Seni

Jenis, Contoh, dan Cara memainkan Alat Musik Melodis

www.weekendnotes.com www.weekendnotes.com

Tahukah kamu bahwa alat musik dibagi dalam tiga jenis? Pengelompokan ini berdasarkan pada cara memainkan alat musik, asal suaranya, dan fungsi alat musik itu sendiri. Selama ini mungkin yang kamu kenal hanya alat musik yang berdasarkan pada cara memainkannya. Contohnya dengan dipetik, ditiup, digesek, dan lain-lain. Padahal benda yang bisa menghasilkan suara yang indah itu juga bisa dikelompokkan berdasar asal suara dan fungsinya. 

Jika dikelompokkan berdasarkan asal suara, alat musik terbagi menjadi lima yaitu idiofon, aerofon, kordofon, membranofon, dan elektrofon. Idiofon, yaitu alat musik yang asal suaranya dari bahan dasar alat musik itu sendiri, seperti angklung yang terbuat dari bambu. Alat musik seruling dan harmonika termasuk kedalam aerofon karena asal suaranya dari udara pada rongga-rongga alat musik itu.

Berdasarkan fungsinya alat musik terbagi menjadi tiga, yaitu alat musik ritmis, harmonis dan melodis. Alat musik ritmis berfungsi untuk mengatur tempo pada sebuah lagu juga sebagai musik pengiring. Contoh alat musik ritmis adalah drum dan kendang. Sedangkan alat musik harmonis mampu memainkan tiga nada atau lebih secara bersamaan.

Hal ini dikarenakan alat musik harmonis berfungsi untuk memainkan harmoni pada suatu lagu. Sedangkan alat musik melodis adalah alat musik yang mempunyai nada dan irama. Alat musik melodis mampu menghasilkan nada Do, Re, Mi dan seterusnya, yang akan melengkapi suara yang dihasilkan oleh alat musik ritmis dan harmonis. Fungsi dari alat musik melodis adalah sebagai pengatur nada. Lalu jenis alat musik apa saja yang termasuk dalam alat musik melodis? Berikut penjelasannya.

Alat Musik Modern

Dipetik

devilrjin.deviantart.com

devilrjin.deviantart.com

Gitar adalah salah satu contoh alat musik melodis yang memainkannya dengan cara dipetik. Umumnya gitar dipetik dengan menggunakan jari atau plektra (sebuah alat yang digunakan untuk membunyikan alat musik berdawai)

Ditiup

fjb.kaskus.co.id

fjb.kaskus.co.id

Pianika merupakan salah satu contoh alat musik melodis. Seperti halnya seruling, cara memainkan pianika adalah dengan ditiup. Hanya saja pianika memiliki tuts seperti piano. Cara memainkannya juga dengan menekan tuts tersebut, namun nada akan terdengar setelah pianika ditiup.

Ditekan

www.volpeypir.com

www.volpeypir.com

Piano dan akordion adalah alat musik melodis yang cara memainkannya dengan ditekan. Akordion ini serupa organ, namun bentuknya relatif kecil sehingga untuk memainkan alat musik ini dengan menggantungkannya di badan.

Digesek

www.kaskus.co.id

www.kaskus.co.id

Contoh alat musik melodis yang digesek adalah biola. Bentuknya serupa gitar namun berukuran lebih kecil. Cara memainkannya adalah dengan menggesek busur pada senar biola.

Dihisap

yeptaenta.blogspot.com

yeptaenta.blogspot.com

Bentuknya kecil tetapi mampu menghasilkan nada yang indah. Cara memainkannya dengan menghisap udara yang berada pada lubang-lubang sehingga menghasilkan suara. Harmonika, adalah contoh alat musik melodis.

Selain alat musik yang telah disebutkan di atas, beberapa alat musik tradisonal pun termasuk dalam jenis alat musik melodis.

Contoh Alat Musik Melodis Tradisional

Angklung

www.weekendnotes.com

www.weekendnotes.com

Alat musik yang berasal dari tanah sunda ini juga termasuk ke dalam alat musik melodis. Cara memainkannya adalah dengan mengoyang-goyangkan bambu-bambunya. Alat musik ini tidak hanya terkenal di Indonesia, tetapi saat ini juga mulai merambah mancanegara.

Sasando

www.imimmetronome.com

www.imimmetronome.com

Pulau Rote di Nusa Tenggara Timur memiliki alat musik melodis Sasando. Alat musik yang menggunakan daun lontar sebagai resonansi ini, memiliki dawai yang dipetik untuk menghasilkan suara.

Kecapi

id.wikipedia.org

id.wikipedia.org

Selain angklung, di tanah Sunda juga memiliki alat musik melodis Kecapi. Cara memainkannya yaitu dengan dipetik.

Seruling

www.youtube.com

www.youtube.com

Alat musik tiup tradisional seruling juga termasuk alat musik melodis.

Kolintang

spionz.blogspot.com

spionz.blogspot.com

Alat musik yang berasal dari Sulawesi ini termasuk alat musik melodis yang memainkannya dengan cara dipukul.

Talempong

www.saribundo.biz

www.saribundo.biz

Talempong berasal dari Sumatera Barat. Untuk memainkan alat musik tradisional ini adalah dengan dipukul.

Gambang

www.blanchardcollective.com

www.blanchardcollective.com

Alat musik gambang terbuat dari delapan belas (18) bilah bambu. Cara memainkan alat musik melodis ini sama seperti kolintang, yaitu dengan dipukul.

Kenong

budaya-indonesia.org

budaya-indonesia.org

Kenong adalah alat musik melodis tradisional yang berasal dari Jawa. Untuk menghasilkan suara, alat musik harus dipukul menggunakan alat pemukul yang dililit kain.

You Might Also Like

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

You may use these HTML tags and attributes: <a href="" title=""> <abbr title=""> <acronym title=""> <b> <blockquote cite=""> <cite> <code> <del datetime=""> <em> <i> <q cite=""> <s> <strike> <strong>