Dunia Fauna, Sugar Glider

Inilah Makanan Sugar Glider yang Baik

lpcsuggies.blogspot.com lpcsuggies.blogspot.com

Sugar Glider merupakan hewan yang aktif dang mempunyai metabolisme tinggi. Karena sifatnya yang aktif tersebut, Sugar Glider harus mengkonsumsi makanan yang mengandung banyak protein untuk memenuhi kebutuhan energinya. Selain itu, Sugar Glider juga perlu mengkonsumsi makanan yang mengandung cukup kalsium. Protein dan kalsium ini sangat dibutuhkan oleh Sugar Glider untuk menunjang aktifitasnya. Jika Sugar Glider kekurangan kalsium, maka akan menyebabkan Hind Leg Paralysis (HLP). Sedangkan, jika Sugar Glider kekurangan protein, maka pertumbuhan Sugar Glider akan terhambat dan tubuhnya akan kurus. Oleh karena itu, makanan yang diberikan oleh Sugar Glider harus mengandung protein dan kalsium.

Sugar Glider juga termasuk hewan yang suka memilih makanan dan mudah bosan dengan makanannya. Misalnya Sugar Glider hari ini memakan buah tertentu, keesokan harinya bisa jadi Sugar Glider sudah bosan dengan buah tersebut. Namun, hal seperti ini hanya bersifat sementara saja. Jika Sugar Glider sudah bosan dengan makanannya. Kita hanya perlu mengganti makanan Sugar Glider dengan lainnya. Kemudian, beberapa hari kemudian kita bisa memberikan makanan yang sebelumnya Sugar Glider sudah bosan. Artinya, kita harus kreatif untuk memberikan makanan ke Sugar Glider. Makanan-makanan yang biasa diberikan pada Sugar Glider, antara lain:

Buah-buahan dan Sayur-sayuran Segar

Menu makanan wajib Sugar Glider adalah buah-buahan dan sayur-sayuran. Berikanlah buah-buahan yang masih segar dan pemberian buah-buahan dan sayur-sayuran harus dikombinasikan agar Sugar Glider tidak bosan. Untuk jenis buah dan sayurnya, tiap Sugar Glider memiliki selera yang berbeda-beda. Oleh karena itu, kita perlu mencoba memberikannya terlebih dahulu, jika Sugar Glider suka dengan buah atau sayur tersebut, kita bisa memberikannya, namun tetap harus dikombinasikan dengan buah atau sayur yang disukai lannya. Selain itu, buah juga tidak hanya menambah nutrisi bagi Sugar Glider, buah-buahan juga biasanya digunakan sebagai mainan bagi Sugar Glider.

Dalam memberikan buah atau sayur untuk Sugar Glider, jangan lupa untuk mengetahui juga kandungan yang tedapat di buah-buahan dan sayur-sayuran tersebut, khususnya kandungan kalsium dan fosfor. Perbandingan kandungan kalsium dengan fosfor yang terdapat pada buah adalah minimal 2:1, dimana 2 untuk kandungan kalsium dan 1 untuk kandungan fosfor. Semakin tinggi kandungan kalsium pada buah, semakin baik dan sebaliknya. Salah satu buah yang mengandung hal tersebut adalah buah pepaya.

Selain mengetahui kandungan buah-buahan dan sayur-sayuran, kita juga perlu memastikan bahwa buah-buahan dan sayur-sayuran bebas dari berbagai zat kimia. Biasanya, buah-buahan dan sayur-sayuran dicuci bersih sebelum diberikan ke Sugar Glider untuk menghindari sisa pestisida atau zat kimia lain di kulit buah.

Keju dan Yogurt

Keju dan yogurt bisa diberikan pada Sugar Glider. Namun jangan jadikan keduannya menjadi makanan utama. Jadikanlah keduanya hanya sebagai makanan camilan Sugar Glider. Karena pemberian keju dan yogurt dalam jumlah yang banyak tidak bagus bagi kesehatan hewan kesayangan kita. Berikan dalam jumlah yang sedikit atau dibatasi. Meskipun keju dan yogurt terbuat dari susu sapi yang notabennya dilarang untuk diberikan pada Sugar Glider, namun, untuk keju dan yogurt diperbolehkan karena kandungan laktosa pada keduanya sudah diuraikan oleh bakter saat proses fermentasi. Oleh karena itu, keju dan yogurt aman bagi Sugar Glider dalam takaran tertentu.

Bubur Bayi

Banyak pecinta Sugar Glider menjadikan bubur bayi sebagai makanan utama Sugar Glider dengan pertimbangan bahwa bubur bayi mempunyai kandungan vitamin dan nutrisi. Anggapan tersebut memang tidak salah. Namun, Sugar Glider tidak hanya memerlukan nutrisi, tapi nutrisi yang cukup bagi Sugar Glider. Sedangkan, mengkonsumsi bubur bayi hanya memenuhi kebutuhan dasar metabolisme tubuh bagi Sugar Glider, tetapi tidak seluruh kebutuhan nutrisi yang dibutuhkan oleh Sugar Glider dapat terpenuhi dengan mengkonsumsi bubur bayi. Asupan nutrisi yang cukup dan tepat yang dibutuhkan oleh Sugar Glider untuk dapat tumbuh dan berkembang dengan baik.

You Might Also Like

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

You may use these HTML tags and attributes: <a href="" title=""> <abbr title=""> <acronym title=""> <b> <blockquote cite=""> <cite> <code> <del datetime=""> <em> <i> <q cite=""> <s> <strike> <strong>