Dunia Fauna, Kucing

Inilah Cara Merawat Kucing Persia

tokeklincah.wordpress.com tokeklincah.wordpress.com

Kucing Persia merupakan salah satu jenis kucing peliharaan yang mempunyai bulu panjang. Bulu-bulu kucing ini sangat indah. Namun, jika bulu kucing yang panjang dan indah tersebut tidak dirawat, maka bulu kucing tersebut akan kusut dan tidak indah lagi. Selain itu, kita juga perlu membersihkan kandang dan lainnya agar kucing peliharaan kita terhindar dari berbagai penyakit. Berikut ini cara merawat kucing persia agar kucing kita terhindar dari berbagai penyakit.

Membersihkan Kandang Kucing

kaskus.co.id

kaskus.co.id

Ketika kita sudah memutuskan untuk memelihara hewan yang satu ini, kita harus siap untuk merawat dan membersihkan kandang kucing. Karena salah satu sumber penyakit yang menyerang kucing persia adalah dari kandang kucing itu sendiri. Oleh karena itu, kita harus secara rutin membersihkan kandangnya.

Kandang tidak cukup hanya sekedar dibersihkan saja, jika kita mempunyai cukup waktu luang, kita bisa mencuci kandang kucing tersebut. Namun, jika kita terlalu sibuk dan hanya waktu-waktu tertentu saja yang luang, mungkin kita bisa membuat jadwal untuk mencuci kandang kucing agar bau tak sedap hilang dari kandang. Selain itu, kita juga perlu membersihkan selimut atau kain alas tidur kucing agar bekas bulu-bulu yang rontok hilang.

Hal yang terpenting dari membersihkan kandang kucing peliharaan adalah membersihkan tempat kucing buang kotoran dan pasirnya. Karena jika tempat dan pasir didiamkan saja, maka akan mengeluarkan bau yang tak sedap. Jangan lupa juga ketika membersihkan kandang dan tempat kotoran kucing untuk menggunakan sarung tangan.
Cara membersihkan tempat kotoran kucing adalah dengan menambahkan cairan pembunuh kuman seperti bayclin.

Kemudian, tempat tersebut dijemur dibawah sinar matahari. Pasirnya juga harus dibersihkan dengan cara menyiramkan air ke pasir secara berulang-ulang hingga pasir benar-benar bersih dari kotoran kucing. Pasir juga harus dikeringkan terlebih dahulu sebelum digunakan kembali.

Membersihkan Bulu Kucing

Shehren-shahadan.blogspot.com

Shehren-shahadan.blogspot.com

 

Salah satu yang menjadi daya tarik dari kucing persia adalah bulu yang halus nan cantik. Namun, jika kita kurang perhatian terhadup bulu kucing yang satu ini, bulunya kemungkinan tidak halus dan cantik lagi. Oleh karena itu, kita juga harus menyiapkan waktu untuk menyisir bulu kucing agar bulu tetap halus dan tidak kusut. Selain itu, kita juga perlu membuat jadwal, misalnya seminggu sekali untuk memandikan dan menyampoo bulu kucing.

Membersihkan Telinga, Mata, Gigi, dan Kuku Kucing

elvirafebriasan.byethost7.com

elvirafebriasan.byethost7.com

Ada beberapa bagian yang secara khusus harus dibersihkan, yaitu telinga, mata, gigi, dan kuku kucing. Telinga kucing persia rentan terhadap penyakit earmite. Oleh karena itu, kita perlu membersihkan secara teratur. Untuk membersihkan mata, kita bisa menggunakan tisu basah yang halus dan lembut agar kucing merasa nyaman ketika dibersihkan. Hal ini bertujuan agar mata kucing tidak terkena iritasi mata yang mengakibatkan belek yang berlebihan. Mungkin, kita bisa membuat jadwal untuk membersihkan mata kucing ini, misalkan setiap pagi dan sore.

Hal yang perlu dibersihkan selanjutnya adalah gigi kucing. Biasanya yang menyebabkan gigi kucing bermasalah adalah makanan yang basah. Makanan kucing yang basah ini dapat mengakibatkan gigi kucing berkarang dan gusi memerah. Dan yang terakhir yang perlu dibersihkan adalah kuku kucing. Kuku kucing akan meruncing dan tajam jika kita membiarkannya. Oleh karena itu, kita perlu memotong kuku kucing minimal dua minggu sekali.

Makanan dan Minuman Untuk Kucing

kucingponco.com

kucingponco.com

Kandungan yang terkandung dalam makanan dan minuman kucing harus diperhatikan. Hal ini bertujuan untuk menjaga kesehatan kucing peliharaan kita. Selain itu, buatlah jadwal waktu makan dan minum kucing peliharaan.

Memandikan Kucing

kucingcirebon.com

kucingcirebon.com

Kucing termasuk hewan yang takut dengan air. Hal ini mempersulit kita dalam memandikan kucing ini. Namun, kita tetap harus memandikannya. Karena berhubungan dengan kebersihan dan kesehatan kucing itu sendiri. Dalam memandikan kucing peliharaan kita, kita mempunyai dua pilihan, yaitu kita bisa memandikannya sendiri atau kita membawanya ke salon khusus untuk hewan peliharaan. Biasanya, di kota besar sudah banyak terdapat salon khusus untuk hewan peliharaan. Usahakan minimal dua kali dalam seminggu untuk memandikan kucing peliharaan kita.

Mengajak Kucing Bermain

tokeklincah.wordpress.com

tokeklincah.wordpress.com

Kucing persia merupakan tipe kucing yang malas bermain. Hal ini cukup merepotkan kita untuk mengajaknya bermain. Namun, kita harus tetap mengajak kucing ini bermain agar kesehatan kucing peliharaan kita tetap terjaga. Ajaklah kucing peliharaan kita bermain di dalam rumah saja. Sediakan berbagai mainan khusus untuk kucing. Hal ini bertujuan agar bulu kucing peliharaan kita tetap terjaga dengan baik dan kucing tetap aktif.

Memeriksakan Kucing Persia

kucingponco.com

kucingponco.com

Meskipun kita sudah berusaha untuk menjaga kesehata kucing peliharaan kita. Mulai dari pemberian makannya sampai membersihkan kotoran-kotoran kucing. Namun, kucing masih perlu untuk diperiksakan ke dokter hewan. Hal ini untuk mengecek dan mengetahui apakah kucing peliharaan kita benar-benar sehat atau terdapat penyakit yang berbahaya. Usahakan minimal setahun sekali untuk memeriksakan kucing peliharaan kita.

You Might Also Like

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

You may use these HTML tags and attributes: <a href="" title=""> <abbr title=""> <acronym title=""> <b> <blockquote cite=""> <cite> <code> <del datetime=""> <em> <i> <q cite=""> <s> <strike> <strong>