Dunia Ikan

Inilah 5 Ikan Terbesar di Dunia

duniaq duniaq

Laut mempunyai banyak sekali misteri yang belum terpecahkan sampai sekarang. Banyak hal – hal yang aneh dan belum pernah kita temukan sebelumnya atau sesuatu yang langka yang sangat jarang kita jumpai. Salah satunya adalah ikan laut.

Banyak sekali jenis ikan yang terdapat di dalam laut, mulai dari ikan terkecil sampai dengan ikan terbesar di dunia. Mungkin, kita belum pernah melihat ikan yang mempunyai ukuran sangat besar. Namun, ada sebagian orang yang pernah menangkap ikan – ikan dengan ukuran yang sangat besar yang belum pernah ditangkap sebelumnya. Berikut ini merupakan beberapa ikan berukuran raksasa yang pernah ditangkap dan termasuk dalam kategori ikan terbesar di dunia yang pernah ditangkap.

Cumi – cumi

Gambar cumi cumi

duniaq.com

Hewan yang satu ini sudah tidak asing lagi bagi kita. Kita terkadang mengkonsumsinya sebagai lauk – pauk. Cumi – cumi juga terkadang di olah sebagai makanan camilan seperti keripik cumi – cumi, krupuk cumi – cumi, dan sebagainya. Pada umumnya, cumi – cumi yang kita konsumsi berukuran sekitar 5 cm. Namun, ada jenis cumi – cumi yang memiliki ukuran yang sangat besar yang mungkin belum pernah kita lihat sebelumnya. Jenis cumi – cumi tersebut adalah Architeuthis princeps atau cumi-cumi raksasa.

Cumi – cumi raksasa memiliki ukuran bisa lebih dari 15 meter dan ada orang yang pernah menangkapnya di laut artik dengan berat kurang lebih 1.089 pound (490 kg) dan panjangnya sekitar 6 meter. Ukuran cumi – cumi ini mengalahkan penangkapan sebelumnya di Selandia Baru dengan berat sekitar 992 pound (446 kg).

Ikan Todak (Swordfish)

ikan mas pedang

ikan todak

Ikan todak atau biasa disebut juga ikan pedang dalah sejenis ikan yang mempunyai rahang atas dan moncongnya memanjang kedepan membentuk seperti pedang pipih dan kuat. Panjang moncong ikan todak ini berukuran hampir sepertiga ukuran badan yang dimilikinya. Panjang tubuh ikan todak ini bisa mencapai 4 meter dan beratnya bisa berbobot hingga 650 kg.

Ikan todak dengan ukuran sangat besar pernah tertangkap oleh Lou Marron di lepas pantai Iquique, Chile. Ikan yang ditangkap oleh Lou Marron mempunyai berat sebesar 1182 pound dan panjang 179,25 inch. Ikan raksasa ini mendarat setelah pertarungan panjang selama 2 jam. Sampai sekarang, ikan todak ini dipamerkan di Museum International Game Fish Association Fishing Hall Of Fame Miami, Florida.

Atlantic Blue Marlin

marlin biru

duniaq.com

Atlantic blue marlin adalah salah satu jenis ikan marlin yang terdapat di Samudra Atlantik. Atlantic blue marlin ini termasuk dalam ikan yang memiliki ukuran terbesar di dunia. Panjang atlantic blue marlin bisa mencapai sekitar 14 kaki (4,3 meter) dan beratnya bisa mencapai sekitar 1.803 pounds (818 kg).

Atlantic blue marlin dengan ukuran sangat besar pernah tertangkap oleh Paulo Amorim pada Feburary 29, 1992 didaerah pantai Vitória, Brazil. Atlantic blue marlin yang ditangkap oleh Paulo Amorim mempunyai berat sebesar 1402 pounds. Paulo Amorim berhasil mendaratkan ikan raksasa ini setelah pertempuran selama 1 jam 20 menit.

Atlantic Bluefin Tuna

tuna sirip biru

duniaq.com

Atlantic Bluefin Tuna atau dalam bahasa Indonesia disebut tuna sirip biru adalah spesies ikan dari keluarga scombridae. Atlantic Bluefin Tuna merupakan ikan asli Samudra Atlantik Barat dan Samudra Atlantik Timur. Ikan ini mempunyai ukuran yang sangat besar. Namun, atlantic Bluefin Tuna saat ini keberadaannya sangat terancam karena atlantic Bluefin Tuna di tangkap secara komersial dan menjadi salah satu dari jenis ikan yang diincar para olahragawan pemancing.

Atlantic Bluefin Tuna (Thunnus thynnus) dengan ukuran sangat besar pernah tertangkap oleh Ken Fraser, seorang pemancing andal, di Aulds Cove, Nova pada 26 Oktober 1979 silam. Atlantic Bluefin Tuna yang ditangkap oleh Ken Fraser mempunyai berat sebesar 1.496 pounds. Ken Fraser berhasil mendaratkan ikan raksasa ini setelah pertempuran selama 45 menit.

Ikan Marlin

marlin

duniaq.com

Satu lagi ikan merlin raksasa yang berhasil ditangkap. Penagkap ikan merlin raksasa ini adalah seorang pemilik pub yaitu Kevin Gardner . Ikan merlin yang berhasil dia tangkap memiliki ukuran yang sangat besar, tak tanggung-tanggung, berat ikan yang berhasil ditangkap dengan menggunakan pancing ini mencapai 1320 Kg dan panjang ikan sekitar 6 meter di perairan Samudra Atlantik.

Kevin Gardner menceritkan perjuangannya dalam mendapatkan ikan marlin raksasa ini setelah berhasil setelah pertempuran selama hamir tiga jam. Dia tidak pernah mengira bahwa dia akan mendapatkan ikan sebesar itu. Meskipun, dunia pancing memancing sudah ia gelutinya selama 25 tahun.

Video Ikan Terbesar di Dunia

 

You Might Also Like