Kesehatan

Info dan Tips Mengatasi Jerawat pada Punggung (Back Acne)

Cara Mencegah dan Mengatasi Jerawat Di Punggung

Info dan Tips Mengatasi Jerawat pada Punggung – Ga heran banyak yang sebel saat menemukan jerawat di punggungnya, kayaknya dah kehabisan lahan di wajah sampai-sampai mulai menjajah kulit punggung. Angka kejadian jenis jerawat ini cukup lumayan. Menurut penelitian sekitar 50 % orang yang mengalami masalah jerawat pada kulit wajahnya juga mendapati bintik-bintik jerawat bermunculan di daerah punggung.

Bila dikaitkan dengan jenis kelamin ternyata penderita di kalangan kaum adam lebih banyak. Hal yang sama juga terjadi pada kasus jerawat pada bayi, dimana kebanyakan diderita oleh bayi laki-laki.

Sebenarnya secara umum proses terbentuknya jerawat pada wajah. Sumbatan pori-pori akibat over produksi dari kelenjar minyak yang berkolaborasi dengan tumpukan sel kulit mati dan kotoran jadi faktor utama hadirnya jerawat di punggung kita.

Hanya saja beberapa karakteristik khusus dari kulit di area punggung membuat metode terapinya sedikit brrbeda dibandingkan jerawat di daerah wajah.

Penyebab Jerawat pada Punggung

Karena proses terjadinya jerawat di punggung relatif sama dengan jerawat di wajah, faktor-faktor yang memicu jerawat ini juga serupa seperti:

  1. Kondisi hormonal tubuh yang tidak seimbang
  2. Stress
  3. Obat-obatan tertentu seperti corticosteroid atau lithium
  4. Penggunaan produk perawatan kulit yang tidak tepat
  5. Penyakit-penyakit tertentu yang mempengaruhi aktivitas kelenjar minyak seperti PCOS (Poly Cystic Ovary Syndrome)

Dalam aktivitas sehari-hari area punggung sering mengalami iritasi seperti kontak dengan kursi, tempat tidur, ransel, atau bergesekan dengan pakaian yang kita kenakan. Peristiwa ini tidak dialami oleh kulit wajah. Hal ini membuat jerawat pada punggung juga dikenal dengan acne mechanica yaitu jerawat yang terjadi akibat proses iritasi.

Cara Mengobati Jerawat pada Punggung dengan Tepat

Secara garis besar terapi untuk jerawat pada punggung sama dengan jerawat di wajah. Hanya ada beberapa hal khusus yang perlu diperhatikan agar punggung kita bebas dari jerawat. Berikut tips megatasi jerawat di punggung yang dapat anda praktekkan:

Upayakan mencari akar masalah dari jerawat di punggung anda

suntik-pemutih.blogspot.com

suntik-pemutih.blogspot.com

Bila gangguan hormonal yang adda alami cukup serius pertimbangkan untuk konsultasi lebih lanjut dengan dokter untuk mendapat terapi hormonal yang adekuat. Hal yang sama juga penting bagi jerawat yang disebabkan oleh penggunaan obat-obatan tertentu.

Jaga kelembaban kulit anda

hellosehat.com

hellosehat.com

Pilih bahan yang nyaman dan mudah menyerap keringat seperti katun. Usahakan mandi setelah melakukan aktifitas yang banyak mengeluarkan keringat.

Hindari hal-hal yang dapat menimbulkan iritasi

www.satujam.com

www.satujam.com

Hindari hal-hal yang dapat menimbulkan iritasi pada punggung seperti baju yang ketat atau membawa barang dengan tas ransel. Sebaiknya tinggalkan ransel anda selama melakukan pengobatan jerawat di punggung anda. Bila jerawat telah membaik anda boleh memakainya kembali, namun bila jerawat kembali bermunculan mungkin ransel bukan pilihan yang tepat untuk anda.

Untuk obat jerawat pada punggung yang ringan anda bisa mencoba produk yang mengandung 10% alpha hydroxy acid (AHA). Untuk kasus yang lebih serius kombinasi alpha hydroxy acid (AHA) dan benzoyl peroxide mungkin dapat membantu. Namun bila jerawat tetap membandel setelah anda mencoba beberapa alternative terapi sudah saatnya anda mempertimbangkan menemui dokter kulit yang kompeten dalam menangani masalah jerawat.

You Might Also Like

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

You may use these HTML tags and attributes: <a href="" title=""> <abbr title=""> <acronym title=""> <b> <blockquote cite=""> <cite> <code> <del datetime=""> <em> <i> <q cite=""> <s> <strike> <strong>