupang serit lainnya lebih populer.

Ikan Cupang Serit Dua atau Double Ray Crowntail

Ikan cupang serit dua atau Double Ray Crowntailmerupakan jenis ikan cupang serit yang sangat populer dikalangan pecinta ikan cupang saat ini. Ikan cupang jenis ini sangat mudah kita temui, baik sebagai ikan cupang peliharaan maupun ikan cupang aduan. Ikan cupang Double Ray Crowntail memiliki bentuk ray seperti huruf V dan ada juga yang seperti balok.

Ikan Cupang Serit Empat atau Double Double Ray (DDR)

Ikan Cupang Serit Empat atau Double Double Ray (DDR) merupakan jenis ikan serit yang mempunyai empat serit. Biasanya ikan cupang serit seringkali seritnya pecah di ujungnya. Jika pecahannya ngacak menjadi tiga atau empat, maka ikan serit ini disebut Random Ray alias Dji Sam soem. Namun, jika pecahnya tara dan teratur menjadi empat, maka ikan cupang serit ini disebut serit empat atau DDR (double double ray).

Ikan Cupang Serit Delapan atau Double Double Double Ray (DDDR)

Ikan cupang serit delapan merupakan jenis ikan cupang serit yang mempunyai delapan serit yang semua seritnya rata.

Serit Balon

Serit balon adalah jenis ikan cupang serit yang memiliki selaput ekor yang lebih antar spasi ray. Sehingga, ikan cupang serit jenis ini akan terlihat menggelembung-gelembung menyerupai balon jika sedang berenang.

Ikan Cupang King Crowntail

Ikan Cupang King Crowntail sebenarnya mirip dengan ikan cupang serit dua atau double ray. Hal yang membedakan dari keduanya adalah ikan cupang serit King Crowntail memiliki serit yang melengkung dan saling menyilang, sedangkan ikan cupang Crowntail seritnya tidak menyilang.

Ikan Cupang Cross Ray

Ikan cupang Cross Ray merupakan salah satu jenis ikan cupang yang memiliki bentuk ray seperti Ikan Cupang King Crowntail. Hal yang membedakan adalah Ikan Cupang Cross Ray memiliki serit yang saling menyilang, namun tida melengkung. Sedangkan, ikan cupang King Crowntail memiliki serit yang saling menyilang dan melengkung.

You Might Also Like

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

You may use these HTML tags and attributes: <a href="" title=""> <abbr title=""> <acronym title=""> <b> <blockquote cite=""> <cite> <code> <del datetime=""> <em> <i> <q cite=""> <s> <strike> <strong>