Dunia Fauna

Jenis dan Harga Tupai Serta Cara Merawatnya

versesofuniverse.blogspot.com

Tupai adalah hewan mamalia kecil yang mempunyai kemiripan dengan bajing sehingga kerap kali orang menganggap tupai adalah sama dengan bajing. Tupai adalah termasuk binatang pemakan serangga. Tupai memiliki ukuran otak yang lumaan besar, bahkan jika dibandingkan dengan hewan lain tupai adalah termasuk dalam golongan yang terbesar dalam hal perbandingan rasio otak dengan besarnya tubuh.

Berikut ini adalah beberapa jenis tupai yang sering dijumpai di lingkungan sekitar.

Tupai Kekes

fjb.m.kaskus.co.id

fjb.m.kaskus.co.id

Tupai ini adalah jenis tupai mamalia yang bisa dijumpai pada daerah kawasan sunda. Tubuh tupai ini sangat ramping dengan ukuran sekitar 15 cm atau bisa juga kurang dari itu. Panjang ekornya sekitar 18 cm. ciri-cirinya berwarna kuning-cokelat abu-abu dengan sedikit bintik-bintik bulu kehitaman.

Pada sekeliling mata dan bahunya terdapat warna kuning keputihan, pada sisi perut dan dibawah kaki kekuningan sampai keputihan. Ekor yang dimiliki panjang dan lebar namun tidak tebal dengan warna coklat kuning ditambahi bintik-bintik kehitaman.

Tupai kekes biasanya hidup di hutan terbuka dan perkebunan, terutama daerah daerah dengan populasi pohon kecil. Tupai ini biasanya lebih aktif di siang hari terutama waktu pagi hari. Bisanya tupai kekes mencari makan di pohon-pohon kecil atau perdu. Makanannya biasanya berupa aneka serangga dan buah-buahan.

Tupai Tanah

versesofuniverse.blogspot.com

versesofuniverse.blogspot.com

Tupai tanah atau ada juga yang menyebutnya tupai puwar memiliki tubuh yang paling besar diantara jenis tupai lainnya dan biasanya menyebar terbatas di daerah Sumatra dan Kalimantan. Untuk panjang kepala dan badannya antara 165 sampai 321 mm, ekornya berukuran 130 sampai 220 mm dengan kaki belakag 43 sampai 57 mm.

Bulu di badannya berwarna lurik dengan pangkal hitam dan ujung berwarna coklat kemerahan, sehingga memberi kesan warna punggung cokelat kemerahan. Bagian depan kepala dan bahu berwarna sedikit lebih pucat dan biasanya abu-abu kekuningan pada bungalan, sementara untuk daerah tengah-tengah punggung terdapat garis coklat kemerahan yang smakin gelap dan hitam pada daerah pantat. Untuk daerah sisi bawah tubuh biasanya berwarna bungalan kemerahan.

Sebenarnya masih banyak lagi jenis tupai yang tersebar diseluruh dunia, jenis tupai yang penulis paparkan hanyalah sebagian kecil dari tupai yang memang paling mudah dijumpai disekitar. Ada banyak sekali yang memanfaatkan hewan kecil ini untuk dijadikan hewan peliharaan. Betapa tidak, bentuknya yang lucu dan ukurannya yang terhitung kecil dan imut. Apalagi pemeliharaannya yang terhitung mudah dan harganya yang terjangkau.

Harga Tupai

Tupai kekes, tupai kelapa biasanya dijual dengan harga beragam mulai dari 25 ribu hingga 50 ribu per ekornya. Untuk tupai terbang biasanya dihargai sekitar 100 ribu per ekornya.

Cara Memelihara Tupai

Masalah Pakan

pixabay.com

pixabay.com

Sebenarnya, utnuk masalah pakan yang diberikan untuk tupai tidaklah terlalu susah untuk ditemukan. Karena hampir semua jenis buah-buahan dan kacang-kacangan menjadi makanan kesukaan tupai. Ada beberapa makanan yang cenderung dianjurkan untuk dihindari yakni jenis buah-buahan yang terkesan mengganggu sistem pencernaan seperti anggur, durian atau coklat.

Satu hal yang menguntungkan ketika kamu memberikan buah sebagai pakan tupai adalah kamu tidak perlu lagi menambah atau memberikan air minum pada tupai karena kadar air yang terkandung dalam buah tersebut sudah memenuhi kebutuhan air dalam tubuh tupai.

Siapkan Kandang

www.kaskus.co.id

www.kaskus.co.id

Karena bulunya pendek dan suka dengan udara hangat maka hal pertama yang perlu kamu perhatikan ketika menyiapkan kandang tupai adalah dengan memperhatikan suhu udara dalam kandang tersebut.

Perawatan

bajingkelapa2014.wordpress.com

bajingkelapa2014.wordpress.com

Untuk perawatannya yang perlu kamu perhatikan adalah memandikan, mengajak tupai bermain, memperhatikan masalah buang airnya serta keadaan fisik maupun nonfisik dari tupai yang kamu pelihara.

Mandikan tupai yang kamu pelihara minimal seminggu sekali, untuk menghilangkan bau yang menempel pada tubuh tupai. Ketika hendak memandikannya, usahakan menggunakan air hangat. Tujuannya adalah untuk menghindari pergerakan dan penolakan dari tupai tersebut.

Selain memandikan, ajak juga tupai yang kamu pelihara untuk bermain. Caranya mudah jika kamu terlalu sibuk untuk mengajak bermain peliharaanmu. Dengan menggantungkan sesuatu di dalam kandang tupai yang sekiranya memancing perhatian tupai, hal ini bertujuan agar tupai tidak menjadi stress.

Perhatikan kotoran yang dikeluaran tupai, karena akan terlihat nanti apakah keadaan tupai kamu sehat atau memiliki gangguan pencernaan. Apabila kotoran tupai yang kamu pelihara berwarna kemerahan dan dalam kondisi basah maka bisa dipastikan tupai milikmu dideteksi mengalami gangguan pencernaan.

Demikian artikel mengenai jenis tupai, harga serta bagaimana merawatnya. Semoga bermanfaat.

You Might Also Like

4 Comments

  1. 1

    sy ingin mencari tupai. dimana boleh sy beli tupai kalau di johor, Malaysia

  2. 2

    bos pegin beli tupai klpa..anakan u 4-8 minggu yg dah jinak…piro

  3. 3

    Sya mau mencari tupai anakan juga harganya brapa yah?

  4. 4

    Saya mau jual tupai kelapa sepasang jinak ads yg mau?hrg bsa d bicarakn…

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

You may use these HTML tags and attributes: <a href="" title=""> <abbr title=""> <acronym title=""> <b> <blockquote cite=""> <cite> <code> <del datetime=""> <em> <i> <q cite=""> <s> <strike> <strong>