Dunia Fauna, Musang

Daftar Jenis dan Harga Musang

www.kaskus.co.id www.kaskus.co.id

Musang atau lebih akrab dipanggil luak adalah salah satu dari sekian banyak jenis satwa yang tergolong dalam mamalia jenis carnivora dan kebanyakan jenis spesiesnya adalah aktif di malam hari. Cara satwa ini melindungi diri dari kejaran musuh adalah dengan berpura-pura mati sehingga mampu mengelabui pemangsanya.

Dikalangan masyarakat, banyak yang menganggap serta menggolongkan satwa satu ini sebagai hewan pengganggu dan perusak sehingga seringkali menjadi buruan para petani. Musang rata-rata memiliki jenis ekor yang panjang dengan wajah menyerupai kucing hutan namun yang membedakannya adalah tubuhnya yang terbilang ramping walaupun kadang masih saja ada yang memiliki tubuh yang lumayan besar.

Musang tidak termasuk dalam jenis satwa yang liar dan ganas, karena banyak para penyayang binatang yang menjadikannya peliharaan serta melatihnya. Satwa ini juga bisa berubah menjadi jinak jika dirawat dan dipelihara dengan baik.

Berikut ini adalah daftar beberapa jenis dan harga musang yang beredar di pasaran adalah sebagai berikut.

Musang Jenis Pandan

jual-beli-hewan-peliharaan.blogspot.com

jual-beli-hewan-peliharaan.blogspot.com

Musang pandan. Dijuluki demikian karena terkadang mengeluarkan bau yang samar-sama layaknya bau pandan semakin lama semakin pekat dan bisa membuat kamu mual. Untuk jenis musang pandan memiliki banyak jenis yakni hidung merah dan hidung hitam, jenis kelabu, dan hitam. Musang pandang memiliki panjang sekitar 90 cm dengan bobot mencapai 2 hingga 5 kilogram.

Tubuh satwa ini biasanya banyak didominasi dengan warna cokelat kelabu dengan ekor coklat kehitaman. Sepanjang tubuhnya memiliki corak putih seperti satwa yang menggunakan topeng. Kisaran harga musang pandang (250 ribu hingga 380 ribu) sedangkan untuk jenis pandan ekor putih (850 ribu hingga 1 juta rupiah).

Musang Bulan

fjb.kaskus.co.id

fjb.kaskus.co.id

musang bulan punya ciri khas tersendiri jika dibandingkan dengan musang jenis yang lain. Warna tubuh didominasi warna hitam dengan corak putih pada bagian ekornya. Musang bulan adalah satwa yang berasal dari Asia Timur dan Asia Tenggara. Postur tubuh musang bulan rata-rata berkisar antara 50 hingga 76 cm, telinganya panjang antara 4 sampai 6 cm. untuk bobotnya tergantung jenis kelamin dan usia namun kebanyakan ketika sudah dewasa bisa mencapai 5 kilogram. Musang bulan rata-rata dihargai antara 1,5 juta hingga 3 juta rupiah.

Musang Lombok

fjb.kaskus.co.id

fjb.kaskus.co.id

Musang Lombok seperti namanya banyak ditemukan dikawasan pulau Lombok. Satwa jenis yang satu ini jika dibandingkan dengan jenis lainnya maka musang Lombok termasuk musang yang paling mencolok dalam hal perbedaanya. Musang Lombok memiliki warna hitam legam pada sekujur tubuhnya. Selain diberikan nama sebutan musang Lombok, musang ini juga sering disebut sebagai musang rinjani. Untuk kisaran harganya terhitung lumayan mahal antara 900 ribu hingga 1,5 juta rupiah.

Musang Rase

pecintahewan.com

pecintahewan.com

Ketika musang Lombok memiliki perbedaan mencolok jika membandingkan warnanya, namun jika masalah corak yang dimiliki tentunya musang rose masih setingkat diatas semua jenis musang. Kakinya yang pendek, jika diperhatikan sekilas akan mirip dengan satwa liar heina. Badannya yang terkesan pendek dengan leher yang sedikit menjulur ke depan. Di pasaran jenis musang rase biasanya dibarel dengan harga antara 250 ribu hingga 350 ribu rupiah.

Musang Binturong

www.kaskus.co.id

www.kaskus.co.id

Musang binturong adalah salah satu jenis dari banyak jenis musang yang menang dalam hal ukuuran tubuh. Dengan bulu yang panjang dan lebat. Biasanya ada sedikit corak putih yang bercampur dengan warna bulu lainnya pada bagian muka dan kaki. Musang jenis binturong rata-rata dibarel dengan harga yang lumayan fantastis antara 5 hingga 7 juta rupiah.

Musang Bali

fjb.kaskus.co.id

fjb.kaskus.co.id

Diberikan julukan yang hampir sama dengan musang Lombok, yakni diberikan nama sesuai tempat ditemukannya jenis musang ini. Karena memang musang jenis satu ini banyak ditemukan di are bali, dengan tumbuh hamoir semuanya berwarna putih agak kusam. Unutk harganya rata-rata dijual dengan harga 500 ribu hingga 1,5 juta.

Musang Biul

jual-beli-hewan-peliharaan.blogspot.com

jual-beli-hewan-peliharaan.blogspot.com

Musang biul jika dibandingkan dengan semua jenis musang yang sudah disebutkan diatas, maka musang biul termasuk musang yang memiliki ukuran paling kecil dan ramping jika dibandingkan dengan musang jenis lainnya. Musang biul memiliki garis berwarna putih pada bagian kepala hingga bagian pundaknya. Musang biul termasuk jenis yang mudah untuk dirawat serta dipelihara namun baunya yang lebih menyengat membuat para penyayang binatang ini enggan untuk mengadopsi serta memelihara musang biul. Musang biul dipasaran biasanya dihargai sekitar 350 ribu hingga 450 ribu rupiah.

Musang Akar

hamzahprakoso.blogspot.com

hamzahprakoso.blogspot.com

Musang akar adalah salah satu jenis musang jinak dengan kemampuan memanjatnya lumayan tinggi. Musang akar banyak dijumapi di daerah Sumatra, Kalimantan, jawa, Bangka, dan beberapa pulau kecil di Indonesia. Warna musang akar lebih cenderung gelap pada sekujur tubuhnya dengan mata coklat dan sedikit gelap. Untuk panjang ekornya sendiri lebih panjang jika dibandingkan dengan panjang tubuhnya. Untuk harga yang ditawarkan pada musang jenis ini biasanya kisaran 1,5 juta rupiah.

Demikian pembahasan mengenai daftar jeni dan harga dari musang yang hidup di wilayah kepulauan Indonesia. Semoga bermanfaat.

You Might Also Like

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

You may use these HTML tags and attributes: <a href="" title=""> <abbr title=""> <acronym title=""> <b> <blockquote cite=""> <cite> <code> <del datetime=""> <em> <i> <q cite=""> <s> <strike> <strong>