Dunia Ikan, Ikan Arwana

Inilah 7 jenis Ikan Arwana

Gambar Ikan Arwana duniaq.com

Ikan arwana termasuk dalam salah satu ikan yang populer dikalangan para pecinta ikan hias. Ikan ini mempunyai daya tarik yang sangat kuat bagi para pencinta ikan hias untuk dipelihara di rumahnya. Karena ikan arwana ini mempunyai warna sisik yang sangat cantik. Selain itu, terdapat sebuah mitos di Masyarakat bahwa siapa yang memelihara ikan arwana, maka rezekinya akan di mudahkan dan dilancarkan. Namun, ini hanyalah mitos belaka yang beredar di Masyarakat. Di lain sisi, ikan arwana ini memang sangat cantik dan mempunyai banyak jenisnya. (Baca Juga: Inilah 7 Nama Ikan Hias Air Tawar)

Beberapa jenis ikan arwana sudah sangat populer di Indonesia dan tidak sedikit juga para pecinta ikan hias mempunyai ikan ini di rumahnya. Namun, banyak orang yang masih belum mengetahui jenis-jenis ikan arwana. Berikut ini merupakan beberapa jenis ikan arwana yang mungkin belum kamu lihat sebelumnya.

Ikan Arwana Silver

Gambar Ikan Arwana Silver

duniaq.com

Ikan arwana silver merupakan jenis ikan arwana yang paling sering kita jumpai. karena jenis ikan arwana ini biasanya dijual dengan harga yang terjangkau. Ikan yang biasa disebut juga ikan arwana brazil ini mempunyai bentuk tubuh yang sangat berbeda dengan jenis ikan arwana lainnya. Ikan arwana yang habitat aslinya di Brazil ini mempunyai bentuk tubuh dan sirip panjang. Warna tubuhnya didominasi dengan warna abu-abu yang dilapisi dengan warna mutiara. Sedangkan, warna siripnya berwarna abu-abu yang sedikit lebih gelap jika dibandingkan dengan warna ditubuhnya.

Ikan Arwana Banjar

Gamabr Ikan Arwana Banjar

duniaq.com

Ikan arwana banjar merupakan jenis ikan yang mempunyai bentuk kepala yang membulat dengan mulut. Ikan arwana ini bisa disebut sebagai varietas dari arwana merah tingkat dua dan diketahui bukan dari strain murni ikan arwana merah. Ikan ini memiliki warna sirip orange pucat, ekornya berwarna kuning atau orange. Jika dilihat secara sepintas, ikan arwana banjar ini mirip dengan ikan arwana merah muda.. Sehingga, para hobiis baru tidak jarang terkecoh dengan kemiripan yang dimiliki keduannya.

Ikan Arwana Irian

Gambar Ikan Arwana Irian

duniaq.com

Ikan arwana irian merupakan varietas ikan arwana yang cukup unik. Ikan arwana yang biasa disebut juga jardini arwana ini mempunyai warna dasar kecoklat-coklatan dengan binti-bintik keemasan pada bagian tengah sisiknya, bagian kepala, bagian sirip, dan bagian ekornya. Ikan arwana ini sebenarnya berasal dari Australia. Namun, ikan ini lebih sering ditemukan di sekitar sungai kabupaten Merauke sampai provinsi papua. Oleh karena itu, ikan arwana jenis ini disebut juga ikan arwana irian.

Ikan Arwana Merah

Gambar Ikan Arwana Merah

duniaq.com

Ikan arwana merah atau super red arwana merupakan ikan arwana yang berasal dari Indonesia. Ikan ini lebih mudah ditemui di daerah kalimantan barat seperti di Sungai Kapuas dan Danau Sentarum.  Namun, saat ini ikan jenis ini sangat mudah ditemui karena ikan jenis ini banyak dikembangbiakkan oleh para breeder arwana.

Ikan arwana merah mempunai empat varietas yaitu merah cabe (Chilli Red), merah orange (Orange Red), merah darah (Blood Red), dan merah emas (Golden Red). Keempat varietas tersebut dinamakan super red arwana atau ikan arwana merah tingkat pertama. Meskipun, dalam perkembangannya yang dimaksud dengan super red arwana lebih cenderung mengacu pada warna merah cabe dan merah darah. Sedangkan, warna merah orange dan merah emas disebut super red tingkatan paling rendah.

Ikan Arwana Golden Pino

Gambar Ikan Arwana Golden Pino

duniaq.com

Ikan arwana golden pino merupakan ikan arwana yang dapat kita temukan dibeberapa negara asia, antara lain: Indonesia (tepatnya di daerah Kalimantan), Malaysia, Kamboja, dan Thailand. Ikan arwana yang biasa disebut juga arwana hijau ini mempunyai warna pada badan lebih dominan warna hijau semi perak, sirip ekor mempunyai warna kombinasi antara abu-abu kehijau-hijauan dengan bentuk kepala dan mulutnya lebih besar dan membulat jika dibandingkan dengan ikan arwana jenis lainnya.

Ikan Arwana Black Golden

Gambar Ikan Arwana Black Golden

duniaq.com

Ikan arwana black golden merupakan ikan arwana yang dapat kita temukan di daerah Malaysia seperti daerah bukit merah, johor, trengganu, dan perak. Ikan black golden ini merupakan salah satu varietas dari ikan arwana golden. Warna ikan jenis ini sesuai dengan namanya yaitu mempunyai warna emas yang dibalut dengan sisik tebal yang berwarna hitam. Ikan jenis ini sulit sekali untuk didapatkan. Sehingga, ikan arwana golden black ini harganya lebih mahal jika dibandingkan dengan jenis ikan arwana lainnya.

Ikan Arwana Afrika

Gambar Ikan Arwana Afrika

duniaq.com

Ikan arwana afrika merupakan ikan arwana yang berasal dari daerah afrika bagian timur, seperti kamerun, senegal, dan gambia. Ikan arwana jenis ini mempunyai bentuk tubuh yang hampir menyerupai ikan arwana silver. Namun, terdapat sedikit perbedaan antara ikan arwana afrika dengan ikan arwa silver yaitu bentuk kepala ikan arwana afrika lebih kecil dibandingkan dengan ikan arwana silver.

You Might Also Like

One comment

  1. 1

    memang benar-benar mantap ikan arwana pantesan harganya slalu mahal karena pengembangbiakannya juga susah tidak kayak ikan pada umumnya

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

You may use these HTML tags and attributes: <a href="" title=""> <abbr title=""> <acronym title=""> <b> <blockquote cite=""> <cite> <code> <del datetime=""> <em> <i> <q cite=""> <s> <strike> <strong>