Dunia Fauna, Kucing

Inilah 5 Jenis Ras Kucing Peliharaan

foto kucingnya fatin duniaq.com

Kucing merupakan salah satu hewan yang paling digemari orang untuk dijadikan sebagai hewan peliharaan. Wajah yang lucu, bulu yang halus, serta sifatnya yang unik menjadikan kucing sebagai hewan peliharaan favorit. Bahkan, menurut beberapa riwayat menyatakan Rasulullah shallallaahu ‘alaihi wasallam menjadikan kucing sebagai hewan peliharaan. (Baca Juga: Inilah 5 Hewan Peliharaan Paling Lucu)

Kamu juga mungkin saat ini memiliki kucing peliharaan masing-masing dirumah. Namun, apakah kamu mengetahui jenis ras kucing yang mana yang sedang kamu pelihara?. Kamu perlu mengetahui jenis ras kucing yang sedang kamu pelihara agara kamu dapat memahami dan dapat merawat dengan baik. Oleh karena itu, artikel ini akan menyajikan beberapa ulasan mengenai jenis kucing yang paling banyak dipelihara, khususnya di Indonesia.

Kucing Persia

kucing persia pesek

kucing persia putih

Kucing persia merupakan salah satu hewan peliharaan yang paling dicari dan digemari. Kucing ini berasal dari persia yang sekarang bernama iran. Tetapi, sejak akhir abat ke-19, kucing ini lebih banyak dikembangkan di Inggris dan Amerika usai perang dunia II. Sehingga, kucing persia yang selama ini banyak dipelihara oleh orang adalah kucing hasil dari pengembagbiakan di Inggris dan Amerika.

Kucing persia yang selama ini kita jumpai memiliki bulu yang panjang dengan karakter wajah bulat dan moncongnya pendek. Selain itu, kucing ini juga memiliki hidung pesek dimana merupakan karakter dan pembeda antara kucing persia dengan kucing anggora. Kombinasi antara bulu yang panjang, wajah bulat, dan hidung yang pesek menjadikan kucing ini terlihat sangat lucu dan cantik. Oleh karena itu, banyak orang yang menjadikan kucing ini sebagai hewan peliharaan.

Kucing Anggora

jenis jenis kucing anggora

Gambar Kucing Anggora

Kucing anggora merupakan salah satu kucing yang paling terkenal di dunia. Sama halnya dengan kucing persia, kucing anggora ini juga banyak yang menjadikannya sebagai hewan peliharaan. Mungkin, orang yang beru mengenal tentang kucing peliharaan, mereka akan mengaggap kucing anggora adalah kucing persia dan kucing persia adalah kucing anggora. Memang, banyak kesamaan antara kucing persia dengan kucing anggora. Namun, orang yang sudah memahami kedua jenis ras keduanya, akan segera mengetahui perbedaan keduanya.

Kucing Exotic Bulu Pendek

Kucing Persia Exotic

duniaq.com

Mungkin, sebagian besar orang, khususnya di Indonesia belum mengetahui dan belum terlalu familiar dengan jenis ras kucing exotic bulu pendek (Exotic shorthair cat). Mereka lebih familiar dengan kucing anggora dan kucing persia. Bahkan, mereka menyebutkan kucing exotic sebagai kucing persia bulu pendek. Memang, pernyataan tersebut tidak 100% salah. Karena kucing exotic merupakan ras kucing hasil persilangan dari kucing persia dengan kucing american shorthair. Oleh karena itu, kucing ini memiliki kemiripan karakter, ciri fisik, kepribadian dan ganguan kesehatan yang sama dengan kucing persia. Hal yang membedakan atara kucing exotic dengan kucing persia adalah bulunya dan sifatnya.

Kucing Himalaya

kucing persia himalaya

Gambar kucing himalaya

Satu lagi, ras kucing yang mirip dengan ras kucing persia adalah kucing himalaya. Kucing ini merupakan hasil perkawinan antara kucing persia dengan kucing siam. Tujuan dari perkawinan tersebut adalah agar mendapatkan ras kucing baru yang mempunyai tipe badan seperti persia dan pola warna seperti siam. Oleh karena itu, kucing himalaya cendrung memiliki ciri fisik, misanya bentuk hidung, muka, ketebalan bulu seperti kucing persia. Namun, warna bulu seperti kucing siam yaitu memiliki warna diman bagian tertentu terlihat lebih gelap dibandingkan kucing persia. Kucing himalaya juga identik dengan warna mata biru dan pola mata point.

Kucing Maine Coon

Foto kucing maine coon

Gambar Kucing Maine Coon

Kucing Maine Coon merupakan kucing yang berasal dari Maine, Amerika. Kucing ini termasuk kucing “raksasa” yaitu kucing yang memiliki tubuh yang lebih besar dibandingkan dengan ras kucing lainnya. Berat kucing maine coon jantan bisa mencapai sekitar 6 – 9 kg dengan tinggi tubuhnya bisa mencapai 1 meter. Sedangkan, berat badan kucing maine coon betina bisa mencapai sekitar 4 – 6 kg. Oleh karena itu, jika kamu memutuskan utuk memelihara ras kucing maine coon, kamu harus memperhatikan asupan makanannya. Karena kucing maine coon bisa menghabiskan makanan berkali-kali lipat dibandingkan dengan ras kucing lainnya.

You Might Also Like

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

You may use these HTML tags and attributes: <a href="" title=""> <abbr title=""> <acronym title=""> <b> <blockquote cite=""> <cite> <code> <del datetime=""> <em> <i> <q cite=""> <s> <strike> <strong>