Dunia Fauna

Indahnya Jenis Kupu-kupu Langka Ini

http://4.bp.blogspot.com/ http://4.bp.blogspot.com/

Kupu-kupu tergolong kedalam jenis serangga bersayap atau ordo lapidoptera. Kupu-kupu ketika beristirahat dan hinggap ia menegakkan sayapnya dan biasanya jenis serangga yang satu ini sering beraktivitas pada siang hari. Sebagai ciri dari kepribadian kupu-kupu yaitu kupu-kupu berwarna cemerlang dan sangat indah beda halnya dengan ngengat yang memiliki warna cenderung gelap jika di bandingkan dengan kupu-kupu.

Di Indonesia, terdata sekitar 2.500 lebih jenis kupu-kupu yang tersebar di seluruh kawasan Indonesia. Namun yang dilindungi hanya beberapa karena kupu-kupu ini masuk dalam daftar kupu-kupu langka. Padahal Indonesia termasuk dalam Negara dengan keanekaragaman spesies kupu-kupu tertinggi kedua di dunia.

Patut untuk disayangkan, ketika ada beberapa spesies kupu-kupu yang terhitung sebagai jenis kupu-kupu langka dan hamper mengalami kepunahan. Kepunahan kupu-kupu umumnya disebabkan dua hal. Rusaknya tempat tinggal (habitat) kupu-kupu akibat penebangan hutan dan penangkapan secara berlebihan untuk dijual kepada kolektor.

Penebangan hutan menjadi penyebab utama, karena setiap jenis kupu-kupu sangat tergantung pada jenis pohon tertentu. Sedangkan penangkapan kupu-kupu secara berlebihan akan menyebabkan perkembangbiakan kupu-kupu terganggu karena kupu-kupu tidak dapat kawin dan bertelur lagi.

Berikut ini beberapa jenis kupu-kupu yang masuk dalam golongan kupu-kupu langka dan hampir punah yang ada di Indonesia.

Kupu-kupu Ratu Alexandra Birdwing

rifaelhamdi.blogspot.com

rifaelhamdi.blogspot.com

Kupu-kupu Queen Alexandra’s Birdwing (Ornithoptera alexandrae) merupakan kupu-kupu terbesar di dunia. Rentang sayap kupu-kupu betinanya (yang ukurannya lebih besar dari jantan) dapat mencapai 31 cm (sekitar 12 inci) dengan panjang badan mencapai 8 cm (3.2 inci) dan berat hingga 12 gram. Kupu-kupu raksasa beracun yang hidup di Papua Nugini ini merupakan spesies langka dan dilindungi.

Kupu-kupu Burung Hantu Raksasa

www.gbif.org

Itulah kupu-kupu burung hantu alias owl butterfly. Nama latinnya Caligo memnon. Caligo berarti kegelapan. Kupu-kupu ini memang binatang crepuscular, yaitu lebih aktif ketika hari mulai senja atau ketika hari masih sangat pagi. Kalau siang hari mereka lebih banak beristirahat. Sebenarnya, kupu-kupu itu tak banyak berbeda dengan kupu-kupu lain. Hanya saja pola lingkaran pada sayapnya memang menyerupai mata burung hantu. Kalau sayap bagian depan mempunyai, mata burung hantu, maka sayap bagian belakang polos, dengan warna-warna gradasi yang indah. Panjang rentang sayapnya bisa mencapai 15 cm. Dengan sayap lebar ini, dia hanya mampu terbang dalam jarak pendek. Namun, hewan-hewan pesangsa juga akan kesulitan untuk memakannya.

Kupu-kupu Daun Mati

http://4.bp.blogspot.com/

http://4.bp.blogspot.com/

Keahlian dari kupu-kupu ini adalah mampu kamuflase dengan menghindari pemangsa dengan meniru daun yang mati. Kupu-kupu daun terlihat sangat pintar menyerupai daun. mereka terbang datang dalam segala macam warna dan bentuk. Tetapi ketika sayap mereka melipat mereka terlihat seperti daun mati.

Kupu-kupu Sayap Transparan

http://4.bp.blogspot.com/

http://4.bp.blogspot.com/

Kupu-kupu kaca , dalam bahasa Inggris dikenal dengan sebutan glasswing butterfly, dengan nama latin Greta oto . Hewan ini memang berasal dari keluarga kupu-kupu bersayap transparan. Kupu-kupu Glasswing atau kupu-kupu Frosty-Tipped Clearwingmerupakan jenis kupu-kupu yang mempunyai sayap transparan seperti kaca. Kupu-kupu dengan lebar sayap antara 2,2 – 2,4 inci (5,6 – 6,1 cm)

Kupu-kupu Sayap Renda

alamendah.org

alamendah.org

Nama latin Cethosia myrina. Kupu-kupu ini hanya ditemukan di Sulawesi bagian selatan. Pinggiran sayapnya berlekuk-lekuk, seperti renda. Masyarakat setempat pun lantas menyebutnya Kupu-Kupu Sayap Renda. Kupu-kupu ini memiliki rentang sayap 7 hingga 9cm.

Kupu-kupu Sayap Burung Peri

alamendah.org

alamendah.org

Kupu-kupu Sayap Burung Peri atau Chimaera Birdwing merupakan salah satu jenis kupu-kupu yang dilindungi di Indonesia. Kupu-kupu ini dapat ditemui di Papua (Indonesia dan Papua Nugini) dan mempunyai rentang sayap mencapai 80 hingga180 mm untuk betina dan 70 hingga 150 mm untuk kupu-kupu jantannya.

Kupu-kupu Sayap Burung Surga

http://www.greeners.co/

http://www.greeners.co/

Kupu-kupu sayap burung surga (Ornithoptera paradisea) atau paradise birdwing butterfly merupakan salah satu spesies endemik Pulau Papua yang menarik perhatian, khususnya para peneliti dan ahli serangga ketika berkunjung ke kawasan ini. Kupu-kupu sayap burung surga memiliki bentuk sudut sayap dan cara terbang layaknya seperti seekor burung pada umumnya. Hal ini bisa jadi dikarenakan rentang sayapnya yang cukup lebar, yaitu 14-19 cm, hanya berbeda beberapa sentimeter dengan Ornithoptera alexandrae yang mencapai 25 cm.

Kupu-kupu Burung Rostil

alamendah.org

alamendah.org

Ornithoptera rothschildi (Kupu Burung Rotsil atau Rothschild’s Birdwing). Ditemukan di Papua, Indonesia.

You Might Also Like

3 Comments

  1. 1

    foto untuk jenis caligo memnon coba dicek lagi 🙂

  2. 2

    Terima kasih agan billy. Sudah diingatkan. 🙂

  3. 3

    Saya menemukan kupu2 queen alexandra birdwing. Lalu ini harus saya apakan ya? Masi ada di rumah

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

You may use these HTML tags and attributes: <a href="" title=""> <abbr title=""> <acronym title=""> <b> <blockquote cite=""> <cite> <code> <del datetime=""> <em> <i> <q cite=""> <s> <strike> <strong>